Logo BeritaSatu

Peringatan Harkitnas Diharapkan Tak Sekadar Seremonial

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di lingkungan Kemendagri. Suhajar membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika terkait peringatan Harkitnas.

“Upacara peringatan Harkitnas yang tahun ini mengusung tema ‘Ayo Bangkit Bersama’ jangan hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial. Melalui tema tersebut, momen peringatan Harkitnas menjadi bentuk seruan agar bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir,” kata Suhajar dalam upacara secara daring dan luring dari kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Suhajar maupun peserta upacara, kompak mengenakan seragam Korpri. Suhajar juga memaparkan sejarah di balik peringatan Harkitnas. Dimulai dari Presiden Soekarno yang menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Harkitnas Indonesia pada 20 Mei 1948.

Pada masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” kata Suhajar Diantoro.

Diharapkannya, semangat Budi Utomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina–Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, agar kebangkitan nasional dimaknai sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif,” ujar Suhajar.

Dengan penanganan Covid-19 yang baik, berdampak pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (year on year). Hampir seluruh lapangan usaha juga tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Momentum yang baik ini, menurut Suhajar, makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G-20 2022. Pada Presidensi G-20, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tema ini bertujuan untuk memberikan spirit baru mewujudkan tatanan dunia yang mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MUI: ACT Aset, Perlu Dibersihkan Tetapi Jangan Dimatikan

MUI menilai lembaga amal ACT tidak harus dimatikan atau dihilangkan, tetapi harus diselamatkan.

NEWS | 7 Juli 2022

Isu Boris Johnson, Rusia Berharap Orang Profesional Pimpin Inggris

Rusia menyatakan, mereka berharap lebih banyak orang yang profesional memimpin Inggris, di saat pemberitaan mengenai Boris Johnson mundur.

NEWS | 7 Juli 2022

Izin Dibekukan Kemensos, ACT Depok Hentikan Operasional

Kemensos membekukan sementara izin penyelenggaraan Aksi Cepat Tanggap atau ACT. ACT di Depok pun langsung menghentikan operasional,

NEWS | 7 Juli 2022

Penjelasan soal Penghinaan Presiden dalam Draf RUU KUHP

Dalam draf RUU KUHP yang diserahkan Kemenkumham kepada Komisi III DPR, terdapat pasal penghinaan terhadap presiden. Berikut penjelasan pasal tersebut.

NEWS | 7 Juli 2022

Manajemen Resto Basque Jakarta Buka Pintu Musyawarah

Manajemen restoran Basque Bar de Tapas Jakarta membuka pintu musyawarah terkait insiden yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

NEWS | 7 Juli 2022

DPR Sahkan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Jadi UU

Dalam rapat paripurna, Kamis (7/7/2022), DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang (UU).

NEWS | 7 Juli 2022

Boris Johnson Disebut-sebut Bakal Mundur dari Jabatan PM Inggris

Boris Johnson disebut-sebut akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris.

NEWS | 7 Juli 2022

RUU Pembentukan Papua Barat Daya Jadi Usul Inisiatif DPR

Rapat paripurna DPR menyetujui RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi RUU usul inisiatif DPR. Sebelumnya, DPR telah mengesahkan tiga UU DOB Papua.

NEWS | 7 Juli 2022

Pak RT Ungkap Detik-detik Napoleon Bonaparte Lumuri M Kace

Pak RT alias Harmeniko alias Choky mengungkap detik-detik terdakwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte melumuri muka youtuber M Kace.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Bekuk Sopir Halangi Penangkapan Putra Kiai Tersangka Cabul

Polisi menangkap sopir mobil yang menghalang-halangi petugas saat hendak menangkap MSAT, putra seorang kiai ternama di Jombang berstatus tersangka cabul

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PPATK Bekukan Transaksi di Lebih dari 300 Rekening ACT

PPATK Bekukan Transaksi di Lebih dari 300 Rekening ACT

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings