Logo BeritaSatu

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Rabu, 18 Mei 2022 | 22:24 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022. Tak hanya itu, publik juga mengapresiasi kinerja pemerintah terkait penanganan Covid-19.

“Kepuasan pada kinerja presiden ini tampak berhubungan dengan penilaian warga atas kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelenggaraan mudik,” kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam rilis survei SMRC bertajuk “Kepuasan Publik terhadap Pengelolaan Mudik dan Kinerja Presiden Jokowi” yang dirilis, Rabu (18/5/2022).

Sirojudin mengatakan sekitar 76 persen warga merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini. “Yang merasa kurang atau tidak puas sama sekali sekitar 9 persen, dan yang tidak tahu atau tidak jawab 15 persen,” tuturnya.

Sementara itu, terdapat 75 persen warga merasa puas dengan kerja pemerintah pusat menangani Covid-19. “Yang kurang atau tidak puas sekitar 22 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 3 persen,” imbuh Sirojudin.

Sirojudin mengatakan sentimen positif atas kinerja pemerintah pusat menangani Covid-19 pada survei terakhir 10-12 Mei 2022 (75 persen), mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70 persen.

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Idulfitri 1443 Hijriah seraya memohon maaf lahir dan batin.

“Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelengaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitupun sebaliknya,” kata Sirojudin.

Diberitakan, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi mencapai 76,7 persen. “Sebanyak 76,7 persen warga mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja presiden. Sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali sebanyak 20,9 persen. Ada 2,4 persen yang tidak menjawab,” kata Sirojudin.

Kepuasan publik pada kinerja Jokowi mengalami peningkatan. Dalam sebulan terakhir kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi naik dari 65,5 persen pada survei 12-15 April 2022 menjadi 76,7 persen dalam survei terakhir 10-12 Mei 2022.

Survei ini dilakukan melalui telepon dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 79 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Sampel sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih pada 10-12 Mei 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satgas: Sebanyak 317.889 Kasus PMK Tersebar di 21 Provinsi

Saat ini terdapat 317.889 kasus PMK yang tersebar di 231 kabupaten/kota di 21 provinsi di berbagai penjuru Tanah Air.

NEWS | 7 Juli 2022

LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

LPSK mendukung penuh upaya paksa penangkapan terhadap tersangka kejahatan asusila Moch Subchi Azal Tsani alias Bechi di Pesantren Shiddiqiyah

NEWS | 7 Juli 2022

Kasus Mamberamo Tengah, KPK Sita Dokumen Aliran Uang

KPK menyita dokumen aliran uang terkait kasus suap proyek Mamberamo Tengah saat menggeledah sejumlah lokasi di Bekasi, Jakarta Pusat, dan Sleman.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Temukan Banyak Ruang Rahasia di Pesantren Shiddiqiyah

Polisi menemukan banyak ruang rahasia di kawasan Pesantren Shiddiqiyah, Kabupaten Jombang, ketika mencari MSAT, tersangka pencabulan santriwati

NEWS | 7 Juli 2022

Tiga Orang Tewas Terseret Ombak di Madasari, Pangandaran

Tiga orang wisatawan tewas terseret ombak karena berenang di area berbahaya di kawasan Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

NEWS | 7 Juli 2022

MK Tolak Gugatan La Nyalla dan Yusril soal Presidential Threshold

MK menolak judicial review ketentuan presidential threshold dalam UU Pemilu yang diajukan pimpinan DPD termasuk La Nyalla Mattalitti dan Yusril Ihza Mahendra.

NEWS | 7 Juli 2022

Jokowi Dinilai Punya Pengaruh Besar Damaikan Rusia-Ukraina

Pengamat militer Robi Sugara mengatakan Presiden Jokowi berperan sebagai negosiator kelas dunia dan punya pengaruh besar mendamaikan Rusia dan Ukraina.

NEWS | 7 Juli 2022

Penularan Covid-19 Tak Berhenti karena Level PPKM Berubah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, penularan Covid-19 tidak berhenti karena status PPKM berubah dari dua ke satu.

NEWS | 7 Juli 2022

Pemkab Bogor Prioritas Penanganan Stunting di 36 Desa

Pemkab Bogor memprioritaskan penanganan stunting di 36 desa dari total 432 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten ini.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Sisir Pesantren Cari Putra Kiai Tersangka Cabul

Polisi hingga kini masih menyisir area Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, mencari tersangka cabul, yang merupakan anak kiai pengasuh pesantren itu

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings