Logo BeritaSatu

Tanam 2.500 Mangrove, ACC Lakukan Penghijauan di Kalbar

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:40 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Pontianak, Beritasatu.com - Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama Astra, melakukan kegiatan penghijauan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Kegiatan penghijauan ini dilakukan dengan menanam 2.500 Pohon Mangrove untuk lahan seluas 1 hektare di Ekowisata Telok Berdiri, Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther didampingi Area Manager Sales Kalimantan ACC Adhi Sebayang, Area Manager Operation Lince Tandililing serta Branch Manager ACC Pontianak Benny Luck, Operation Head Loran Tambunan dan AR Management Head Budi Hidayat secara langsung melakukan penanaman pohon mangrove dan didampingi oleh Kepala Desa Sungai Kupah Ismail dan Penggiat Ekowisata Telok Berdiri Rudi Hartono.

Kawasan Ekowisata Telok Berdiri di Sungai Kupah, Kubu Raya berada di pesisir barat Pulau Kalimantan yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Kawasan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk masyarakat pesisir melalui ekowisata mangrove. Kawasan Hutan Mangrove di Ekowisata Telok Berdiri memiliki luas total 15 hektare yang berfungsi untuk penahan abrasi dan ombak serta digunakan untuk perkembangbiakan ikan.

“ACC akan memasuki usia 40 tahun ini, untuk itu kami ingin berbagi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat. Kami melakukan penghijauan di Ekowisata Telok Berdiri dengan melakukan penanaman mangrove dan juga pemberian dukungan untuk Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya”, kata Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Rudi Hartono alias Rudi Bacok adalah Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sungai Kupah. Rudi adalah sosok yang merintis wisata mangrove dan juga penggiat hutan mangrove. Pada kesempatan yang sama Rudi mengatakan bahwa dirinya sangat gembira dengan kegiatan CSR penghijauan ini.

ACC merupakan perusahaan swasta pertama yang mendukung Ekowisata Telok Berdiri dan juga yang terbanyak dalam melakukan penghijauan dengan menanam 2.500 bibit mangrove.

“Saya sangat senang ACC ikut mendukung ekowisata mangrove Telok Berdiri ini dan semoga kerja sama ini akan berlanjut di program-program yang lain seperti program pengelolaan sampah yang akan dirintis oleh Desa Sungai Kupah,” tambah Rudi.

Selain ekowisata mangrove, Desa Sungai Kupah juga mengembangkan potensi lokal dengan membuat kerajinan tangan dan juga makanan khas seperti abon ikan dan kue stik udang. Ekowisata Telok Berdiri berhasil mendapat nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia 2021.

Selain melakukan penanaman pohon di Ekowisata Mangrove Telok Berdiri, ACC juga memberikan dukungan untuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Parit Tokaya. ACC memberikan dukungan berupa timbangan bayi digital untuk 5 posyandu di kelurahan Parit Tokaya. Dukungan timbangan bayi digital tersebut diterima langsung oleh Lurah Parit Tokaya Asdaruddin dan ibu-ibu Kader Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkes Prediksi Jakarta Segera Memasuki Puncak Covid-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin memperkirakan laju kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta segera mencapai puncak dalam waktu dekat.  

NEWS | 4 Juli 2022

Besok, Jokowi Pimpin Upacara HUT Bhayangkara di Semarang

Presiden Jokowi akan memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian (Akpol), Selasa (5/7/2022).

NEWS | 4 Juli 2022

Menkes: Indonesia Lebih Siap Hadapi Omicron BA.4 dan BA.5

Menkes menyatakan bahwa Indonesia lebih siap menghadapi gelombang subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

NEWS | 4 Juli 2022

Menkes: Vaksinasi Booster Covid-19 Tingkatkan Kadar Antibodi

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan vaksinasi booster terbukti mampu meningkatkan kadar antibodi pada tubuh.

NEWS | 4 Juli 2022

Banyak Kasus Hukum, Yusuf Mansur Janji Selesaikan Semuanya

Penceramah Yusuf Mansur kini tengah menjadi sorotan masyarakat terkait beberapa kasus yang menyeretnya ke ranah hukum.

NEWS | 4 Juli 2022

Misi Jokowi di Ukraina-Rusia Belum Berhasil, Airlangga: Perdamaian Butuh Proses

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan misi perdamaian Jokowi dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia butuh proses karena perdamaian tidak instan.

NEWS | 4 Juli 2022

Kunjungan ke Tugu Monas Dibatasi Hanya 200 Orang per Jam

Kunjungan ke Tugu Monas dibatasi hanya 200 orang per jam atau sekitar 1.400 orang setiap harinya.

NEWS | 4 Juli 2022

46 Jemaah Haji Dideportasi, DPR Minta Travel Dijatuhi Sanksi

DPR meminta travel haji yang memberangkatkan jemaah haji tanpa prosedur resmi dijatuhi sanksi. Hal ini menyusul 46 jemaah haji yang dideportasi Arab Saudi.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Pencabulan 11 Santriwati di Depok Naik ke Penyidikan

Kasus pencabulan 11 santriwati di Beji, Depok, dinaikkan ke tahap penyidikan oleh penyidik Polda Metro Jaya.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga: Aturan Ganti Rugi Ternak Terkena PMK Segera Terbit

Menko Airlangga Hartarto mengatakan peraturan teknis mengenai ganti rugi ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) segera dikeluarkan kementan.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyaluran KUR BRI Diestimasi Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Penyaluran KUR BRI Diestimasi Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

EKONOMI | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings