Logo BeritaSatu

Presenter TV Perempuan Afghanistan Wajib Tutupi Wajah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:20 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Presenter TV Perempuan Afghanistan perempuan harus menutupi wajah saat sedang siaran. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (19/5/2022), perintah Taliban untuk presenter perempuan harus diterapkan dan tidak untuk didiskusikan.

Perintah tersebut mengikuti arahan baru-baru ini dari otoritas Taliban bahwa wanita Afghanistan harus menutupi wajah mereka di depan umum. Aturan itu juga dipandang sebagai tanda terbaru dari kemungkinan kembalinya kekuasaan ultrakonservatif Taliban di masa lalu dan eskalasi pembatasan pada wanita yang menyebabkan kemarahan di dalam dan di luar negeri.

Kepada Al Jazeera pada Kamis (19/5), Akif Muhajir, juru bicara Kementerian Taliban untuk Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, mengatakan bahwa pihak berwenang telah memberi tahu semua penyiar televisi lokal bahwa staf wanita harus menutupi wajah mereka saat siaran.

Muhajir mengatakan bahwa hijab atau jilbab wajib bagi wanita Muslim, dan presenter televisi wanita dengan wajah tertutup akan menjadi anutan yang baik bagi semua wanita di Afghanistan.

TOLOnews Afghanistan mengumumkan putusan baru di akun Twitter resminya pada Kamis (19/5). Aturan menyatakan bahwa perintah Taliban bagi para presenter untuk menutupi wajah tidak dapat dinegosiasikan.

“Perwakilan dari kementerian Wakil dan Kebajikan dan Informasi dan Kebudayaan menyebutnya sebagai putusan akhir dan tidak untuk dibahas,” cuit TOLOnews.

Berdasarkan informasi yang diterima TOLOnews, perintah tersebut telah dikeluarkan ke seluruh media di Afghanistan. Selama pemerintahan Taliban 1996-2001, wajib bagi wanita untuk mengenakan burkak biru atau cadar.

Setelah kelompok itu merebut kekuasaan lagi pada Agustus 2021, Taliban pada awalnya tampaknya agak memoderasi pembatasan mereka pada pakaian. Mereka mengumumkan tidak ada aturan berpakaian untuk wanita. Namun dalam beberapa pekan terakhir, pihak berwenang Taliban telah memberlakukan pembatasan.

Pada 7 Mei, Taliban mengumumkan bahwa sekarang “wajib bagi semua wanita Afghanistan yang terhormat untuk mengenakan jilbab”. Dekrit tersebut adalah yang pertama untuk rezim baru Taliban di mana hukuman pidana diberikan untuk pelanggaran aturan berpakaian untuk wanita.

Sebagian besar wanita Afghanistan mengenakan jilbab karena alasan agama, tetapi banyak wanita di daerah perkotaan seperti Kabul tidak menutupi wajah mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nama Jalan Diganti, Warga Tanah Tinggi Geruduk Kelurahan

Menolak pergantian nama jalan, sejumlah warga bersama Ketua RT setempat menggeruduk Kelurahan Tanah Tinggi Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022)

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal, Ganjar Langsung Terbang ke Jakarta

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung terbang ke Jakarta begitu mendengar kabar Tjahjo Kumolo meninggal dunia. 

NEWS | 1 Juli 2022

Lepas Masker, Rusia Akhiri Pembatasan Covid-19

Rusia telah mengakhiri semua pembatasan untuk memerangi penyebaran Covid-19, termasuk persyaratan untuk memakai masker.

NEWS | 1 Juli 2022

Ribuan Jemaah Haji Mulai Tiba di Kota Suci Mekah

Ribuan jemaah haji mulai tiba di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari Jumat (1/7/2022), di antara sekitar satu juta Muslim.

NEWS | 1 Juli 2022

Mensesneg Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin pemakaman Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata.

NEWS | 1 Juli 2022

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

Ketua DPR Puan Maharani mengenang kedekatannya dengan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo

NEWS | 1 Juli 2022

Komisi IX Desak Kemenkes Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Komisi IX DPR mendesak agar Kemenkes menuntaskan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 dosis suntikan.

NEWS | 1 Juli 2022

Kolaborasi TECH dan Aptisi Libatkan 1.000 PTS di Indonesia

Sebanyak 1.000 PTS menjadi bagian kolaborasi PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH) dan Aptisi dalam upaya percepatan digitalisasi perguruan tinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Puan Ungkap Kesedihan Megawati atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Ketua PDIP, Puan Maharani mengungkapkan Megawati Soekarnoputri sangat sedih atas wafatnya Tjahjo Kumolo yang telah dianggap sebagai adiknya sendiri.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Modernland Realty Cetak Pendapatan Rp 2,01 Triliun di 2021

Modernland Realty Cetak Pendapatan Rp 2,01 Triliun di 2021

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings