Logo BeritaSatu

Anggaran dan Tahapan Pemilu 2024 Bakal Diputuskan pada 30 Mei

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:21 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa mengatakan pihaknya akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPU, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membahas anggaran dan tahapan Pemilu 2024 pada 30 Mei 2022 mendatang. Menurut Saan, besar kemungkinan RDP tersebut juga langsung memutuskan anggaran dan tahapan Pemilu 2024.

"Seusai dengan rapat internal, kita agendakan RDP pada tanggal 30 Mei yang akan datang. Karena kita ingin PKPU Tahapan dan Anggaran ini bisa selesai di bulan Mei," ujar Saan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Saan mengatakan, RDP tersebut secara umum nanti akan mematangkan hasil konsinyering antara DPR dengan penyelenggara pemilu dan Kemendagri pada 13 Mei 2022 yang lalu. DPR, kata dia, nantinya akan meminta KPU menyampaikan hasil simulasi terhadap salah satu tahapan penting Pemilu 2024, yakni durasi kampanye yang sudah disepakati 75 hari.

"Simulasinya kan nanti kan kita tanya pas rapat-rapat. Hasil dari KPU simulasinya seperti apa, kalau kampanye 75 hari KPU menyimulasikan seperti apa, apakah memang KPU secara teknis memungkinkan dengan kampanye 75 hari," jelas Saan.

Diketahui, DPR, penyelenggara pemilu dan Kemendagri telah menyepakati tiga hal terkait Pemilu 2024 hal dalam rapat konsinyering pada 13 Mei 2022 lalu. Pertama, durasi kampanye disepakati selama 75 hari dengan catatan waktu pengadaan logistik dan sengketa pemilu dipersingkat.

Kedua, anggaran Pemilu Serentak 2024 disepakati Rp 76,6 triliun. Anggaran ini merupakan hasil rasionalisasi dari usulan awal KPU, yakni Rp 86,6 triliun. Anggaran pemilu akan dialokasikan secara bertahap dari APBN, mulai tahun 2022 hingga 2025.

Ketiga, rapat konsinyering juga menyepakati digitalisasi pemilu tetap dilakukan pada Pemilu 2024 dengan memaksimalkan teknologi dan aplikasi yang sudah dikembangkan KPU dan Bawaslu saat ini. Namun, DPR, penyelenggara pemilu dan Kemendagri juga sepakat bahwa e-voting atau pemungutan suara secara elektronik belum diterapkan pada Pemilu 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Janji Jiwa Adopsi Nimbly Technologies Capai Operasi Optimal

Janji Jiwa Adopsi Nimbly Technologies Capai Operasi Optimal

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings