Logo BeritaSatu

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Rabu, 25 Mei 2022 | 06:31 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Talaud, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tak hanya menjadi upaya meningkatkan pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum, tetapi juga mengatasi keterisolasian wilayah perbatasan. Hal itu disampaikan Tito Karnavan setelah melakukan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022).

“Ini (Gerbangdutas) tujuannya memperkuat pertahanan dan memperkuat pembangunan. Ini (Kabupaten Kepulauan Talaud) merupakan daerah yang rentan aktivitas lintas negara karena berbatasan dengan negara lain (Filipina). Makanya, kami harus memperkuat pembangunan di sini,” kata Mendagri selaku Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dalam keterangannya, Selasa (25/5/2022).

Pencanganan ditandai dengan pemukulan Tetenkoren secara bersama-sama oleh Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Bupati Kepulauan Talaud Elly E. Lasut dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) KH Noor Achmad, sebagai simbol kearifan lokal masyarakat perbatasan negara.

Pemerintah tahun ini mempersiapkan anggaran sebesar Rp 10,5 triliun untuk pembangunan kawasan perbatasan negara. Mendagri Tito dalam pernyataannya menegaskan Gerbangdutas merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

Menurut Mendagri Tito, pembangunan di wilayah perbatasan ini tentunya berdampak terhadap aspek pertahanan dan pengetatan hukum di perbatasan Indonesia. Gerbangdutas menjadi komitmen Pemerintah untuk menjalankan pembangunan di semua perbatasan Indonesia.

Tito menekankan, dirinya bersama Menko Polhukam, mewakili negara telah hadir di beberapa Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia sebagai bentuk komitmen untuk membangun kawasan perbatasan dan mengawal kedaulatan NKRI.

"Tahun lalu, kami fokus di Pulau Laut dan Pulau Sekatung Natuna, sekarang di Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, dan berikutnya di Papua,” urainya.

Pencanganan Gerbangdutas di Kabupaten Kepulauan Talaud dilangsungkan di Pulau Melonguane dan Miangas. Selepas acara Pencanganan Gerbangdutas, BNPP bersama beberapa stakeholder pengelola perbatasan melakukan rapat koordinasi terkait pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana serta pengembangan potensi ekonomi Pulau-Pulah Kecil Terluar (PPKT).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno kan menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 orang di Odesa

Serangan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp liburan di dekat pelabuhan Odesa, menewaskan sedikitnya 18 orang.

NEWS | 1 Juli 2022

Pasca-Insiden KM Tiana, Hipmi Mabar Pastikan Labuan Bajo Aman untuk Berwisata

Hipmi Mabarmengatakan insiden tenggelamnya KM Tiani adalah musibah yang tidak bisa diprediksi dan menyatakan Labuan Bajo tetap aman untuk berwisata.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenderal Listyo Ungkap Peran Tjahjo Kumolo dalam Reformasi Polri

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkap peran Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo dalam reformasi Polri. Tjahjo Kumolo diketahui meninggal dunia ada hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Jokowi Ucapkan Duka Cita

Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Mahfud MD: Saya Bersaksi Tjahjo Kumolo Orang yang Baik

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa Tjahjo Kumolo sebagai sosok orang yang baik semasa hidupnya.

NEWS | 1 Juli 2022

Dokter Spesialis Paru-Paru: Tjahjo Kumolo Alami Komplikasi

Tjahjo Kumolo mengalami infeksi yang kemudian menyebar ke paru-paru yang terjadi karena adanya komplikasi dengan penyakit lain.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi dan Presiden MBZ Saksikan Pertukaran Dokumen IUAE-CEPA

Jokowi dan Presiden MBZ Saksikan Pertukaran Dokumen IUAE-CEPA

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings