Logo BeritaSatu

Kesepakatan Sementara soal Kampanye dan Anggaran Pemilu 2024

Senin, 23 Mei 2022 | 16:29 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - DPR, KPU, Bawaslu, DKPP, dan pemerintah telah menyepakati sementara tiga hal penting dalam proses penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 yang rencana akan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang. Tiga kesepakatan sementara tersebut terkait masa kampanye, anggaran dan digitalisasi Pemilu Serentak 2024.

Kesepakatan sementara ini merupakan hasil konsinyering antara penyelenggara pemilu, DPR dan pemerintah di Jakarta pada 13 Mei 2022 lalu. Kesepakatan sementara ini akan diputuskan lagi oleh ketiga lembaga tersebut dalam rapat kerja atau rapat dengar pendapat di Komisi II DPR pada pekan depan.

Advertisement

Berikut ini adalah poin-poin penting dalam kesepakatan sementara tersebut:

1. Durasi masa kampanye

Masa kampanye disepakati dipersingkat menjadi 75 hari. Sebelumnya, terjadi perbedaan pandangan antara DPR, KPU dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri soal durasi masa kampanye ini. KPU menginginkan masa kampanye selama 120 hari dengan salah satu alasannya masa kampanye terkait erat dengan masa pengadaan dan distribusi logistik pemilu. Selain itu, ada waktu yang cukup bagi masyarakat menilai caleg dan pasangan capres-cawapres di pemilu.

Sementara pemerintah meminta agar masa kampanye dipersingkat menjadi 90 hari dan DPR minta agar dipersingkat lagi menjadi 60-75 hari. Alasan pemerintah dan DPR hampir sama, yakin efisiensi waktu dan anggaran, mencegah polarisasi di tengah masyarakat dan situasi pandemi Covid-19 yang pasti waktu berakhirnya.

Dalam konsinyering 13 Mei lalu, KPU dan pemerintah sudah sepakat durasi masa kampanye selama 90 hari. Namun, DPR masih ingin agar kampanye hanya 60-75 hari. Akhirnya, diambil jalan tengah yang disepakati bersama, yakni durasi kampanye selama 75 hari. Dalam kesepakatan soal durasi kampanye 75 hari ini terdapat dua catatan penting. Pertama, perubahan mekanisme pengaturan tentang pengadaan barang dan jasa atau logistik pemilu yang lebih simpel, efisien, transparan dan akuntabel.

Pengadaan logistik pemilu itu menggunakan elektronik katalog dan penyebaran pencetakan di beberapa tempat di Indonesia sehingga penyebaran distribusinya bisa sebangun dengan masa kampanye yang tidak terlalu lama. Pemerintah akan membantu pengadaan logistik pemilu dan Presiden Joko Widodo akan menerbitkan Keppres untuk mendukung percepatan pengadaan dan distribusi logistik Pemilu 2024.

Kedua, DPR meminta pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk segera menyusun kodifikasi hukum acara pemilu dengan melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Hal ini untuk memastikan waktu penyelesaian sengketa dan mekanisme hukum bisa tepat waktu, tidak menganggu proses pelantikan dan periodisasi jabatan politik. DPR meminta KPU melakukan simulasi untuk memastikan durasi masa kampanye 75 hari bisa diterapkan tanpa mengganggu tahapan pemilu lainnya.

Sejumlah pihak menilai durasi 75 hari terlalu singkat. Namun, DPR membantah karena menganggap metode kampanye pasca pandemi Covid-19 sudah banyak berubah. Kampanye fisik dengan mengumpulkan massa dinilai sudah tidak terlalu efektif sehingga kampanye nanti bisa lebih banyak memanfaatkan ruang-ruang digital atau virtual.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keterangan Istri Ferdy Sambo Krusial dan Bisa Jadi Tersangka

ISESS menilai, keterangan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sangat krusial dan bisa menjadi tersangka

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT ke-77 RI, Puan Ajak Anak Bangsa Bangun Kekuatan Nasional

Ketua DPR Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat ikut terlibat dalam pembangunan bangsa.

NEWS | 17 Agustus 2022

Rayakan HUT Ke-77 RI, TPFx Gelar Program Merdeka Big Deals

Perayaan HUT ke-77 RI juga dimeriahkan oleh para pelaku trading, salah satunya TPFx dengan menggelar program Merdeka Big Deals.

NEWS | 17 Agustus 2022

Update Covid-19: Naik, Positivity Rate Jadi 13,79%

Update Covid-19 pada Rabu (17/8/2022), angka positivity rate pada hari ini tercatat mengalami kenaikan menjadi 13,79%.

NEWS | 17 Agustus 2022

Jadi Wasit Lomba, Hasto Singgung Curi Start Pemilu 2024

Hasto Kristiyanto bersama sejumlah elite DPP PDIP mengikuti sejumlah lomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

IPW Minta Polri Segera Periksa Istri Ferdy Sambo

IPW meminta polisi segera memeriksa terhadap Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo

NEWS | 17 Agustus 2022

Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Jelajah dari Kota Onchon

Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah dari kota pantai barat Onchon pada Rabu (17/8/2022), kata sumber militer Korea Selatan.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tim Pancasila Sakti Bertugas di Upacara Penurunan Sang Merah Putih

Tim Pancasila Sakti akan menjalankan tugas pada upacara penurunan bendera negara Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) sore.

NEWS | 17 Agustus 2022

Rangkaian Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Upacara penurunan bendera merah putih digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Perdana, Upacara 17 Agustus Digelar di Titik Nol IKN

Peringatan HUT ke-77 RI digelar di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini merupakan upacara kemerdekaan perdana yang digelar di IKN. 

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
604 Napi Lapas Paledang Bogor Terima Remisi HUT Ke-77 RI

604 Napi Lapas Paledang Bogor Terima Remisi HUT Ke-77 RI

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings