Logo BeritaSatu

Duterte Bersumpah Lanjutkan Perang Narkoba setelah Lengser

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Manila, Beritasatu.com- Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersumpah akan melanjutkan “perang melawan narkoba” bahkan setelah masa jabatannya berakhir bulan depan. Seperti dilaporkan Arab News, Selasa (24/5/2022), masa jabatan Rodrigo Duterte akan berakhir pada 30 Juni mendatang.

Filipina mendapat tekanan dari PBB untuk menyelidiki tuduhan pembunuhan sistematis terhadap tersangka narkoba di bawah kampanye anti-narkoba, yang dipimpin Duterte sejak mengambil alih kekuasaan pada 2016.

Advertisement

Menurut data resmi, perang Duterte melawan narkoba telah menyebabkan kematian lebih dari 6.000 orang Filipina, tetapi Mahkamah Kriminal Internasional memperkirakan jumlah korban tewas bisa mencapai 30.000.

Jaksa pengadilan meluncurkan penyelidikan terhadap kampanye anti-narkoba pada bulan September tahun lalu, dengan mengatakan itu tampaknya merupakan "serangan yang meluas dan sistematis terhadap penduduk sipil" dan dapat dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Penyelidikan itu ditangguhkan dua bulan kemudian untuk menilai permintaan penangguhan dari pemerintah Filipina dan tidak dilanjutkan lagi sejak itu.

Ketika masa jabatan enam tahun Duterte berakhir pada 30 Juni, dia mengatakan dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan anggota Kabinet bahwa narkoba akan membuat masyarakat Filipina “disfungsional.”

“Kita dapat melanjutkan pertarungan ini bahkan jika saya sudah menjadi warga sipil,” katanya, seraya menambahkan lebih suka melihat bandar narkoba dan pengedar narkoba “mati daripada hidup.”

“Jika Anda menghancurkan negara saya, seolah-olah Anda mengakhiri hidup kami. Jadi, aku ingin para bandar narkoba tahu bahwa aku akan selamanya menjadi musuhmu,” seru Duterte.

Begitu meninggalkan kantor, Duterte tidak akan memiliki kekuatan resmi untuk melanjutkan perangnya melawan narkoba.

“Dia tidak bisa melakukan itu dalam kapasitas resminya lagi. Tapi, tentu saja, Anda dan saya tahu bahwa dia masih berkuasa melalui proxy,” kata presiden Persatuan Nasional Pengacara Rakyat Edre Olalia kepada Arab News.

Putri Duterte, Sara Duterte-Carpio, adalah pelarian pasangan Ferdinand Marcos, yang mencetak kemenangan telak dalam pemilihan presiden bulan ini dan akan dilantik pada 30 Juni.

Selama kampanye kepresidenan, Marcos bersumpah untuk melanjutkan kebijakan Duterte, meskipun dia mengatakan kepada media bahwa dia juga akan fokus pada pendidikan dan rehabilitasi dalam menangani masalah narkoba di negara itu.

Bagi Olalia, fakta bahwa masalah narkoba masih ada membuktikan bahwa pendekatan Duterte tidak membantu mengatasinya.

“Kalau tidak, kami akan memetik buah dari pendekatan seperti itu, jika memang sekarang ada persediaan obat yang lebih rendah di pasar, lebih sedikit pecandu narkoba, dan jika tidak ada lagi bandar narkoba. Itu bukti terbaik bahwa itu benar-benar tidak berfungsi,” ujar Olalia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadi Wasit Lomba, Hasto Singgung Curi Start Pemilu 2024

Hasto Kristiyanto bersama sejumlah elite DPP PDIP mengikuti sejumlah lomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

IPW Minta Polri Segera Periksa Istri Ferdy Sambo

IPW meminta polisi segera memeriksa terhadap Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo

NEWS | 17 Agustus 2022

Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Jelajah dari Kota Onchon

Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah dari kota pantai barat Onchon pada Rabu (17/8/2022), kata sumber militer Korea Selatan.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tim Pancasila Sakti Bertugas di Upacara Penurunan Sang Merah Putih

Tim Pancasila Sakti akan menjalankan tugas pada upacara penurunan bendera negara Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) sore.

NEWS | 17 Agustus 2022

Rangkaian Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Upacara penurunan bendera merah putih digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Perdana, Upacara 17 Agustus Digelar di Titik Nol IKN

Peringatan HUT ke-77 RI digelar di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini merupakan upacara kemerdekaan perdana yang digelar di IKN. 

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

Presiden Jokowi bersama dua cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution menyaksikan kirab budaya saat peringatan HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Partai Prima Harap Keterbukaan Informasi Publik Polri Dievaluasi

Partai Rakyat adil Makmur (Prima) meminta agar keterbukaan informasi publik di lembaga pemerintah, khususnya Polri harus dievaluasi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Menkominfo Tekankan Kedaulatan Digital

Peringatan HUT Ke-77 RI menjadi momentum untuk mengenang perjuangan bangsa dalam menegakkan kedaulatan negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pakai Baju Adat Lampung, John Wempi Wetipo Pimpin Upacara

John Wempi Wetipo mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IPW Minta Polri Segera Periksa Istri Ferdy Sambo

IPW Minta Polri Segera Periksa Istri Ferdy Sambo

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings