Logo BeritaSatu

Megawati Berharap PBB Kuatkan Fungsi BMKG Internasional

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:10 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh negara dunia yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bahu membahu memperkuat mitigasi bencana bagi kepentingan kemanusiaan, di tengah menguatnya ancaman pemanasan global. Diperlukan penguatan fungsi BMKG Internasional.

Megawati juga mengajak agar seluruh warga dunia berefleksi atas kondisi bumi dengan memakai perspektif orang Bali mengenai penderitaan bumi.

"Melalui forum ini pula, saya mendorong pentingnya penggalangan dan kerja sama internasional melalui PBB. Misalnya dengan memperkuat Organisasi Metereologi Dunia (World Metereological Organization - WMO) yang terintegrasi dengan BMKG di semua negara," kata Megawati dalam pidatonya di Pertemuan Global PBB tentang Pengurangan Risiko Bencana ke-7 Tahun 2022.

Megawati menyampaikan sambutannya melalui layanan telekonferensi, Jumat (27/5/2022) sore. Acara itu sendiri dilaksanakan di Bali.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu mengatakan kerja sama tersebut penting bagi peningkatan kapabilitas mitigasi bencana, capacity building manajemen penanggulangan bencana, serta kemampuan dalam memprediksi bencana akibat tsunami, badai siklon, dan bencana iklim lainnya.

“Hal yang tidak kalah mendesak adalah perluasan fungsi BMKG di negara-negara berkembang di dalam prakiraan iklim bagi kepentingan pertanian dan mitigasi bencana,” kata Megawati.

Bagi Indonesia sendiri, kerja sama internasional merupakan bagian kepribadian bangsa. Demikian halnya, tugas Indonesia bagi kepentingan umat manusia sedunia.

“Kami memiliki falsafah Pancasila. Di dalamnya terkandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial. Dengan falsafah ini, bangsa Indonesia telah membuat sejarah dengan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955,” papar Megawati.

“Atas dasar hal tersebut, marilah kita mantapkan solidaritas seluruh bangsa, seluruh negara. Perkuatlah kerja sama seluruh civil society, seluruh perguruan tinggi bagi pengembangan riset dan inovasi untuk kepentingan umat manusia sedunia. Terima kasih atas seluruh kontribusi pemikiran dan tekad memperkuat kerja sama internasional bagi dunia yang damai, lestari, asri, dan teruslah perkuat kesadaran menjaga keseimbangan hidup planet bumi yang kita cintai ini,” tambah Megawati.

Perspektif Bali

Megawati mengatakan bahwa Presiden Jokowi, di dalam pidato pembukaan, telah menyampaikan bahwa bencana alam menjadi keseharian rakyat. Sebab Indonesia berada di kawasan ring of fire.

Indonesia memiliki pengalaman baru, semisal kawasan Kabupaten Flores, menderita akibat badai tropis siklon yang sebelumnya tidak pernah terjadi.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022

Ini Beda Ganja Sebagai Pengobatan Medis dengan Tanaman

Ganja yang digunakan sebagai sarana pengobatan atau ganja medis memiliki perbedaan dengan ganja tanaman.

NEWS | 3 Juli 2022

Politikus PDIP Ungkap Urgensi Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu

Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkap urgensi Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pemilu.

NEWS | 3 Juli 2022

Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Ada 38 rumah yang berada di Kampung Cipatuguran dan Rawakalong, Kecamatan Palabuhanratu terdampak bencana gelombang tinggi tersebut.

NEWS | 3 Juli 2022

IDI Cari Referensi Ilmiah Ganja untuk Pengobatan Medis

IDI tengah mencari referensi ilmiah mengenai penggunaan ganja untuk keperluan pengobatan medis.

NEWS | 3 Juli 2022

Covid-19 Melonjak, Puan Imbau Masyarakat Terapkan Prokes

Ketua DPR Puan Maharani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), khususnya di ruang publik.

NEWS | 3 Juli 2022

CFD Jalan Dhoho Disambut Antusias, Ini Kata Walkot Kediri

Wali Kota Kediri menilai antusiasme masyarakat di CFD Jalan Dhoho menjadi semangat kebangkitan ekonomi di Kota Kediri.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Puncak Ibadah Haji, Anggota DPR: Jaga Stamina

Ace Hasan Syadzily mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan diri dengan menjaga stamina, khususnya jelang puncak ibadah haji.

NEWS | 3 Juli 2022

PLN Gandeng Pemkab Tangerang Kelola Sampah dan Manfaatkan Limbah PLTU

PLN lewat anak usaha Indonesia Power menjalin kerja sama dengan Pemkab Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara milik IP di Tangerang.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Iduladha, Ribuan Sapi di Probolinggo Divaksinasi PMK

Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, ribuan ekor sapi yang sehat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mendapatkan vaksin PMK.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings