Logo BeritaSatu

Ini Cara Mantan Wapres Jusuf Kalla Rayakan HUT ke-80

Rabu, 25 Mei 2022 | 23:35 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Wapres Jusuf Kalla merayakan hari ulang tahun ke-80 dengan meluncurkan buku tentang dirinya, yang bertajuk “Jusuf Kalla Di Balik Beragam Isu”. Setelah 2 tahun tidak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) karena adanya pandemi Covid-19, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar perayaan HUT ke-80 di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan hari ini, Rabu (25/5/2022). Dalam HUT tahun ini, JK juga meluncurkan buku tentang dirinya, yang bertajuk “Jusuf Kalla Di Balik Beragam Isu”.

Perayaan HUT ke-80 JK dihadiri beberapa tokoh elite politik dan sejumlah menteri seperti Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil. Terlihat juga dihadiri oleh para pemimpin media di Tanah Air dan Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Advertisement

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dari putra pertama JK, Solihin Kalla yang mengatakan perayaan HUT ayahnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini dilakukan peluncuran buku.

“Buku ini menceritakan sebagian perjalanan Jusuf Kalla, baik di pemerintahan, sebagai tokoh perdamaian, pengusaha dan kepala keluarga. Banyak yang harus disyukuri dan dipelajari dari perjalanan hidup beliau. Doakan bapak, supaya dapat terus berkarya untuk bangsa dan negara,” kata Solihin Kalla.

Setelah jamuan makan malam, dilakukan peluncuran buku tersebut yang dipimpin oleh presenter berita kondang Rosianna Silalahi. Dalam acara peluncuran buku, Rosianna mengundang tiga tokoh untuk memberikan tanggapan, baik mengenai isi buku tersebut maupun sosok JK di mata mereka.

Salah satunya adalah penulis buku yang juga merupakan sahabat JK, yaitu Hamid Awaludin. Ia pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia pada April 2008 dan juga pernah menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Indonesia Bersatu dari 2004-2007.

Saat menulis buku ini, Hamid melihat sosok kehidupan JK yang simetris dan transparan. JK dinilai mampu memberikan penjelasan atau alasan dengan simple, konkret dan logis. Dicontohkannya, saat pembahasan RUU Kepalangmerahan yang selama 10 tahun tidak dibahas.

“Ada fraksi yang menolak karena tanda tambah seperti tanda salib. Fraksi tersebut berusaha mengganti lambang palang merah dengan bulan sabit karena simbol Islam. Lagi-lagi Pak JK menerangkan bahwa tanda tambah itu simetris, sedangkan salib lebih panjang, jadi tidak sama. Sedangkan bulan sabit tidak autentik dengan Islam, buktinya Singapura ada bulan sabit di benderanya, dan bukan negara Islam. Itulah Pak JK yang sekali lagi selalu memberikan penjelasan yang simpel, konkret dan logis,” terang Hamid Awaludin.

Selain itu, Hamid melihat sosok JK adalah humoris dan jenaka. Karena itu ia berharap buku tentang JK ini akan menjadi salah satu penyangga peradaban tentang kebenaran. “Karena tumpukan buku adalah penyangga peradaban tentang kebenaran,” ujar Hamid Awaludin.

Ini Cara Mantan Wapres Jusuf Kalla Rayakan HUT ke-80
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat menggelar perayaan HUT ke-80 di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu 25 Mei 2022. Dalam HUT tahun ini, JK juga meluncurkan buku tentang dirinya, yang bertajuk “Jusuf Kalla Di Balik Beragam Isu”

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra melihat JK sebagai sosok yang ringan tangan untuk membantu masyarakat lapisan bawah hingga lapisan atas. “Sejak mahasiswa saya mengenal Pak JK. Orangnya pemurah. Kalau soal bantuan, Pak JK empatinya sangat kuat dari dulu, dari mulai lapisan bawah sampai lapisan atas,” ungkap Azyumardi Azra.

Sedangkan Dirut Kompas TV Rikard Bangun menceritakan kedekatan JK dengan pendiri surat kabar Kompas almarhum Jakob Oetama. Meski memiliki latar belakang yang berbeda, namun keduanya dapat bersatu dalam sebuah persahabatan yang kuat.

“Pak Jakob Oetama dan Pak JK bersahabat.mereka adalah contoh bahwa berbeda tetapi disatukan oleh semangat yang luar biasa. Yang mempersatukan mereka sebetulnya adalah jalan keIndonesiaan. Sampai Pak JK mengantarkan Pak Jakob Oetama ke liang kubur. Yang selalu dibicarakan mereka adalah tentang Indonesia,” ungkap Rikard Bangun.

Dari pengalamannya, Rikard menilai JK adalah sosok pemimpin yang selalu mencari solusi, bukan berdasarkan spekulasi, tetapi kalkulasi. JK juga pribadi pemikir yang praktikal dan kritikal, karena itu selalu ada solusi dalam setiap masalah yang dihadapi.

Kemudian Rosianna menanyakan kepada Hamid Awaludin, perbedaan cara bekerja JK saat menjadi Wakil Presiden era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi).

“Waktu Pak JK bekerja dengan Pak SBY, Pak JK terlihat energic. Sedangkan sewaktu Pak JK bersama Pak Jokowi, energinya dikurangi tetapi kearifannya ditambah,” papar Hamid Awaludin.

Setelah pembahasan tentang buku selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan para cucu JK, mulai ada yang menyanyikan dua buah lagu hingga membaca puisi untuk sang kakek yang dipanggil “papa” oleh para cucu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rusia Tuding NATO Tingkatkan Risiko Konflik Nuklir

Rusia menuding NATO telah meningkatkan risiko konflik nuklir. Penyebaran senjata nuklir oleh blok pimpinan Amerika Serikat (AS) harus diakhiri

NEWS | 11 Agustus 2022

Sidang Penganiayaaan, Irjen Napoleon Dituntut 1 Tahun

Irjen Napoleon Bonaparte dituntut satu tahun dalam kasus dugaan kekerasan terhadap Youtuber M Kace.

NEWS | 11 Agustus 2022

Komnas HAM Urung Periksa Irjen Ferdy Sambo Hari Ini

Komnas HAM urung memeriksa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 11 Agustus 2022

Sejuta Anak di London Dapat Tawaran Vaksin Booster Polio

Anak-anak yang tinggal di London, Inggris mendapat tawaran dosis tambahan vaksin polio.

NEWS | 11 Agustus 2022

Komnas HAM Belum Bisa Pastikan Pemeriksaan Ferdy Sambo

Komnas HAM hingga hari ini belum mendapatkan kepastian dari pihak kepolisian terkait jadwal pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo terkait peristiwa kematian Brigadir J.

NEWS | 11 Agustus 2022

DPR Sindir Mahfud soal Kasus Brigadir J: Menteri Koordinator, Bukan Komentator

Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto menyindir Menko Polhukam, Mahfud MD soal kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 11 Agustus 2022

FDA AS Temukan Kemungkinan Karsinogen di Obat Diabetes Merck

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA AS) menemukan kemungkinan karsinogen di obat diabetes Januvia dan Janumet, buatan Merck. 

NEWS | 11 Agustus 2022

Hari Ini Timsus Periksa Ferdy Sambo Sebagai Tersangka

Timsus Polri melakukan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Kamis (11/8/2022)

NEWS | 11 Agustus 2022

Komnas HAM Masih Tunggu Timsus untuk Periksa Ferdy Sambo

Komnas HAM masih menunggu informasi lebih lanjut dari Timsus Polri untuk memeriksa Irjen Ferdy Sambo hari ini, Kamis (11/8/2022).

NEWS | 11 Agustus 2022

Peruri Minta Masyarakat Waspadai Meterai Elektronik Palsu

Peruri meminta agar masyarakat diminta untuk berhati-hati dan mewaspadai meterai elektronik palsu.

NEWS | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Subsidi Energi Besar, Dibutuhkan Satgas Terpadu Nasional

Subsidi Energi Besar, Dibutuhkan Satgas Terpadu Nasional

EKONOMI | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings