Logo BeritaSatu

Pendukung UAS Dinilai Tidak Paham Prosedur Imigrasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:37 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan ultimatum akan mengusir Dubes Singapura jika tidak ada permintaan maaf atas ditolaknya sosok pendakwah itu dari memasuki Singapura. Terkait hal tersebut, pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja menilai pendukung UAS tidak memahami prosedur imigrasi.

Untuk itu, dia menyarankan jika ada keluhan yang hendak diutarakan, sebaiknya para pendukung UAS berdialog dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Hal ini demi memperoleh pemahaman serta titik terang dalam polemik kali ini.

Advertisement

“Menurut saya pendukung UAS melakukan itu karena ketidakpahaman prosedur imigrasi antarnegara,” kata Dinna kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Dinna mengatakan negara penerima dubes serta staf diplomatik sebetulnya bisa saja memulangkan mereka kembali ke tempat asalnya untuk waktu kapanpun dan tanpa penjelasan apa pun. Hal itu dapat dilakukan dengan alasan persona non grata, yakni mereka tidak diterima karena alasan politik, kriminal, atau melakukan perbuatan tidak menyenangkan.

Dia juga menuturkan yang memiliki kewenangan untuk memulangkan dubes maupun staf diplomatik tersebut adalah kepala negara dengan persetujuan menteri luar negeri.

“Dalam kasus UAS terlihat tidak ada kaitannya antara perilaku duta besar Singapura di Indonesia dengan penolakan UAS masuk ke Singapura. Makanya keluhan itu sebaiknya dibicarakan dahulu dengan pihak berwenang agar tidak keliru langkah,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, UAS mengaku dideportasi dari Singapura. Hal itu disampaikan UAS melalui akun Youtube Hai Guys Official berjudul Viral!! Singapura Deportasi UAS. “Info saya dideportasi dari Singapura itu sahih, betul, bukan hoax,” kata UAS yang dikutip dari tayangan tersebut.

Ustaz Abdul Somad menuturkan berangkat ke Singapura dari Batam pada Senin (16/5/2022) dalam rangka liburan bersama kawannya yang masing-masing mengajak keluarga. Saat itu, Ustaz Abdul Somad tiba di Pelabuhan Tanah Merah Singapura sekitar pukul 01.30 WIB.

“Sampai di Pelabuhan Tanah Merah jam 1.30 waktu Indonesia, karena jam tidak saya ubah, saya cinta NKRI,” tuturnya.

Namun, setibanya di Pelabuhan Tanah Merah, UAS tidak dapat masuk Singapura. Ustaz Abdul Somad dan rombongan kemudian meninggalkan Singapura pukul 18.10 waktu setempat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai penerbangan Rusia, termasuk Aeroflot yang dikendalikan negara, mulai kesulitan suku cadang pesawat.

NEWS | 11 Agustus 2022

Junjung Etika Berinternet Saat Beraktivitas di Ruang Digital

Kompetensi literasi digital menjadi sebuah kebutuhan lantaran di dunia digital acapkali juga dijumpai adanya konten negatif.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelatih Myanmar Doakan Indonesia Juara Piala AFF U-16

Pelatih Myanmar Doakan Indonesia Juara Piala AFF U-16

BOLA | 18 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings