Logo BeritaSatu

Gubernur Enggan Lantik Penjabat Bupati, Ini Respons DPR

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:22 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus merespons langkah Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang menolak melantik 3 penjabat bupati pilihan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan alasan tidak memperhatikan pertimbangan daerah. Menurut Guspardi, hal tersebut menjadi pelajaran bagi Kemendagri yang belum membuka secara transparan detail aturan teknis penunjukan penjabat kepala daerah.

Padahal, kata Guspardi, aturan teknis penunjukkan penjabat tersebut sudah diminta Mahkamah Konstitusi dalam putusannya.

Advertisement

"Memang harus jelas. Harus ada petunjuk teknis. Kata pemerintah sudah ada, tetapi bentuknya bagaimana publik tidak tahu harusnya transparan dong," ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Guspardi menilai adanya regulasi teknis yang detail menjadi penting agar meminimalisasi persepsi negatif di masyarakat soal penunjukan penjabat kepala daerah. Selain itu, kata dia, aturan teknis tersebut akan berguna untuk memastikan pengisian kekosongan jabatan benar-benar dilakukan sesuai aturan dan transparan.

"Ini agar tidak akan ada lagi persepsi di masyarakat bahwa penunjukan penjabat kepala daerah hanyalah ajang politik bagi pemerintah provinsi ataupun pemerintah pusat. Ini contoh di mana gubernurnya tidak mau melantik dan meminta klarifikasi dahulu ke Mendagri," tandas Guspardi.

Guspardi mengakui bahwa, dalam urusan penunjukan penjabat bupati ini pemerintah pusat memang berhak menetapkan sosok pemimpin ketika pemerintah di daerah ada kekosongan. Namun proses penunjukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri, mengikuti usulan dari daerah seperti gubernur.

"Biasanya Gubernur mengajukan tiga nama lalu dipilih salah satunya oleh Kemendagri. Hanya saja dalam konteks penolakan yang dilakukan oleh Ali Mazi (Gubernur Sultra) disinyalir penjabat bupati yang ditunjuk tidak sesuai dengan usulan dari Gubernur Ali," ungkap dia.

Karena itu, Guspardi meminta pemerintah menjelaskan kepada publik terkait mekanisme dan cara pemilihan penjabat kepala daerah.

"Ini baru beberapa orang dilakukan penunjukan penjabat bupati dan sudah menimbulkan dinamika yang kurang baik, kan kurang elok jadinya. Pemerintah pusat dan daerah itu sebenarnya satu kesatuan, Jangan sampai kejadian serupa akan terulang kembali," pungkas Guspardi.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi enggan melantik tiga pejabat bupati di provinsi itu yang diusulkan Kemendagri. Alasannya, nama yang diusulkan dari daerah diabaikan Kemendagri. Kemendagri dikabarkan menentukan sendiri nama penjabat tersebut tanpa meminta pertimbangan dari daerah.

Adapun tiga nama penjabat bupati di Sultra yang telah ditetapkan Kemendagri, yaitu Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri Bahri sebagai Penjabat Bupati Muna Barat, Sekretaris Daerah Buton Selatan La Ode Budiman sebagai Penjamat Bupati Buton Selatan, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sultra Muhammad Yusuf sebagai Penjabat Bupati Tengah.

Hanya nama Muhammad Yusuf yang berasal dari usulan Ali Mazi, sementara dua lainnya merupakan usulan Kemendagri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022

PPDI Gandeng IFES dan UMJ Selenggarakan Engage Training

PPDI berkolaborasi dengan IFES dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program Engage Training.

NEWS | 19 Agustus 2022

Pemkot Bogor Membekukan Izin Operasional 1.010 Angkot

Pemkot Bogor membekukan izin trayek 1.010 angkot di wilayahnya. Sanksi pembekuan izin lantaran pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya.

NEWS | 19 Agustus 2022

Srikandi KIB Gelar Pelatihan Pembuatan Roti dan Pastri

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memanfaatkan momen HUT ke-77 RI untuk mengonsolidasikan kekuatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Putri Candrawathi Tersangka, DPR: Gugur Motif Cemburu

Trimedya Panjaitan angkat bicara soal penetapan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 19 Agustus 2022

Burhanuddin Minta Seluruh Jaksa Jadi Teladan di Masyarakat

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan jaksa sebagai abdi negara harus selalu mengingat peran, tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Parpol Catut NIK Staf Bawaslu, Ketua KPU: Sipol Berjalan

Ketua KPU  Hasyim Asy'ari mengatakan kasus pencatutan NIK dua staf Bawaslu di Yogyakarta menjadi bukti sipol berjalan efektif.

NEWS | 19 Agustus 2022

Rayakan HUT Ke-77 RI, BP2MI Meriahkan dengan Beragam Lomba

BP2MI merayakan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun, 17 Agustus 2022 dengan beraneka ragam kegiatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kekompakan Kasad, Kasal, dan Kasau Dinilai Layak Diapresiasi

Kekompakan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dinilai layak diapresiasi.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

NEWS | 7 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings