Logo BeritaSatu

Soal Lahan IKN, Wamen ATR/BPN Tegaskan Tidak Ada Tumpang Tindih Perizinan

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:02 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra menegaskan tidak ada tumpang tindih perizinan lahan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu dia sampaikan saat dijumpai wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta sore ini.

“IKN tidak ada tumpang tindih karena sebagian besar itu kan kawasan hutan HTI hutan tanaman industri dan ini kalau untuk kepentingan umum enggak perlu pengadaan tanah,” kata Surya kepada wartawan yang menemuinya, Kamis (19/5/2022).

“Jadi langsung diambil gitu izinnya, tidak diperpanjang, tetapi kan dalam proses. Jadi tidak akan serta-merta masih ada tanaman di sana, tapi yang kita pakai dulu aja, itu relatif sebetulnya sudah selesai,” lanjutnya.

Diungkapkan Surya, pemerintah saat ini fokus menggarap kawasan inti pada IKN Nusantara yang memiliki luas lebih dari 6.000 hektare. Di sisi lain kawasan untuk pengembangan IKN telah turut disiapkan dan tidak memiliki masalah soal perizinan.

“Jadi fokus di kawasan inti dulu yang 6.600 ya. Karena kan yang pokoknya kan itu. 6.000 itu gede, itu saja bangunnya lama,” ucap Surya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan IKN Nusantara dibangun di atas area seluas 256.000 hektare. Dari luas tersebut, hanya 20% lahan yang digunakan untuk membangun IKN Nusantara, dan seluas 80% akan menjadi hutan kota.

"(Seluas) 80% akan dibiarkan menjadi hutan sehingga wilayah NKRI adalah wilayah menjadi forest, kota hutan," kata Suharso Monoarfa usai audiensi dengan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Suharso memaparkan, IKN Nusantara akan dibangun di atas lahan seluas 256.000 hektare. Dari total luas itu akan dibagi menjadi sejumlah peruntukan di IKN Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Timur.

"Kami juga menyampaikan luas wilayah yang akan dibangun sekitar 199.000 hektare sebagai pengembangan kemudian 56.000 hektare sebagai kawasan ibu kota negaranya sendiri dan 6.700 hektare kawasan inti, total semua adalah 256.000 hektare," kata Suharso.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bamsoet: Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi misi

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengusulkan MPR mengundang capres yang maju di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Juli 2022

Korut Klaim Benda Asing di Perbatasan Penyebab Wabah Covid-19

Korut mengklaim, wabah Covid-19 pertama di negara itu dimulai dengan pasien yang menyentuh "benda asing" di dekat perbatasan.

NEWS | 1 Juli 2022

Butuh 3 Bulan Ketahui Penyebab Banjir Bandang di Bogor

BPBD Kabupaten Bogor membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan investigasi penyebab banjir bandang dan longsor di Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang

NEWS | 1 Juli 2022

Ini Momen Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dipindahkan ke Mobil

Peti jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dipindahkan menggunakan mobil.

NEWS | 1 Juli 2022

HUT Ke-76 Bhayangkara, 665 Polisi di Papua Naik Pangkat

Sebanyak 665 anggota Polri di Polda Papua dan polres jajarannya menerima kenaikan pangkat di HUT ke-76 Bhayangkara pada hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Kasus Mingguan Covid-19 Melonjak, Satgas: Gunakan Masker!

Satgas Covid-19 mengimbau masyarakat mentaati prokes serta memakai masker usai Indonesia jadi negara dengan kasus mingguan Covid-19 tertinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Tol Puncak, Pemkab Bogor Tunggu Tugas dari Kementerian PUPR

Hingga saat ini Pemkab Bogor masih menunggu pembagian peran dan tugas dari Kementerian PUPR terkait rencana pembangunan Tol Puncak

NEWS | 1 Juli 2022

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Bekasi Tembus 100 Orang Per Hari

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bekasi kembali naik hingga menembus angka 100 orang per hari dalam dua pekan terakhir ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Presiden Jokowi Bertemu Presiden UEA di Istana Al Shatie

Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shatie, Abu Dhabi.

NEWS | 1 Juli 2022

Pemkab Bogor Harap Korban Longsor Tak Tolak Direlokasi

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengharapkan tak ada penolakan relokasi dari korban longsor di Pamijahan setelah beberapa rumah di sekitar bencana hancur.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bamsoet: Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi misi

Bamsoet: Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi misi

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings