Logo BeritaSatu

Satu Pasien Diduga Hepatitis Akut Terinfeksi Covid-19

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril menyatakan satu pasien diduga menderita hepatitis akut misterius positif Covid-19.

"Dari 16 kasus diduga hepatitis akut, ada satu pasien dinyatakan positif Covid-19," kata Syahril dalam konferensi pers Perkembangan Kasus Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia, Selasa (24/5/2022).

Namun, Syahril tidak memerinci satu pasien positif Covid-19 tersebut. Dengan demikian, tidak diketahui usia, asal wilayah, maupun kondisi terkini pasien hepatitis akut yang positif Covid-19.

Selain terdapat pasien diduga hepatitis yang positif Covid-19, Kemenkes pun menerima laporan adanya satu pasien diduga hepatitis akut yang positif terinfeksi virus cytomegalovirus (CMV). Virus ini pun diduga menjadi patogen yang menyebabkan hepatitis secara umum.

Terkait dengan apakah adenovirus teridentifikasi di 16 kasus diduga hepatitis akut, Syahril menegaskan hingga saat ini tidak ada pasien diduga hepatitis akut yang positif adenovirus.

"Sampai saat ini, tidak ditemukan pasien diduga hepatitis akut yang positif adenovirus. Hingga saat ini kasus hepatitis akut di Indonesia masih belum diketahui penyebabnya," ucap dia.

Terdapat enam dugaan penyebab hepatitis akut berdasarkan data UK Health Security Agency pada 19 Mei 2022, yakni adenovirus biasa, adenovirus varian baru, sindrom post-infeksi SARS-CoV-2, paparan obat, lingkungan, atau toksin, patogen baru, kemudian varian baru SARS-CoV-2.

“Ini hipotesis-hipotesis, atau kemungkinan-kemungkinan, atau dugaan-dugaan sebagai penyebab hepatitis akut,” kata Syahril.

Dikatakan, hipotesis tersebut terjadi di Inggris dan Amerika. Terkait kondisi di Indonesia, ia mengatakan tinggal menunggu informasi terbaru hasil penelitian dugaan penyebab hepatitis akut tersebut.

“Nanti kita ikuti saja karena ini baru hipotesis, kita akan mengarah ke enam hipotesis itu yang menjadi dugaan kuat oleh para ahli atau para ilmuwan,” ucapnya.

Situasi nasional hepatitis di Indonesia per tanggal 23 Mei 2022 pukul 16.00 WIB kasus kumulatif dugaan hepatitis akut ada 35 kasus. 19 kasus di antaranya discarded, dan ada 16 kasus probable dan pending classification.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Gejala Hepatitis Akut yang Paling Banyak Ditemukan

Kemenkes menyebutkan demam dan mual menjadi gejala dari penyakit hepatitis akut misterius yang paling banyak ditemukan pada anak di Indonesia.

NEWS | 1 Juli 2022

Bamsoet: Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi misi

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengusulkan MPR mengundang capres yang maju di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Juli 2022

Korut Klaim Benda Asing di Perbatasan Penyebab Wabah Covid-19

Korut mengklaim, wabah Covid-19 pertama di negara itu dimulai dengan pasien yang menyentuh "benda asing" di dekat perbatasan.

NEWS | 1 Juli 2022

Butuh 3 Bulan Ketahui Penyebab Banjir Bandang di Bogor

BPBD Kabupaten Bogor membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan investigasi penyebab banjir bandang dan longsor di Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang

NEWS | 1 Juli 2022

Ini Momen Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dipindahkan ke Mobil

Peti jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dipindahkan menggunakan mobil.

NEWS | 1 Juli 2022

HUT Ke-76 Bhayangkara, 665 Polisi di Papua Naik Pangkat

Sebanyak 665 anggota Polri di Polda Papua dan polres jajarannya menerima kenaikan pangkat di HUT ke-76 Bhayangkara pada hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Kasus Mingguan Covid-19 Melonjak, Satgas: Gunakan Masker!

Satgas Covid-19 mengimbau masyarakat mentaati prokes serta memakai masker usai Indonesia jadi negara dengan kasus mingguan Covid-19 tertinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Tol Puncak, Pemkab Bogor Tunggu Tugas dari Kementerian PUPR

Hingga saat ini Pemkab Bogor masih menunggu pembagian peran dan tugas dari Kementerian PUPR terkait rencana pembangunan Tol Puncak

NEWS | 1 Juli 2022

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Bekasi Tembus 100 Orang Per Hari

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bekasi kembali naik hingga menembus angka 100 orang per hari dalam dua pekan terakhir ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Presiden Jokowi Bertemu Presiden UEA di Istana Al Shatie

Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shatie, Abu Dhabi.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kematian Covid-19 Tertinggi di 10 Provinsi pada 1 Juli 2022

Kematian Covid-19 Tertinggi di 10 Provinsi pada 1 Juli 2022

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings