Logo BeritaSatu

Sambut Harkitnas, Dubes Heri Akhmadi Resmikan Midori

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:36 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Tokyo, Beritasatu.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi meresmikan pembentukan Masyarakat Ilmuwan dan Diaspora Rimbawan Indonesia (Midori) Jepang di KBRI Tokyo, Jumat (20/5/2022).

Pendirian Midori juga terkait dengan 30 tahun hubungan diplomatik bidang kehutanan Indonesia dan Jepang yang menjadi wadah bagi para rimbawan Indonesia di Jepang.

Acara peresmian Midori Jepang yang digelar secara luring dan daring ini selain dihadiri pejabat KBRI Tokyo dan KJRI Osaka, juga dihadiri mahasiswa, peneliti kehutanan Indonesia di Jepang, sektor swasta kehutanan Jepang yang bergerak di Indonesia, kelompok ilmuwan Indonesia di Jepang, para pegajar dan peneliti Jepang pemerhati kehutanan Indonesia, asosiasi mahasiswa kehutanan internasional, serta para mantan atase kehutanan KBRI Tokyo.

Dubes Heri Akhmadi dalam sambutannya menyambut baik inisiatif berdirinya Midori yang bertepatan dengan momentum Harkitnas. Kehadiran Midor akan memperkuat kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang Kehutanan dan lingkungan hidup.

"Bidang kehutanan merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang menjadi salah satu komoditas perdagangan utama Indonesia dan Jepang, yaitu produk berbasis kayu. Peran hutan sangat strategis dalam penanggulangan perubahan iklim global," ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi Rima, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie dan Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin.

Disebutkan, Jepang tengah menginisiasi Asia Zero Emission Community (AZEC) dan mengajak Indonesia untuk menjadi co-initiator. Indonesia tengah mengusulkan memasukkan sektor kehutanan pada inisiatif tersebut.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkes: Indonesia Sudah Lewati Puncak Kasus Varian BA.4-BA.5

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia telah berhasil melewati masa puncak atau kritis dari kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

NEWS | 4 Juli 2022

Menkes: 81% Covid-19 di Indonesia adalah BA.4 dan BA.5

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, sebanyak 81% kasus Covid-19 di Indonesia adalah subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

NEWS | 4 Juli 2022

2 Perusahaan Dirikan Lembaga Pelatihan Kerja ke Jepang

PT Indonesia Research Institute Japan-Jakarta dan Yayasan Bakti Asih menandatangangi kerja sama mendirikan lembaga pelatihan kerja ke Jepang.

NEWS | 4 Juli 2022

Ribut soal Klaim Jokowi, Pengamat: Itu soal Persepsi

Dialektika perihal Jokowi yang mengeklaim membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Presiden Rusia Vladimir Putin hanya soal persepsi

NEWS | 4 Juli 2022

Jokowi: Tingkatkan Vaksinasi Booster dan Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar vaksinasi ketiga atau booster dan disiplin penerapan protokol kesehatan dapat terus ditingkatkan

NEWS | 4 Juli 2022

Sepekan Jelang Iduladha, 3.000 Sapi di Tulang Bawang Divaksin PMK

Sepekan Jelang Hari Raya Iduladha 1443 H, Pemkab Tulang Bawang, Lampung akan melakukan vaksinasi PMK terhadap sekitar 3.000 hewan ternak.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga: Hadir di Acara Keramaian Wajib Vaksin Booster

Untuk mengendalikan Covid-19, kegiatan keramaian wajib vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

NEWS | 4 Juli 2022

Hadi Tjahjanto Optimistis Selesaikan Sengketa Agraria

Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyatakan akan fokus menyelesaikan tiga jenis persoalan agraria

NEWS | 4 Juli 2022

Tukang Bubur Jadi Korban Pembacokan Orang Tak Dikenal

Erwin (27), pedagang bubur keliling menjadi korban pembacokan yang dan mengalami luka di bagian muka dan leher oleh orang tak dikenal.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

KPK menjadwalkan pemanggilan terhadap empat orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Mandala Krida.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkes: Indonesia Sudah Lewati Puncak Kasus Varian BA.4-BA.5

Menkes: Indonesia Sudah Lewati Puncak Kasus Varian BA.4-BA.5

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings