Logo BeritaSatu

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Selasa, 24 Mei 2022 | 14:36 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa (24/5/2022).

Sebelumnya, penanganan jangka pendek pada tanggul laut jebol sudah dikerjakan. Ganjar menjelaskan selain sumber luberan pada tanggul jebol, penanganan rob tinggi di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dilakukan pada titik-titik lain yang berpotensi terjadi luberan air pasang.

"Iya kalau jangka pendek beberapa tanggul yang kemarin bahasa ramainya di publik itu jebol kita cari. Karena sebenarnya kalau menutup itu jauh lebih cepat," kata Ganjar saat meninjau lokasi terdampak rob di Kampung Ujung Laut, RT 01/RW 01, Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang, Selasa (24/5/2022).

Khusus penanganan di Kampung Ujung Laut itu, Ganjar meminta agar membuat tanggul di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestama. Sebab di tempat itu terdapat titik luapan air laut.

"Ini ketemu masyarakat, ini teman saya, dia tahu di daerah sini ternyata kemarin coba kita tutup jebolnya di sana, agak panjang. Tapi kalau kita lihat titiknya ternyata di sini lebih dekat. tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Maka saya minta dikerjakan sebelum jam 1 karena hari ini kemungkinan akan naik lagi. Kalau ini bisa kita cegah hari ini insyaallah di sana bisa terkendali," kata Ganjar.

Usai dari Kampung Ujung Laut dan sekitar Pos I Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ganjar juga melihat kondisi tembok penahan atau tanggul yang jebol di kawasan PT Pinnacle Apparels. Ganjar bersama rombongan BBWS, Dinas PSDA, dan Pelindo menuju lokasi menggunakan kapal karet milik Basarnas. Kemudian berlanjut menuju ke dermaga Tambaklorok.

"Kita minta dari BBWS, PSDA Provinsi, dan Kota kalau ada sistem instrumen untuk kita memantau, mengetahui titik-titik yang kemarin bocor. Apakah karena jebol apa karena limpasan. Sehingga masyarakat kita kasih early warning atau peringatan dini kepada masyarakat dengan harapan masyarakat siaga," katanya.

Pemantauan tersebut juga untuk mengetahui titik-titik kebocoran air pasang di sepanjang wilayah Pantura. Ganjar berharap ada gambar dari udara sehingga diketahui koordinat titik yang mengalami kebocoran.

"Dalam kondisi emergency kita musti show off. Peralatan, manusia, dan sumber dayanya digerakkan sejak tadi malam. Terima kasih kawan-kawan di kabupaten/kota dengan provinsi semua bekerja sama termasuk dari masyarakat yang membantu," ungkap Ganjar.

Sementara untuk penanganan jangka panjang sudah ada beberapa penanggulangan yang sudah dilakukan. Misalnya di Pekalongan ada tanggul laut yang masih berjalan. Lalu di sekitar Semarang-Demak ada tol yang sedang dikerjakan termasuk sebagai penahan rob.

"Di Pekalongan umpama tanggul lautnya masih jalan, yang di sini tol Semarang-Demak itu juga kita coba untuk menghalau itu. Memang musti ada regulasi yang cukup ketat di area coastal ini, pinggiran ini. Kalau bangunannya masih mengambil air tanah cukup tinggi ya kita akan mengalami ini terus," jelas Ganjar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

Presiden Jokowi menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada TNI di mana pun prajurit berada dan bertugas.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Limpahkan Berkas Tersangka Kasus Brigadir J

Polri akan melimpahkan tersangka kasus dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J dan obstruction of justice pada hari ini, Rabu (5/10/2022)

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka

Presiden Jokowi  memimpin upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, sebanyak 131 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Polri Perbaharui Data Korban Tragedi Kanjuruhan, 131 Meninggal

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan jumlah korban meninggal tragedi Kanjuruhan sebanyak 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pilot Presiden Irwanda Syafriadi, Orang Kampung ke Amerika

Bagi Mayor (Penerbang) Irwanda Syafriadi salah satu kebahagiaan adalah saat membawa ibunya naik pesawat Herkules dari Jakarta ke Palembang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Hari Ini Indra Kenz Hadapi Tuntutan Kasus Penipuan Binomo

Akibat perbuatan Indra Kenz, para korban sebanyak 144 orang mengalami kerugian hingga lebih dari Rp 83 miliar.

NEWS | 5 Oktober 2022

Mendes Siap Sukseskan Penggunaan Kendaraan Listrik di Desa

Mendes PDTT menyatakan dukungannya serta kesiapan untuk terlibat dalam mempromosikan kendaraan listrik di desa.

NEWS | 5 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Berlama-lama untuk Panggil Lukas Enembe

KPK menegaskan tidak akan berlama-lama untuk kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 5 Oktober 2022

Waspada Hujan Disertai Petir di Jaksel dan Jaktim Hari Ini

Warga Jakarta, khususnya di Jaksel dan Jaktim, diminta untuk waspada terhadap potensi terjadi hujan yang disertai petir hari ini.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings