Logo BeritaSatu

Wabah Cacar Monyet, AS Beli Jutaan Dosis Vaksin

Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:50 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) membeli jutaan dosis vaksin untuk virus berbahaya saat wabah cacar monyet melanda. Seperti dilaporkan RT, Jumat (20/5/2022), para pejabat telah bergegas untuk mengamankan vaksin karena kasus virus cacar monyet yang langka terus muncul di AS dan Eropa.

Otoritas kesehatan AS telah menandatangani kesepakatan senilai US$ 119 juta (Rp 1,74 triliun) dalam dosis vaksin terhadap virus monkeypox, setelah seorang pria Massachusetts didiagnosis dengan penyakit langka namun berpotensi serius awal pekan ini.

Otoritas Penelitian dan Pengembangan Biomedis Lanjutan (BARDA) – satu lembaga pemerintah yang didedikasikan untuk memerangi pandemi dan bioterorisme – menandatangani kontrak jutaan dolar dengan perusahaan farmasi Denmark Bavarian Nordic pada Rabu.

Kesepakatan US$ 119 juta adalah satu dari serangkaian opsi kontrak yang pada akhirnya dapat mencapai nilai total US$ 299 juta (Rp 4,38 triliun) jika dilakukan, dengan imbalan sekitar 13 juta dosis beku-kering vaksin Jynneos. Awalnya dibuat untuk cacar, tetapi disetujui untuk digunakan melawan cacar monyet oleh Food and Drug Administration (FDA) pada 2019, hanya beberapa bulan sebelum kasus pertama Covid-19 terdeteksi di Tiongkok.

Menurut Bavarian Nordic, pengiriman awal untuk vaksin Jynneos tidak akan datang sampai 2023. Perusahaan mencatat bahwa 13 juta dosis penuh diperkirakan akan siap antara tahun 2024 dan 2025 jika BARDA setuju untuk memperpanjang kontrak.

Kasus cacar monyet pertama di AS dikonfirmasi pada Rabu (18/5) pada seorang pria yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kanada. Pejabat kesehatan federal sejak itu mengatakan mereka memantau enam orang lainnya setelah mereka berada di dekat seorang pelancong yang terinfeksi selama penerbangan dari Nigeria ke Inggris awal bulan ini, sementara kemungkinan kasus lain sedang diselidiki oleh Departemen Kesehatan Kota New York.

Sejumlah infeksi yang dicurigai atau dikonfirmasi juga telah diamati di Inggris, Kanada, Spanyol, Portugal, Italia, dan Swedia dalam beberapa pekan terakhir. Australia baru saja mendeteksi kasus pertamanya.

Pada Kamis (19/5), Bavarian Nordic mengumumkan bahwa mereka juga telah mencapai kesepakatan dengan "negara Eropa yang dirahasiakan" untuk vaksin cacar penggunaan ganda yang sama - meskipun ditawarkan dengan merek yang berbeda - "sebagai tanggapan terhadap kasus baru cacar monyet."

Perusahaan tidak merinci berapa banyak dosis yang akan diperoleh atau memberikan label harga keseluruhan untuk kontrak tersebut.

Selain vaksin, pemerintah AS juga bergerak untuk membeli dosis tecovirimat, pengobatan antivirus standar untuk cacar monyet, dengan Departemen Pertahanan menandatangani kontrak US$7,5 juta (Rp 110 miliar) untuk obat tersebut dengan perusahaan farmasi Amerika SIGA Technologies minggu lalu.

Bentuk intravena dari antivirus yang sama menerima persetujuan FDA untuk pengobatan cacar pada Kamis. Meskipun demikian, SIGA menyatakan versi IV juga "dikutip dalam permintaan anggaran presiden AS baru-baru ini sebagai digunakan untuk merawat pasien di AS dengan cacar monyet."



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings