Logo BeritaSatu

Singgung Demo Pendukung UAS, Kiai Cholish: 100% Singapura Tidak Salah

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:14 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Syuriyah PWNU DKI Jakarta Kiai Muzakki Cholish merespons demonstrasi yang dilakukan pendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Jalan HR Rasuna Said, Jumat (20/5/2022).

Menurut Kiai Cholish, pemerintahan Singapura 100% tidak salah menolak Abdul Somad masuk ke negara tersebut. Sebagai negara yang berdaulat, Singapura berhak menolak seseorang masuk ke negaranya sebagai bentuk pertahanan nasionalnya.

"Penolakan Singapura terhadap UAS itu bukti bahwa negara itu berdaulat secara utuh, termasuk kedaulatan hukum. Singapura menolak Abdul Somad sebagai bentuk pertahanan nasionalnya dari anasir-anasir apapun termasuk agama, agama apa pun ya, karena bukan hanya Abdul Somad saja yang ditolak di Singapura", kata Cholish kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Menurut Kiai Cholish, demo yang dilakukan pendukung UAS di Kedubes Singapura tidak berdampak apa pun. Singapura sebagai negara yang berdaulat, kata dia, pasti akan menjaga dari pengaruh ideologi yang mengancam integrasi bangsanya.

"Maka dari itu tidak berpengaruh adanya demo di depan Kedubes Singapura, karena mereka negara kuat secara ekonomi dan politik, di kawasan Asia Tenggara tidak ada negara sekuat Singapura secara ekonomi dan politik", tegas Kiai Cholish.

Menurut Cholish, Indonesia masih lemah dalam urusan melakukan seleksi dan menjaga negara dari pengaruh ideologi asing yang berbahaya dan mengancam kedaulatan dan integritas.

"Sedangkan kita, harus diakui kita masih lemah dalam hal ini sehingga puluhan aliran keagamaan dan ideologi luar tumbuh subur di NKRI. Kedaulatan hukum suatu negara sangat berpengaruh pada hubungan bilateral dan multilateral negara itu," ungkap dia.

Kiai Cholish pun menilai Indonesia perlu belajar dari kasus Singapura ini. Dikatakan, perlu adanya lembaga atau kementerian yang khusus menangani hal ini, karena bela negara itu hukumnya fardlu 'ain atau wajib.

"Mungkin Indonesia perlu ada menteri khusus pertahanan dalam negeri untuk menghadapi hal-hal semacam ini, karena ini sangat krusial dan bisa mengancam eksistensi dan kedaulatan NKRI, bela negara itu hukumnya wajib 'ain, sebagaimana Nabi menjaga Madinah dari pengaruh para bughat (pemberontak) baik itu dari Yahudi atau kalangan muslim itu sendiri, karena tak sedikit muslim yang memberontak Nabi Muhammad," kata Kiai Cholish.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus KDRT, Lesti Kejora Alami Sejumlah Luka Lebam

Lesti Kejora mengalami luka lebam di beberapa bagian tubuhnya, akibat aksi kekerasan yang dilakukan suaminya, Rizky Billar. 

NEWS | 4 Oktober 2022

Update Covid-19: Stabil, Kasus Baru Hari Ini 1.851

Dengan tambahan 1.852 kasus baru maka total kasus Covid-19 sampai hari ini tercatat 6.437.750.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polri: Tragedi Kanjuruhan, 125 Meninggal dan 467 Luka-luka

Polri menyampaikan, korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, mencapai 125 orang meninggal dan 465 orang luka-luka.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hujan Deras Sejumlah Jalan di DKI Tergenang, Cek Lokasinya

BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak tujuh ruas jalan tergenang dengan ketinggian sekitar 20 cm hingga 45 cm akibat hujan deras.

NEWS | 4 Oktober 2022

Warga Tangerang Waspada, Sungai Cisadane Kondisi Siaga 3

Warga Tangerang diminta waspada mengingat hujan lebat merata di kawasan Bogor mengakibatkan aliran Sungai Cisadane siaga 3.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat: Jangan Saling Menyalahkan dalam Tragedi Kanjuruhan

Direktur IPI Karyono Wibowo meminta publik tidak saling menyalahkan dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan ratusan orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jakarta Hujan Deras, Katulampa Bogor Masih Normal

Hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah Jakarta namun tinggi muka air Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor masih normal 30 cm.

NEWS | 4 Oktober 2022

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Penyangga Leher

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings