Logo BeritaSatu

Era Age of Creation, Menkominfo Ajak Mahasiswa Berkreasi

Kamis, 19 Mei 2022 | 12:17 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi di masa peradaban kreasi atau age of creation. Johnny menilai masa depan bukan hanya milik futurolog, tetapi juga milik semua orang yang memiliki mimpi dan bisa memanfaatkan teknologi terkini.

There is nothing like a dream to create the future, begitulah Victor Hugo, seorang penyair klasik kebesaran Prancis mendeskripsikan pentingnya mimpi, visi, dan imajinasi dalam membentuk masa depan,” ujar Johnny dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

Hal tersebut telah dikemukakan Menkominfo saat menyampaikan keynote speech pada “Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan” di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Johnny menegaskan masa depan akan menjadi milik semua orang yang mempunyai mimpi. Saat ini, kata Johnny, manusia tengah menjalani masa peradaban yang oleh para pemikir terdahulu hanya dianggap sebatas mimpi.

Menkominfo lalu menjelaskan masa peradaban kreasi yang akan dimasuki bersama. Penjelasan Johnny ini merujuk pada pemikiran James Arbib dan Tony Seba dalam publikasi yang berjudul “Rethinking Humanity”.

“Mereka menjelaskan bahwa saat ini kita tengah berada di antara dua masa peradaban, yakni masa peradaban ekstraksi (the age of extraction) yang akan segera kita tinggalkan, dan masa peradaban kreasi (the age of creation) yang akan menjelang,” ungkapnya.

Menurut Johnny, masa peradaban kreasi ditandai dengan perubahan kecenderungan untuk melakukan terobosan. “Yang semula dilakukan dengan melakukan ekspansi geografis, menjadi mengandalkan peningkatan kemampuan teknologi, di antaranya dengan teknologi kunci artificial intelligence, precision biology, internet-of-things (IoT), blockchain, dan additive manufacturing,” tuturnya.

Lebih lanjut, Menkominfo menyatakan masa peradaban kreasi mendasarkan pada sistem produksi yang terdesentralisasi, menghasilkan karakteristik infinite returns dan near-infinite supply. “Dengan kondisi itu berpotensi akan membuka sejarah baru kehidupan manusia, yakni the age of freedom,” ucapnya.

Salah satu teknologi yang akan berkembang adalah metaverse. Menurut Johnny, teknologi itu akan menjadi salah satu bentuk kreasi idea from the scratch dalam the age of creation ini. Namun, Johnny mengingatkan agar kreator dapat mempertimbangkan moral dan nilai yang berlaku di kalangan masyarakat Indonesia.

“Para kreator dapat membuat kreasi dan inovasinya sendiri dalam dunia metaverse, seperti dengan avatar, tentu dengan bertanggung jawab serta sesuai dengan asas moral, norma, dan nilai yang berlaku,” pungkas Menkominfo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga Yakin Desa Wisata Buluh Duri Bisa Dongkrak Perekonomian Rakyat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis berbagai potensi wisata Desa Buluh Duri di Sumut dapat mendorong perkembangan desa wisata.

NEWS | 26 Juni 2022

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

Cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022

Hasto: Lakon “Bima Suci” Teguhkan Komitmen PDIP Menyatu dengan Rakyat

Hasto menegaskan kisah lakon "Bima Suci" meneguhkan Komitmen PDIP untuk terus memperkuat persatuan dan lebih menyatu dengan rakyat.

NEWS | 26 Juni 2022

Pra Penas 2022, Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

Kementan, KTNA bersama stakeholder menggelar Pra Penas 2022 di Maros untuk meningkatkan motivasi petani, nelayan, petani hutan dan masyarakat pelaku agrobisis.

NEWS | 26 Juni 2022

BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang hingga Malam

BMKG memprakirakan cuaca Jabodetabek pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

NEWS | 26 Juni 2022

Sri Lanka Hampir Kehabisan Bensin dan Solar

Sri Lanka hampir kehabisan bensin dan solar setelah beberapa pengiriman yang diperkirakan tertunda tanpa batas waktu.

NEWS | 26 Juni 2022

Mentan Ajak Petani Bersama Antisipasi Krisis Pangan Global

Mentan mengajak semua pihak berkontribusi menjaga ketahanan pangan di tengah krisis pangan global yang melanda dunia.

NEWS | 26 Juni 2022

Dalang Ki Warseno Slank Hadiahi Lagu untuk Megawati

Presiden Kelima yang juga Ketua DPP PDIP Megawati mendapat hadiah lagu gendhing Jawa dalam perayaan Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (25/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Vakum 2 Tahun, PDIP Gelar Wayang “Bima Suci”

PDIP menggelar wayang kulit dengan judul "Bima Suci" yang dibawakan oleh Ki Warseno Slank dalam rangka Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (22/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Wisatawan Naik, Loket Tiket Desa Penglipuran Bali Direnovasi

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dibarengi dengan pembenahan fasilitas dunia pariwisata, termasuk di Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli.

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

NEWS | 22 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings