Logo BeritaSatu

Kasus Minyak Goreng, Kejagung Periksa 2 Kolega Lin Che Wei di IRAI

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:17 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Tim jaksa penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung) memeriksa dua kolega Lin Che Wei di PT Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI) berinisial APP dan MW. Keduanya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi soal izin ekspor crude palm oil (CPO) dan produk turunannya yang telah menjerat Lin Che Wei.

“Diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

PT Independent Research & Advisory Indonesia atau IRAI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang riset industri dan kebijakan yang didirikan Lin Che Wei pada 2003.

Tidak hanya dua kolega Lin Che Wei di IRAI, untuk mengusut kasus dugaan korupsi ekspor minyak goreng ini, Kejagung juga memeriksa Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk berinisial YB. Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas perkara dengan tersangka berinisial IWW, MPT, SM, PTS, dan LCW.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022,” ungkap Ketut.

Diketahui, sudah ada tersangka baru dalam kasus ini yakni atas nama Lin Che Wei. Jaksa Agung ST Burhanuddin sebelumnya mengungkapkan dugaan persekongkolan Lin Che Wei dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana dalam kasus korupsi CPO.

“Tersangka (Lin Che Wei) di dalam perkara ini diduga bersama-sama dengan IWW selaku Dirjen Perdagangan Luar Negeri telah mengondisikan produsen CPO untuk mendapatkan izin persetujuan ekspor CPO dan turunannya secara melawan hukum,” kata Burhanuddin dalam keterangan pers melalui video, Selasa (17/5/2022).

Padahal seharusnya, pemberian izin ekspor CPO harus memenuhi ketentuan domestic market obligation (DMO) sebesar 20%. Atas dasar itu, Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Atas perbuatannya, Lin Che Wei disangka melanggar Pasal 2 juncto Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dengan demikian, sudah ada lima tersangka yang ditetapkan sebagai tersangka di kasus tersebut. Sebelumnya, Kejagung menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana (IWW) sebagai tersangka untuk kasus dugaan korupsi dalam pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah dan turunannya.

Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lainnya yakni Senior Manager Corporate Permata Hijau Group, Stanley MA (SMA); Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor (MPT); dan General Manager bagian General Affair PT Musim Mas, Pierre Togar Sitanggang (PTS).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Konsumen Kesulitan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Seorang pedagang sembako di Pasar Mandiri, Kelapa Gading, menyampaikan konsumen kesulitan membeli minyak goreng dengan PeduliLindungi.

NEWS | 29 Juni 2022

Jokowi Akan Diundang Hadiri Musyawarah Rakyat Indonesia

Relawan Jokowi rencananya akan mengundang Presiden Jokowi menghadiri Musyawarah Rakyat Indonesia yang digelar untuk menjadi capres menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 Juni 2022

Kapolres Maluku Tengah Abdul Gafur Dicopot dari Jabatannya

Kapolres Maluku Tengah AKBP Abdul Gafur dicopot dari jabatannya karena diduga melakukan perbuatan tidak menyenangkan.

NEWS | 29 Juni 2022

Menkes Ungkap Peran Keluarga dalam Penanganan Stunting

Menkes menyatakan bahwa keluarga memiliki peran yang penting dalam penanganan stunting di Indonesia.

NEWS | 29 Juni 2022

Pemprov Jateng Hadirkan Alat USG untuk Warga Karimunjawa

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memberikan bantuan berupa alat ultrasonografi atau alat USG untuk Puskesmas Karimunjawa.

NEWS | 29 Juni 2022

Wagub DKI Janji Carikan Solusi Nasib 3.000 Karyawan Holywings

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji akan mencarikan solusi soal nasib sekitar 3.000 karyawan Holywings yang kini tidak bisa bekerja.

NEWS | 29 Juni 2022

Jokowi Harap Tak Ada Lagi Kota Ukraina Rusak Akibat Perang

Presiden Jokowi mengharapkan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat dampak dari perang.

NEWS | 29 Juni 2022

Rudal Rusia Hantam Apartemen di Mykolaiv, Ukraina Selatan

Rudal Rusia pada Rabu (29/6/2022) menggempur wilayah selatan Ukraina, dan menghantam sebuah apartemen di Kota Mykolaiv.

NEWS | 29 Juni 2022

Harganas 2022, Ganjar Tekankan soal Pencegahan Stunting

Dalam momentum Harganas 2022, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menekankan pentingnya gerakan mencegah stunting

NEWS | 29 Juni 2022

IpeKB Ajak HaloPuan Beri Penyuluhan Stunting di Pangandaran

IPeKB Jawa Barat mengundang HaloPuan untuk menyosialisasikan manfaat super daun kelor dalam melawan stunting di Pangandaran,

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu dan Adik Meninggal Dunia, Ayu Anjani Ungkapkan Duka

Ibu dan Adik Meninggal Dunia, Ayu Anjani Ungkapkan Duka

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings