Logo BeritaSatu

PM Australia yang Baru Janji Dorong Energi Terbarukan

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:44 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Canberra, Beritasatu.com- Anthony Albanese yang akan menjadi PM Australia yang baru menjanjikan dorongan untuk energi terbarukan. Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (21/5/2022), janji itu diucapkan Albanese setelah partai Buruhnya memenangkan pemilu Australia.

Kemenangan Partai Buruh sekaligus mengakhiri sembilan tahun pemerintahan konservatif. Meskipun demikian, pada Sabtu (21/5), oposisi Partai Buruh dengan 72 kursi belum memperoleh mayoritas parlemen dari 151 anggota parlemen, karena penghitungan suara masih berlangsung.

"Kita bisa memanfaatkan kesempatan Australia untuk menjadi negara adidaya energi terbarukan," kata pemimpin Partai Buruh kiri-tengah itu.

Albanese telah berjanji untuk mengurangi emisi karbon sebesar 43 persen pada tahun 2030 dari tingkat tahun 2005, meningkatkan energi terbarukan, menawarkan diskon untuk mobil listrik, dan membantu membangun proyek tenaga surya dan baterai milik masyarakat.

“Rakyat Australia telah memilih perubahan. Saya merasa rendah hati dengan kemenangan ini,” kata pemimpin Partai Buruh berusia 59 tahun itu kepada para pendukungnya di Sydney.

Partainya juga berencana memperketat mekanisme untuk memastikan para pencemar menjaga emisi mereka di bawah tingkat historis.

Meskipun demikian, Partai Buruh tidak berjanji untuk menutup tambang batu bara di negara yang bergantung pada bahan bakar fosil itu.

Berbicara kepada para pendukung di Sydney, Albanese mencatat bahwa rakyat Australia telah memilih untuk perubahan. Dalam komentar pertaman setelah kemenangan pemilu, orang Albanese mengatakan dia ingin menyatukan warga Australia.

“Saya ingin menyatukan negara. Saya pikir orang sudah cukup terpecah, apa yang mereka inginkan adalah bersatu sebagai sebuah bangsa dan saya berniat untuk memimpin itu,” katanya merujuk pada politik yang memecah belah di bawah Perdana Menteri konservatif Scott Morrisson.

Sebelumnya, Perdana Menteri Morrison mengakui kekalahan saat dia memberi selamat kepada orang Alba atas kemenangannya.

"Malam ini, saya telah berbicara dengan pemimpin oposisi dan perdana menteri yang akan datang, Anthony Albanese. Dan saya telah mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangan pemilihannya malam ini," kata Morrison dalam pidato yang disiarkan televisi di Sydney.

Morrison mengaku akan mundur sebagai pemimpin Partai Liberal. Pemimpin berusia 54 tahun itu mencatat bahwa dukungan pemilih untuk partai-partai besar telah jatuh dalam pemilihan.

"Saya memikirkan pergolakan yang terjadi di negara kita, dan saya pikir penting bagi bangsa kita untuk pulih dan maju," katanya.

Suara Morrison pecah karena emosi saat dia berterima kasih kepada istrinya Jennifer dan putrinya, "cinta dalam hidupnya".

"Saya tidak ragu di bawah kepemimpinan kuat koalisi kami, tiga tahun dari sekarang saya menantikan kembalinya pemerintahan koalisi,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Zulkifli Hasan alias Zulhas mengibaratkan partai-partai kecil seperti tim sepak bola Arab Saudi dan Jepang yang bsia mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

NEWS | 30 November 2022

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah Startup">

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE