Logo BeritaSatu

Pembangunan IKN, Gubernur Kaltim Tegaskan Komitmen Tak Akan Merusak Hutan

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:29 WIB
Oleh : Fuad Iqbal Abdullah/ Aditya Laksmana Yudha / JEM

Balikpapan, Beritasatu.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim untuk tetap menjaga hutan dan tidak akan merusak hutan terkait proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Komitmen tersebut disampaikan Isran Noor pada kepada seluruh delegasi Pre-Summit ke-3 Forum Y-20 bertema “Sustainable and Liveable Planet” (Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni), di Balikpapan, Sabtu (21/5/2022) malam.

"Saat ini, Pemerintah Provinsi Kaltim terus melakukan upaya penanaman kembali bibit pohon di sekitar area Ibu Kota Negara Nusantara, sebagai bentuk komitmen kami untuk tetap mempertahankan kawasan hutan, sehingga rencana menuju Smart City, Smart Forest bisa terwujud," kata Isran Noor.

Disebutkan Isran Noor, Provinsi Kalimantan Timur memiliki wilayah yang sangat luas, sehingga area yang digunakan sebagai lokasi pembangunan IKN, dinilai hanya sebagian kecil dari sekitar 9,5 juta hektare total luas wilayah di provinsi itu.

"Kalimantan Timur memiliki area yang sangat luas, sehingga permintaan Presiden untuk membangun Ibu Kota Negara di Provinsi Kaltim seluas 700.000 hektare tidak akan berpengaruh banyak pada luas area di Kalimantan Timur ini," kata Isran Noor yang berpidato di depan seluruh delegasi Y-20.

Selain itu, Isran Noor juga menjelaskan Kalimantan Timur memiliki luas wilayah yang mencapai 9,5 juta hektare yang mayoritas adalah hutan hujan tropis.

"Dari total 9,5 juta hektare luas wilayah Kalimantan Timur, saat ini telah terbagi menjadi tempat permukiman, pertanian, perkebunan kelapa sawit, serta usaha pertambangan," kata Isran Noor.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Isran Noor meyakinkan para delegasi bahwa Ibu Kota Negara tidak akan merusak hutan, tetapi justru akan melakukan perbaikan hutan di wilayah Ibu Kota Negara Nusantara nantinya.

"Dont worry, kami tidak akan merusak hutan di wilayah capital city nantinya, tetapi kami justru akan melakukan perbaikan di wiayah Ibu Kota Negara, karena konsep pembangunan Ibu Kota Negara akan berupa Green City, Forest City, Sustainable City, Modern City, dan tidak akan ada kota lain yang seperti itu selain di Kalimantan Timur ini," tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Di Ambang Kolaps, Kondisi Ekologis IMIP Morowali Perlu Perhatian Pusat

Kondisi ekologis di lokasi tambang nike PT IMIP Morowali perlu segera ditata untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

NEWS | 28 Juni 2022

Wabah PMK, Pembelian Daging Sapi di Bogor Anjok 50 Persen

Sejumlah pegadang daging sapi mengaku sulit mendapatkan pembeli daging sapi sejak merebaknya wabah Penyakit mulut dan kuku (PMK).

NEWS | 28 Juni 2022

Mardani Maming Ajukan Praperadilan, KPK Siap Hadapi

Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Mardani Maming mengajukan gugatan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka.

NEWS | 28 Juni 2022

Akulaku PayLater Kini Tersedia di Platform Pegipegi

Akulaku PayLater kini tersedia sebagai salah satu metode pembayaran yang tersedia pada platform agen perjalanan daring Pegipegi.

NEWS | 28 Juni 2022

Terkait Penyidikan Mardani Maming, Ini Penegasan KPK

KPK menegaskan proses penyidikan terhadap Bendahara Umum  PBNU Mardani Maming telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

NEWS | 28 Juni 2022

MA Filipina Tolak Upaya Terakhir Diskualifikasi Marcos Jr

MA Filipina pada Selasa (28/6/2022) menolak upaya terakhir untuk mendiskualifikasi Presiden terpilih Ferdinand Marcos Jr dari pemilihan bulan lalu.

NEWS | 28 Juni 2022

Khofifah Ajak Pelaku Ekraf Gencarkan Kampanye Sport Tourism

Khofifah mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk gencar mempromosikan sport tourism atau wisata olahraga di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Lumajang.

NEWS | 28 Juni 2022

Golkar Masih Rahasiakan Rencana Silaturahmi Politik

Partai Golkar masih merahasiakan soal rencana para pengurusnya untuk melakukan silaturahmi ke jajaran parpol lainnya.

NEWS | 28 Juni 2022

Polda Metro Jaya Segera Umumkan Status Roy Suryo

Polda Metro Jaya segera mengumumkan status Roy Suryo dalam kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

NEWS | 28 Juni 2022

Golkar Berkomitmen Tak Lakukan Politik Uang di Pemilu 2024

Partai Golkar menyatakan komitmen untuk tidak melakukan praktik money politics atau politik uang dalam menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

NEWS | 26 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings