Logo BeritaSatu

Konflik dan Bencana Paksa 59,1 Juta Orang Jadi Pengungsi

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:21 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Konflik dan bencana alam memaksa 59,1 juta orang mengungsi di seluruh dunia pada 2021. Seperti dilaporkan AFP, Kamis (19/5/2022), puluhan juta pengungsi internal itu menandai jumlah perpindahan internal baru tertinggi kedua dalam satu dekade setelah 2020.

Sekitar 38 juta pengungsi internal baru dilaporkan pada tahun 2021, dengan beberapa orang terpaksa mengungsi beberapa kali sepanjang tahun, menurut laporan bersama oleh Internal Displacement Monitoring Center (IDMC) dan Norwegian Refugee Council (NRC).

Laporan itu menandai jumlah perpindahan internal baru tertinggi kedua dalam satu dekade setelah 2020, yang memecahkan rekor pergerakan karena serangkaian bencana alam.

Tahun lalu, laporan itu menunjukkan perpindahan internal baru dari konflik melonjak menjadi 14,4 juta jiwa. Angka ini menandai lompatan 50 persen dari 2020 dan lebih dari dua kali lipat sejak 2012. Angka perpindahan internal global hanya diperkirakan akan tumbuh tahun ini, terutama didorong oleh perang di Ukraina.

Lebih dari delapan juta orang telah mengungsi di negara yang dilanda perang sejak invasi skala penuh Rusia dimulai pada 24 Februari, di samping lebih dari enam juta yang telah melarikan diri dari Ukraina sebagai pengungsi.

Kepala NRC Jan Egeland setuju, memperingatkan: "Tidak pernah seburuk ini."

“Dunia sedang runtuh. Situasi hari ini secara fenomenal lebih buruk daripada yang ditunjukkan oleh angka rekor kami,” katanya kepada wartawan.

Pada tahun 2021, Afrika sub-Sahara menghitung pergerakan internal paling banyak, dengan lebih dari lima juta perpindahan dilaporkan di Ethiopia saja, ketika negara itu bergulat dengan konflik Tigray yang mengamuk dan meluas serta kekeringan yang menghancurkan. Angka itu menandai angka tertinggi yang pernah terdaftar untuk satu negara.

Jumlah pengungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya juga tercatat tahun lalu di Republik Demokratik Kongo dan Afghanistan, di mana kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan, bersama dengan kekeringan, membuat banyak orang meninggalkan rumah mereka.

Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara mencatat jumlah pengungsi baru terendah dalam satu dekade, karena konflik di Suriah, Libia, dan Irak agak berkurang. Namun jumlah keseluruhan pengungsi di wilayah tersebut tetap tinggi.

Suriah masih menyumbang jumlah tertinggi di dunia orang yang tinggal di pengungsian internal karena konflik yakni 6,7 juta jiwa– pada akhir tahun 2021. Suriah merupakan perang saudara telah berkecamuk selama lebih dari 11 tahun.

Meskipun terjadi peningkatan pengungsian terkait konflik, bencana alam terus menjadi penyebab sebagian besar pengungsian internal baru, mendorong 23,7 juta pergerakan serupa pada tahun 202 1.

Sebanyak 94 persen di antaranya disebabkan oleh bencana terkait cuaca dan iklim, seperti angin topan, hujan monsun, banjir, dan kekeringan. Para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim meningkatkan intensitas dan frekuensi kejadian cuaca ekstrem seperti itu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Dinilai Langgar Aturan FIFA dan PSSI Lalai

Dalam tragedi Kanjuruhan, polisi telah menggunakan gas air mata untuk meredam aksi anarkistis suporter di Stadion Kanjuruhan dalam laga Arema FC dan Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ratusan Tewas di Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Sampaikan Belasungkawa

Mahfud MD atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan yang dilaporkan telah menewaskan ratusan orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Puan Minta Investigasi Menyeluruh Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan apa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan tadi malam adalah peristiwa yang memilukan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Pertimbangkan Kirimkan Tim Investigasi Usut Tragedi Kanjuruhan

Menurut Beka, Tragedi Kanjuruhan ini perlu diusut tuntas dari semua aspek, mulai dari pelaksanaan hingga aspek teknis lainnya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, IPW Desak Kapolri Copot Kapolres Malang

IPW mendesak Kapolri mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang bertanggung jawab mengendalikan pengamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Polri Fokus Identifikasi Korban

Pihak Polri saat ini fokus untuk mengusut dan melakukan identifikasi korban terkait tragedi Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

153 Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan, Cak Imin: Hentikan Kebodohan Kita

Cak Imin meminta hentikan semuanya kebodohan kita, terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

Mahfud menuturkan pihak panitia sangat bersemangat, sehingga mengabaikan usulan pihak aparat, akibatnya terjadi tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Studi Baru Temukan Danau Terkubur di Kutub Selatan Planet Mars

Sebuah studi baru memperlihatkan, kemungkinan adanya sebuah danau terkubur di bawah es di kutub selatan Planet Mars.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM: Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan 153 Orang

Komnas HAM mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh hingga Minggu  pagi ini, korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan mencapai 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Imbas Tragedi Kanjuruhan, Laga Persib vs Persija Ditunda

Imbas Tragedi Kanjuruhan, Laga Persib vs Persija Ditunda

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings