Logo BeritaSatu

Spanyol Kucurkan Rp 191 Triliun untuk Industri Microchip

Kamis, 26 Mei 2022 | 07:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Pemerintah Spanyol telah menyetujui rencana untuk membelanjakan 12,25 miliar euro (Rp 191 triliun) untuk industri semikonduktor dan microchip pada tahun 2027. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (24/5/2022), Menteri Ekonomi Nadia Calvino mengatakan anggaran itu termasuk 9,3 miliar euro (Rp 145 triliun) untuk mendanai pembangunan pabrik.

Program yang sebagian besar terdiri dari dana bantuan pandemi Uni Eropa diarahkan ke ekonomi digital dan permintaan yang diciptakan oleh kekurangan chip. Awalnya ditetapkan pada 11 miliar euro (Rp 171 triliun) ketika diumumkan oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez bulan lalu.

"Tujuannya adalah untuk secara komprehensif mengembangkan desain dan kapasitas produksi mikroelektronika Spanyol dan industri semi-konduktor, yang mencakup seluruh rantai nilai mulai dari desain hingga manufaktur chip," kata Menteri Ekonomi Calvino dalam konferensi pers setelah rapat kabinet mingguan.

Lonjakan permintaan yang tak terduga di tengah pandemi dan masalah rantai pasokan telah menciptakan kekurangan microchip di seluruh dunia. Kondisi itu memaksa beragam produsen global untuk memperlambat produksi tahun lalu, termasuk di Spanyol di mana pembuat mobil Volkswagen dan Renault sebagian menganggur jalur perakitan.

“Rencana tersebut akan membiayai kapasitas produksi semikonduktor domestik dalam manufaktur semikonduktor terdepan (di bawah 5 nanometer) dan menengah (di atas 5 nanometer) dengan investasi 9,3 miliar euro,” kata pemerintah.

Anggaran Spanyol akan mendanai penelitian dan pengembangan dengan subsidi 1,1 miliar euro (Rp 17 triliun) dan 1,3 miliar euro (Rp 20 triliun) akan dialokasikan untuk desain chip.

Anggaran juga akan mendukung perusahaan Spanyol dalam proyek strategis yang dikembangkan di tingkat Eropa dan akan menciptakan 200 juta Chip Fund untuk membiayai start-up dan peningkatan di sektor semikonduktor Spanyol.

Menurut Calvino, kurangnya dukungan, komitmen, visi atau bahkan strategi yang koheren adalah beberapa alasan mengapa industri chip tidak ada di Spanyol sejauh ini.

"Kami ingin Spanyol memainkan peran yang relevan di bidang teknologi ini, peran yang layak, dan dana Eropa menawarkan peluang luar biasa," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022

Update Covid-19: Kasus Konfirmasi Positif Jumat, 2.049

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Jumat (1/7/2022), melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19, 2.049.

NEWS | 1 Juli 2022

Peti Jenazah Tjahjo Kumolo Dibalut Bendera Merah Putih

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif di RS Abdi Waluyo. Peti jenazah Tjahjo Kumolo dibalut oleh bendera merah putih.

NEWS | 1 Juli 2022

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno kan menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 orang di Odesa

Serangan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp liburan di dekat pelabuhan Odesa, menewaskan sedikitnya 18 orang.

NEWS | 1 Juli 2022

Pasca-Insiden KM Tiana, Hipmi Mabar Pastikan Labuan Bajo Aman untuk Berwisata

Hipmi Mabarmengatakan insiden tenggelamnya KM Tiani adalah musibah yang tidak bisa diprediksi dan menyatakan Labuan Bajo tetap aman untuk berwisata.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenderal Listyo Ungkap Peran Tjahjo Kumolo dalam Reformasi Polri

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkap peran Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo dalam reformasi Polri. Tjahjo Kumolo diketahui meninggal dunia ada hari ini.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Jokowi Ucapkan Duka Cita

Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings