Logo BeritaSatu

Penunjukan Perwira TNI Aktif sebagai Pj Bupati Seram Barat Diminta Dibatalkan

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Koalisi masyarakat sipil meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membatalkan penunjukan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin sebagai Penjabat (Pj) Bupati Seram Barat, Maluku. Hal ini karena koalisi masyarakat yang terdiri dari Perludem, Kode Inisiatif, Pusako Andalas, dan Puskapol UI menilai penunjukan Andi Chandra yang merupakan perwira TNI aktif Maluku telah melanggar hukum dan prinsip-prinsip demokrasi.

“Mendesak Kemendagri untuk membatalkan penunjukan Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin sebagai Pj Bupati Seram Bagian Barat karena tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan melanggar prinsip-prinsip demokrasi," kata kada peneliti Kode Inisiatif, Muhammad Ihsan Maulana dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Koalisi masyarakat juga menuntut Kemendagri melaksanakan amanat reformasi, menjalankan hukum, dan menjamin prinsip demokrasi dalam penunjukan Pj kepala daerah dalam rangka mengisi kekosongan kekuasaan di daerah yang kepala daerahnya telah habis masa jabatannya.

Tidak hanya itu, lanjut Ihsan, koalisi masyarakat sipil pun mendesak Kemendagri untuk tidak menunjuk prajurit TNI dan Polri aktif untuk menjadi Pj kepala daerah karena bertentangan dengan hukum, khususnya UU TNI, UU Polri, UU Pilkada, dan putusan MK Nomor 67/PUU-XIX/2021.

“Meminta pemerintah agar segera menerbitkan aturan pelaksana tentang pengangkatan penjabat kepala daerah yang sesuai dengan perintah putusan MK dan prinsip-prinsip demokrasi, dengan mekanisme yang menjamin keterbukaan, akuntabel, dan partisipatif,” ujar Muhammad Ihsan Maulana.

Mereka juga mendesak Kemendagri membuka nama-nama calon penjabat kepala daerah yang akan ditunjuk sebagai bentuk transparansi. Dengan demikian publik dapat melihat dan menilai proses penunjukan Pj kepala daerah yang demokratis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ribuan Jemaah Haji Mulai Tiba di Kota Suci Mekah

Ribuan jemaah haji mulai tiba di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari Jumat (1/7/2022), di antara sekitar satu juta Muslim.

NEWS | 1 Juli 2022

Mensesneg Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin pemakaman Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata.

NEWS | 1 Juli 2022

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

Ketua DPR Puan Maharani mengenang kedekatannya dengan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo

NEWS | 1 Juli 2022

Komisi IX Desak Kemenkes Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Komisi IX DPR mendesak agar Kemenkes menuntaskan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 dosis suntikan.

NEWS | 1 Juli 2022

Kolaborasi TECH dan Aptisi Libatkan 1.000 PTS di Indonesia

Sebanyak 1.000 PTS menjadi bagian kolaborasi PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH) dan Aptisi dalam upaya percepatan digitalisasi perguruan tinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Puan Ungkap Kesedihan Megawati atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Ketua PDIP, Puan Maharani mengungkapkan Megawati Soekarnoputri sangat sedih atas wafatnya Tjahjo Kumolo yang telah dianggap sebagai adiknya sendiri.

NEWS | 1 Juli 2022

Pemenang Hoegeng Awards Harus Jadi Contoh Polisi yang Baik

Kapolri berharap para pemenang Hoegeng Awards 2022 bisa menjadi contoh bagi institusi Polri yang baik seperti sosok Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

NEWS | 1 Juli 2022

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings