Logo BeritaSatu

Menkominfo: Indonesia Terus Latih Keterampilan Digital

Selasa, 24 Mei 2022 | 22:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Swissi, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan salah satu prioritas pemerintah adalah pengembangan talenta digital di Indonesia. Hal ini ditujukan untuk mempercepat agenda transformasi digital nasional. Menurut Johnny, pemerintah juga mendorong kolaborasi ekosistem untuk menyediakan talenta digital.

“Permintaan talenta digital sangat besar. Pada tahun lalu, kami melakukan pelatihan keterampilan digital dasar bagi 12,5 juta penduduk Indonesia dalam satu tahun dan menargetkan jumlah 5,5 juta peserta ikut ambil bagian di tahun ini,” ujar Johnny dalam sesi diskusi “Indonesia Pavilion: Deepening Digital Growth in The New Economic Landscape” di Davos, Swiss, Senin (23/5/2022) malam.

Melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital, Johnny menyatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melatih masyarakat Indonesia agar mempunyai kecakapan digital di tingkat dasar. Pada saat yang sama, kata dia, pihaknya juga mempersiapkan talenta Indonesia memiliki keterampilan digital di tingkat menengah melalui program Digital Talent Scholarship.

“Tahun ini yang akan kita lakukan adalah sekitar 200.000 milenial. Kami membutuhkan 9 juta talenta digital intermediate untuk 15 tahun ke depan, artinya setiap tahun kami harus memastikan memiliki 600.000 keterampilan digital intermediate, hal yang tentunya tidak mudah,” tutur Menkominfo.

Menurut Johnny, dari kebutuhan 600.000 talenta digital, pemerintah memberi dukungan untuk melatih 200.000 peserta. “Dukungan pemerintah sebanyak sepertiga dari 600.000 pelatihan kecakapan dan saya berharap ekosistem juga bergabung untuk memastikan talenta digital menengah akan tersedia dalam jumlah kualitas dan kapasitas mereka,” ungkapnya.

Johnny menilai penyiapan talenta di level keterampilan menengah itu merupakan salah satu upaya agar perusahaan teknologi global bersedia bergabung untuk membantu program pemerintah.

“Bahkan, saya juga masih ingin semua ekosistem termasuk operator telekomunikasi untuk bergabung dengan kami, untuk memastikan bahwa keterampilan menengah akan tersedia tepat waktu,” kata Menkominfo.

Selain itu, pada level advance, Kemenkominfo juga menyediakan pelatihan untuk mendukung pembuatan kebijakan digital. Menurut Johnny, pembuatan kebijakan digital saat ini tidak tersedia dalam jumlah yang banyak.

“Ada sekitar 500 pelatihan untuk setiap tahun. Ini bekerja sama dengan universitas global terkemuka seperti Oxford, Cambridge, Tshinghua dan banyak lainnya, untuk memastikan bahwa pembuat kebijakan digital akan tersedia untuk pemerintah,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pra Penas 2022, Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

Kementan, KTNA bersama stakeholder menggelar Pra Penas 2022 di Maros untuk meningkatkan motivasi petani, nelayan, petani hutan dan masyarakat pelaku agrobisis.

NEWS | 26 Juni 2022

BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang hingga Malam

BMKG memprakirakan cuaca Jabodetabek pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

NEWS | 26 Juni 2022

Sri Lanka Hampir Kehabisan Bensin dan Solar

Sri Lanka hampir kehabisan bensin dan solar setelah beberapa pengiriman yang diperkirakan tertunda tanpa batas waktu.

NEWS | 26 Juni 2022

Mentan Ajak Petani Bersama Antisipasi Krisis Pangan Global

Mentan mengajak semua pihak berkontribusi menjaga ketahanan pangan di tengah krisis pangan global yang melanda dunia.

NEWS | 26 Juni 2022

Dalang Ki Warseno Slank Hadiahi Lagu untuk Megawati

Presiden Kelima yang juga Ketua DPP PDIP Megawati mendapat hadiah lagu gendhing Jawa dalam perayaan Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (25/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Vakum 2 Tahun, PDIP Gelar Wayang “Bima Suci”

PDIP menggelar wayang kulit dengan judul "Bima Suci" yang dibawakan oleh Ki Warseno Slank dalam rangka Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (22/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Wisatawan Naik, Loket Tiket Desa Penglipuran Bali Direnovasi

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dibarengi dengan pembenahan fasilitas dunia pariwisata, termasuk di Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli.

NEWS | 26 Juni 2022

Peresmian JIS di Malam Puncak Jakarta Batal, Mengapa?

Peresmian JIS pada malam puncak HUT ke-495 Kota Jakarta Sabtu malam batal karena sejumlah hal apa, apa ya?

NEWS | 26 Juni 2022

Kabupaten Tangerang Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19

Covid-19 di Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami lonjakan dalam dua pekan terakhir hingga mencapai 249 kasus.

NEWS | 25 Juni 2022

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendorong pelaku kreatif menjadi kunci kebangkitan ekonomi nasional.

NEWS | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepeda Jadi Gaya Hidup, Indonesia Bisa Hasilkan Atlet Dunia

Sepeda Jadi Gaya Hidup, Indonesia Bisa Hasilkan Atlet Dunia

SPORT | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings