Logo BeritaSatu

Mulai 28 Mei Tak Ada KRL Langsung Bogor ke Tanah Abang

Kamis, 26 Mei 2022 | 01:47 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Para penumpang kereta rel listrik (KRL) dari arah Bogor tidak bisa lagi menikmati kereta yang langsung mengantarkan mereka ke Stasiun Sudirman maupun Tanah Abang, Jakarta. Pasalnya, sejak 28 Mei 2022 mendatang PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengubah rute perjalanan KRL.

Salah satu perubahan adalah penghapusan rute KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara atau biasa disebut Lin Lingkar atau loop line. Alhasil, hanya akan ada rute Bogor-Stasiun Jakarta Kota.

Selama ini jalur Lin Lingkar melayani perjalanan dari Bogor melintasi Manggarai, Sudirman, Karet, Tanah Abang, Duri, Angke, Kampung Bandan hingga Jatinegara.

Mulai 28 Mei Tak Ada KRL Langsung Bogor ke Tanah Abang
Rute baru KRL Jabodetabek, berlaku sejak 28 Mei 2022.

Penumpang dari Bogor atau Depok, bahkan juga Stasiun Nambo, bisa menuju kawasan Sudirman atau yang dikenal dengan Stasiun Dukuh Atas maupun ke Tanah Abang tanpa harus berganti kereta. Demikian juga bila ingin ke stasiun-stasiun berikutnya seperti Angke atau Kampung Bandan.

Kereta jalur ini biasanya dipenuhi oleh penumpang yang bekerja di kawasan sepanjang Thamrin-Sudirman atau Setiabudi serta warga yang punya usaha dan ingin berbelanja di kawasan Tanah Abang.

Dalam peta perjalanan KRL Commuter Line, rute dengan relasi terpanjang, yaitu sekitar 70 km ini digambarkan dengan garis warna kuning.

Lin Lingkar Bogor-Jatinegara juga merupakan rute terlama kedua setelah rute Tanah Abang-Rangkasbitung (garis hijau atau Green Line).

Bukan hanya itu. Rute relasi Bogor-Jatinegara ini memiliki tingkat volume penumpang terbanyak kedua setelah rute relasi Bogor-Jakarta Kota (garis merah atau Red Line).

Lin Lingkar ini akan dinonaktifkan mulai 28 Mei 2022 seiring dengan adanya perbaikan Stasiun Manggarai.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Rode Paulus, pemberlakuan pola operasi baru KRL Commuter Line akan dilakukan setelah kegiatan pengondisian dengan switch over (SO) ke-5 selesai dilaksanakan pada 28 Mei 2022.

Karena sudah tidak ada lagi rute langsung Bogor-Jatinegara maka para penglaju dari Bogor, Citayam, Depok, atau Nambo harus rela berganti kereta di Stasiun Manggarai terlebih dahulu bila ingin ke Dukuh Atas, Tanah Abang, atau Jatinegara.

Para penumpang ini harus turun kereta dan beralih naik kereta dari Cikarang (Bekasi) yang melayani arah ke Jatinegara.

Mulai 28 Mei Tak Ada KRL Langsung Bogor ke Tanah Abang
Ilustrasi penumpang KRL.

Seiring dengan penghapusan rute Lin Lingkar Bogor-Jatinegara, perubahan rute lainnya adalah Lin Cikarang yang akan berganti nama menjadi Lin Lingkar Cikarang.

Rute ini sebelumnya melayani rute Cikarang (Bekasi) denga tujuan Jakarta Kota, atau sebaliknya. Sejak 28 Mei 2022 mendatang rutenya tidak lagi ke Jakarta Kota melainkan melayani melingkari Pasar Senen, Kampung Bandan, Angke, Tanah Abang dan Manggarai, seperti rute yang sebelumnya dilayani kereta Lin Lingkar Bogor-Jatinegara.

Dengan demikian, penumpang dari arah Bekasi yang ingin ke Stasiun Kota, atau stasiun-stasiun seperti Cikini, Gondangdia, Juanda, Sawah Besar atau Manggadua harus turun di Stasiun Manggarai guna berganti kereta jurusan Jakarta.

Sebaliknya para penumpang kereta dari Bekasi tak perlu lagi transit di Manggarai bila mereka ingin ke Sudirman, Tanah Abang, Duri dan seterusnya sampai Jatinegara karena sudah ada kereta yang langsung melayaninya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno kan menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 orang di Odesa

Serangan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp liburan di dekat pelabuhan Odesa, menewaskan sedikitnya 18 orang.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings