Logo BeritaSatu

Pengusaha Jamu Perlu Segera Daftarkan Merek Gabungan

Rabu, 25 Mei 2022 | 15:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Pengusaha Jamu Indonesia (GP Jamu) perlu segera mendaftarkan merek gabungan di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI). GP Jamu menemukan adanya 126 merek produk jamu anggotanya yang tidak dapat didaftarkan karena telah didaftarkan terlebih dulu oleh oknum.

“Kami selalu menyerukan kepada anggota kami untuk segera mendaftarkan merek jamu sesegera mungkin,” kata Dwi Ranny Pertiwi Zarman, Ketua GP Jamu, dalam acara webinar tentang perlindungan merek dan rahasia dagang untuk produk jamu di pasar nasional dan internasional pada Selasa (24/5/2022).

Akibat keterlambatan mendaftarkan merek jamu tersebut, para pengusaha jamu terkait mengalami kerugian material dan non-material. Mereka tidak dapat menggunakan merek jamu mereka yang sudah dikenal masyarakat meskipun produk jamu tersebut sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala Seksi/Subkoordinator Pertimbangan Hukum dan Litigasi DJKI Achmad Iqbal Taufik menjelaskan bahwa pedaftaran merek dilakukan melalui sistem first to file atau siapa uang lebih dulu mendaftar atau memperoleh sertifikat merek maka dialah yang berhak atas merek tersebut,

Namun, jika merek jamu yang dimiliki oleh pengusaha jamu sudah lebih dahulu didaftarkan oleh oknum, ada beberapa upaya hukum yang bisa dilakukan.

“Bisa dilaporkan ke pihak berwajib atau mengajukan gugatan pembatalan atau bahkan gugatan ganti rugi ke pengadilan niaga,” kata Achmad.

Partner SIP R, kantor konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari SIP Law Firm, Rakhmita Desmayanti menyarankan agar pengusaha jamu segera membuat budget khusus untuk pendaftaran dan perpanjangan merek jamu mereka baik di dalam dan di luar negeri yang akan menjadi target ekspor jamu.

“Budgetkan untuk pendaftaran dan perpanjangan merek karena itu adalah pelindung identitas jamu kita, lebih baik antisipasi sebelum ada pengekor yang bukan pemilik hak jamu mendaftarkan merek jamu kita meskipun saat ini mungkin kita belum membayangkan produk jamu kita akan menjadi terkenal,” ujarnya.

Victor S. Ringo-ringo, Sekretaris GP Jamu Bidang Penelitian, Pendidikan dan Saintifikasi Jamu, menyampaikan pengalamannya bahwa pendaftaran merek jamu di luar negeri yang diajukan tidak selalu disetujui secara otomatis karena pendaftaran merek di seluruh dunia umumnya menggunakan sistem first to file.

“Memang selalu ada risiko tersebut, tetapi jika ingin sukses secara global, tentu kita harus melakukan investasi dengan melakukan trademark registration di dalam negeri dan di negara-negara tujuan ekspor kita sesegera mungkin,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini  berjumlah 110 orang.

NEWS | 26 Juni 2022

M Qodari Peringatkan Bahaya Politik Identitas di Pilpres

M Qodari memperingatkan ancaman bahaya politik identitas dan polarisasi pada Pilpres 2024 mendatang. 

NEWS | 26 Juni 2022

Sandiaga Yakin Desa Wisata Buluh Duri Bisa Dongkrak Perekonomian Rakyat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis berbagai potensi wisata Desa Buluh Duri di Sumut dapat mendorong perkembangan desa wisata.

NEWS | 26 Juni 2022

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

Cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022

Hasto: Lakon “Bima Suci” Teguhkan Komitmen PDIP Menyatu dengan Rakyat

Hasto menegaskan kisah lakon "Bima Suci" meneguhkan Komitmen PDIP untuk terus memperkuat persatuan dan lebih menyatu dengan rakyat.

NEWS | 26 Juni 2022

Pra Penas 2022, Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

Kementan, KTNA bersama stakeholder menggelar Pra Penas 2022 di Maros untuk meningkatkan motivasi petani, nelayan, petani hutan dan masyarakat pelaku agrobisis.

NEWS | 26 Juni 2022

BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang hingga Malam

BMKG memprakirakan cuaca Jabodetabek pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

NEWS | 26 Juni 2022

Sri Lanka Hampir Kehabisan Bensin dan Solar

Sri Lanka hampir kehabisan bensin dan solar setelah beberapa pengiriman yang diperkirakan tertunda tanpa batas waktu.

NEWS | 26 Juni 2022

Mentan Ajak Petani Bersama Antisipasi Krisis Pangan Global

Mentan mengajak semua pihak berkontribusi menjaga ketahanan pangan di tengah krisis pangan global yang melanda dunia.

NEWS | 26 Juni 2022

Dalang Ki Warseno Slank Hadiahi Lagu untuk Megawati

Presiden Kelima yang juga Ketua DPP PDIP Megawati mendapat hadiah lagu gendhing Jawa dalam perayaan Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (25/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

NEWS | 23 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings