Logo BeritaSatu

Rusia Kerahkan Kendaraan Tempur Terminator di Perang Ukraina

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:51 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia telah mengerahkan serangkaian kendaraan lapis baja menakutkan yang dijuluki Terminator ke garis depan perang Ukraina.

“Kendaraan tempur pendukung tank - atau BMPT - terlihat dalam serangkaian video di sekitar Donbas, wilayah timur Ukraina yang telah menjadi medan perang utama,” kata Times of London seperti dilaporkan New York Post, Kamis (19/5/2022).

"Terima kasih Tuhan! Kami punya Terminator!" seru reporter perang pro-Kremlin Aleksandr Sladkov yang menulis di samping salah satu klip yang dibagikan lewat Telegram. Sladkov menyebut kedatangan Terminator sebbagai "kemajuan" untuk invasi yang tertinggal.

Dilengkapi dengan empat peluncur rudal anti-tank, dua meriam 30mm, dua peluncur granat dan satu senapan mesin, "Terminator" pertama kali digunakan oleh pasukan Rusia di Suriah. UK Times mencatat Terminator memiliki kecepatan tertinggi 37mph.

Terminator digunakan untuk menggagalkan serangan dari helikopter musuh, drone atau pesawat terbang rendah lainnya, dan dilengkapi dengan pelindung reaktif eksplosif untuk membatasi kerusakan saat terkena serangan.

Media pemerintah Rusia mengkonfirmasi penempatan tersebut, serta julukan yang diduga terinspirasi oleh film 1984 di mana Arnold Schwarzenegger memainkan pembunuh cyborg.

"Bersama dengan peleton tank, BMPT [dijuluki 'Terminator'] terlibat dalam penghancuran posisi Ukraina, kendaraan lapis baja, dan awak sistem rudal anti-tank," kata sumber militer kepada kantor berita milik negara Ria Novosti, menurut Independen.

Pengerahan Terminator dilakukan setelah Rusia mengalami kerugian besar selama invasinya. Rusia telah lama dinyatakan oleh intelijen barat gagal secara dramatis dalam niat awalnya.

Pada Kamis, Ukraina mengklaim telah membunuh lebih dari 28.500 tentara, sementara juga menghancurkan lebih dari 1.250 tank dan lebih dari 3.000 pengangkut personel lapis baja.

Baru-baru ini, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada pertemuan para menteri luar negeri NATO bahwa "perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskwa" dan tampaknya "berhenti."



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno kan menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 orang di Odesa

Serangan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp liburan di dekat pelabuhan Odesa, menewaskan sedikitnya 18 orang.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings