Logo BeritaSatu

Untuk Ke-11 Kalinya, Pemprov Jateng Terima WTP dari BPK

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:19 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Ganjar Pranowo menerima opini dari Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Provinsi Jawa Tengah dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ini merupakan opini WTP ke-11 yang diterima Jawa Tengah dalam kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Opini WTP ke-11 itu disampaikan langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan Jateng, Ayub Amali dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di rapat paripurna bersama DPRD Jateng, Rabu (25/5/2022).

Ayub menjelaskan, pemeriksaan dilakukan pada dua jenis yakni laporan keuangan dan kinerja. Dari pemeriksaan itu, BPK menilai efektifitas aplikasi samsat online dan kepenatausahaan aset. Kemudian, pada 2021 SiLPA Rp 1,43 triliun ada kenaikan 66 persen dibanding SiLPA 2020.

“Dari sejumlah pemeriksaan itu, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2021,” kata Ayub.

Ayub mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut. Diharapkan, ke depan laporan keuangan dan kinerja semakin lebih baik lagi.

“Kami berharap hasil laporan itu semakin memberikan semangat agar pemprov semakin akuntabel dalam pelaksanaan laporan keuangannya,” katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, capaian tersebut tak lepas dari peran seluruh stakeholder di Jawa Tengah termasuk DPRD. Ganjar menegaskan, penghargaan tersebut tidak membuatnya merasa puas.

“Bukan berarti kita asyik-asyik saja, asoy-asoy saja tidak, ada beberapa catatan tadi yang diberikan pada kita bagaimana pengelolaan aset kita,” kata Ganjar.

Pengelolaan aset yang dimaksud antara lain terkait infrastruktur. Ganjar mengatakan, catatan yang diterimanya berkaitan dengan pensertifikatan. Sehingga pihaknya akan menggandeng BPN untuk memperbaiki kinerja.

Improvement-nya adalah memperbaiki sistem, semua harus berbasis data. Maka datanya meati clear and clean dulu, baru kemudian treatment yang ada,” ujarnya.

Dengan evaluasi tersebut, harapannya anggaran yang belum maksimal dapat dialokasikan untuk mendorong upaya penanggulangan kemiskinan. Catatan dari BPK, kata Ganjar, menjadi koreksi untuk Pemprov Jateng.

“Bantuan dari kawan DPRD menurut saya penting untuk pemerintah karena kontrol tahap pertahap, waktu perwaktu setiap kali mereka reses, mungkin menjadi catatan agar kita tidak offside,” kata Ganjar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kang Emil Doakan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Diberikan Ketabahan

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau disapa Kang Emil mendoakan agar keluarga korban tragedi Kanjuruhan diberikan ketabahan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Politikus PDIP Minta Tragedi Kanjuruhan Diselidiki secara Serius

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Pareira meminta agar tragedi Kanjuruhan diselidiki secara serius.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sempat Turun, Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Kembali Naik

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi kembali meningkat setelah sempat turun karena kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Calon Pemimpin Papua ke Depan Dinilai Perlu Skrining Ketat

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay mendorong agar rekrutmen para pemimpin Papua ke depan perlu melalui skrining ketat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ketum Muhammadiyah Nilai Tragedi Kanjuruhan Koyak Muruah Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai tragedi Kanjuruhan, telah mengoyak muruah bangsa.

NEWS | 2 Oktober 2022

Respons Anies Disebut Bakal Diusung Nasdem sebagai Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bungkam soal wacana bakal diusung sebagai capres Partai Nasdem di Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Mahfud MD: Jaksa Perkara Ferdy Sambo Dikarantina agar Tidak Diteror

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan para jaksa yang menangani perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan dalam kasus Brigadir J dikarantina agar tidak diteror.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan pernyataan resmi merespons tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua: Lukas Enembe Harus Dijemput Paksa jika Mangkir Lagi

Ketua Generasi Garuda Sakti Indonesia Provinsi Papua, Apbsalom Yarisetouw menegaskan Gubernur Papua Lukas Enembe harus dijemput paksa jika mangkir lagi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Giring Ganesha: Semoga Menjadi yang Terakhir

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ratusan orang dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kang Emil Doakan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Diberikan Ketabahan

Kang Emil Doakan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Diberikan Ketabahan

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings