Logo BeritaSatu

Petani Sawit Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:23 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Organisasi petani sawit Indonesia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi terkait keputusan mencabut larangan ekspor minyak goreng dan crude palm oil (CPO). Seperti diberitakan Presiden Jokowi resmi mencabut larangan ekspor minyak goreng dan CPO yang mulai berlaku pada 23 Mei 2022 mendatang.

Apresiasi datang dari Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Apkasindo Perjuangan, Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspekpir), Perkumpulan Forum Petani Kelapa Sawit Jaya Indonesia (Popsi), Serikat Petani Indonesia (SPI), Jaringan Petani Sawit Berkelanjutan Indonesia (Japsbi).

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengumumkan secara resmi pencabutan larangan ekspor CPO yang akan berlaku pada 23 Mei 2022," tulis siaran pers bersama organisasi petani sawit Indonesia, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Ketua Umum Apkasindo Alpian Arahman menyebutkan kebijakan yang salah satunya mempertimbangkan keberlanjutan nasib 17 juta pekerja sawit itu, tentunya turut menormalkan tata niaga sawit tandan buah segar (TBS) petani sawit di seluruh Indonesia.

"Tata niaga TBS sempat mengalami masalah baik dari sisi harga yang turun drastis di bawah rata-rata Rp 2.000 perkilogram dan juga pembatasan pembelian TBS yang dilakukan oleh beberapa perusahaan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi," kata Alpian.

Ketua Umum Popsi Pahala Sibuea juga mendukung sikap dari Presiden Jokowi yang ingin melakukan pembenahan prosedur dan regulasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Karena kami juga melihat di BPDPKS menjadi salah satu kunci untuk perbaikan pada tata kelola sawit di Indonesia. Kami berharap ke depan BPDPKS harus fokus mendukung kelembagaan-kelembagaan petani sawit di seluruh Indonesia," ujar Pahala.

Pahala memaparkan, selama ini BPDPKS banyak dimanfaatkan hanya untuk kepentingan konglomerat biodiesel. Menurutnya, hal itu, bisa dilihat dari dana BPDPKS yang sebesar Rp 137,283 triliun yang dipungut sejak tahun 2015 sampai 2021 mayoritas sekitar 80,16% dana itu hanya untuk subsidi biodiesel yang dimiliki oleh konglomerat sawit.

"Sementara petani sawit hanya sebesar 4,8% saja melalui program peremajaan sawit rakyat (PSR)," ucap Pahala.

Ketua Umum Fortasbi H Narno berharap setelah pencabutan ekspor CPO, tata kelola sawit yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah adanya dukungan kepada kelembagaan petani sawit untuk memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit sampai minyak goreng dengan memanfaatkan keberadaan dana sawit yang dikelola oleh BPDPKS.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Longsoran Es di Pegunungan Alpen Italia Tewaskan 6 Orang

Foto ini diambil pada 3 Juli 2022 dari Canazei, menunjukkan lapisan es yang runtuh di Marmolada, dekat Punta Rocca, menewaskan enam orang.

NEWS | 4 Juli 2022

Pelatihan Hidroponik Warnai Deklarasi Sandiaga Uno di Binjai

Rangkaian kegiatan dilakukan Relawan Sandi dalam deklarasi Menparekraf Sandiaga Uno untuk maju di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Hari Ini Hujan Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Jakarta

BMKG memperkirakan hujan akan terjadi secara merata di seluruh wilayah DKI Jakarta pada Senin (4/7/2022) siang.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Kopenhagen pada Minggu (3/7/2022), kata polisi Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Santri dan Ulama di Karawang Doakan Ganjar Pranowo

Santri dan ulama hadir di Masjid Jami Baitul Anwar, Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022), untuk mendoakan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Ketua Ormas di Lampung Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Seorang pria yang ternyata ketua ormas ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Ir Sutami, Way Laga, Sukabumi, Bandar Lampung.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022

Ini Beda Ganja Sebagai Pengobatan Medis dengan Tanaman

Ganja yang digunakan sebagai sarana pengobatan atau ganja medis memiliki perbedaan dengan ganja tanaman.

NEWS | 3 Juli 2022

Politikus PDIP Ungkap Urgensi Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu

Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkap urgensi Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pemilu.

NEWS | 3 Juli 2022

Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Ada 38 rumah yang berada di Kampung Cipatuguran dan Rawakalong, Kecamatan Palabuhanratu terdampak bencana gelombang tinggi tersebut.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Anjlok, Hans Kwee Peringatkan Bottom Bisa Tembus 5.900

IHSG Anjlok, Hans Kwee Peringatkan Bottom Bisa Tembus 5.900

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings