Logo BeritaSatu

Peringatan Puan soal Pencabutan PPKM Dinilai Penting

Rabu, 25 Mei 2022 | 23:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah menyiapkan strategi matang sebelum menerapkan pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Peringatan Puan dinilai penting agar pemerintah tak lengah meski kondisi pandemi Covid-19 sudah membaik.

“Usulan Puan agar pemerintah lebih mempersiapkan strategi yang matang sebelum mencabut kebijakan PPKM saya maknai sebagai solusi yang ditawarkan DPR agar pemerintah tidak kecolongan dan menyebabkan Covid-19 kembali merebak,” ujar pengamat komunikasi Universitas Indonesia, Ari Junaedi kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Menurut Ari, imbauan yang diserukan Puan kepada pemerintah dalam mempersiapkan Indonesia menuju endemi Covid-19 sudah tepat. Ari menilai, Puan bermaksud agar pemerintah dan masyarakat lebih waspada untuk menghindari potensi peningkatan kasus Covid-19. “Apa yang disampaikan Puan sudah tepat supaya tidak terjadi lagi lonjakan kasus, sehingga kehidupan di masyarakat berjalan normal kembali,” tuturnya.

“Sebagai ketua DPR dan anggota dewan, Puan telah menjalankan fungsinya yang paham dengan kondisi di lapangan. Karena harus diakui yang terjadi di masyarakat kita saat ini adalah euforia yang berlebihan usai mengalami dua tahun masa pandemi,” imbuh Ari.

Menurut penasihat komunikasi di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini, pernyataan Puan tersebut pastinya telah didasari fakta dan data yang ada. Termasuk, kata Ari, kelengahan negara-negara jiran di mana relaksasi protokol kesehatan berdampak kembali kepada peningkatan angka positif kasus Covid-19.

“Saya menganggap permintaan Puan kepada pemerintah sungguh cukup cerdas mengingat hingga sekarang pemerintah baru sebatas mengeluarkan imbauan untuk tetap memakai masker di tempat-tempat tertutup dan hanya memperbolehkan lepas masker di tempat terbuka,” ujarnya.

Ari menyebut seharusnya imbauan Puan dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang mendalam oleh pemerintah dalam menentukan kebijakan terkait pelonggaran aturan Covid-19.

“Peringatan dari Puan bisa jadi rujukan agar pemerintah membuat petunjuk teknis turunan agar masyarakat punya pegangan yang pasti saat PPKM dicabut,” ungkap Ari.

Sebelumnya, Puan meminta Pemerintah menyiapkan strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM. Hal tersebut bertujuan agar pencabutan PPKM tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat.

“Kita semua harus bisa memahami bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tengah kita. Harus ada antisipasi yang dilakukan supaya masyarakat tetap aware terhadap virus ini manakala kebijakan PPKM dicabut,” kata Puan kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

“Temukan formula yang tepat sehingga saat PPKM nantinya dicabut, masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap hati-hati dan waspada menjalankan aktivitas mereka sehari-hari,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno kan menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 orang di Odesa

Serangan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp liburan di dekat pelabuhan Odesa, menewaskan sedikitnya 18 orang.

NEWS | 1 Juli 2022

Pasca-Insiden KM Tiana, Hipmi Mabar Pastikan Labuan Bajo Aman untuk Berwisata

Hipmi Mabarmengatakan insiden tenggelamnya KM Tiani adalah musibah yang tidak bisa diprediksi dan menyatakan Labuan Bajo tetap aman untuk berwisata.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenderal Listyo Ungkap Peran Tjahjo Kumolo dalam Reformasi Polri

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkap peran Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo dalam reformasi Polri. Tjahjo Kumolo diketahui meninggal dunia ada hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Jokowi Ucapkan Duka Cita

Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemerintah Siapkan Skema Normal Program Kartu Prakerja

Pemerintah Siapkan Skema Normal Program Kartu Prakerja

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings