Logo BeritaSatu

Pencatatan Nama di E-KTP Harus Sesuai Norma Agama-Kesusilaan

Minggu, 29 Mei 2022 | 10:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pencatatan nama di kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP harus sesuai dengan norma agama, kesopanan, dan kesusilaan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama Pada Dokumen Kependudukan.

Mendagri Tito Karnavian ingin menegaskan mengenai pencatatan nama di dokumen kependudukan harus disesuaikan dengan prinsip 3 norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Advertisement

“Pencatatan nama pada dokumen kependudukan dilakukan sesuai prinsip norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian isi Pasal 2 dalam Permendagri Nomor 73/2022 sebagaimana dikutip Beritasatu.com, Minggu (29/5/2022).

Pada Pasal 3, disebutkan dokumen kependudukan meliputi, biodata penduduk, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), e-KTP, surat keterangan kependudukan dan akta pencatatan sipil.

Kemudian, Pasal 4 ayat (1) mengatur pencatatan nama pada dokumen kependudukan seperti yang diatur dalam Pasal 2, dilakukan oleh Disdukcapil kabupaten/kota, UPT Disdukcapil kabupaten/kota, atau perwakilan Republik Indonesia.

Pada ayat (2) diatur mengenai pencatatan nama pada dokumen kependudukan dengan memenuhi persyaratan, yaitu mudah dibaca, tidak bermakna negatif, dan tidak multitafsir, jumlah huruf paling banyak 60 huruf termasuk spasi, dan jumlah kata paling sedikit 2 kata.

Pada ayat (3), Permendagri tersebut menegaskan apabila penduduk melakukan perubahan nama, maka pencatatan perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri dan persyaratannya diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Dalam hal penduduk melakukan pembetulan nama, pencatatan pembetulan nama termasuk bagian pembetulan Dokumen Kependudukan berdasarkan dokumen otentik yang menjadi dasar untuk pembetulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” isi Pasal 4 ayat (4).

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pencatatan nama adalah penulisan nama penduduk untuk pertama kali pada dokumen kependudukan.

Pencatatan nama pada dokumen kependudukan dilakukan sesuai dengan prinsip tiga norma tersebut, lanjutnya, dimaksudkan untuk memudahkan anak dalam pelayanan publik lainnya.

“Contohnya pendaftaran sekolah, ketika si anak diminta guru menyebutkan namanya, dalam pembuatan ijazah, paspor dan lain sebagainya. Jika ada nama orang hanya satu kata, disarankan, dihimbau untuk minimal dua kata. Namun, jika pemohon bersikeras untuk satu kata, boleh. Hal ini hanya bersifat imbauan dan namanya tetap bisa dituliskan dalam dokumen kependudukan,” terang Zudan Arif Fakrulloh.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Memperingati HUT ke-77 RI, DPP PDIP menggelar doa dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata, Rabu (17/8/2022) petang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Seluruh Guru Madrasah Ditargetkan Terlatih Kurikulum Merdeka

Seluruh guru madrasah ditargetkan untuk mendapatkan pelatihan Kurikulum Merdeka pada tahun 2023 mendatang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Ditemukan Anjing Terinfeksi Cacar Monyet dari Majikannya di Prancis

CDC AS memperbarui pedoman infeksi cacar monyet, setelah jurnal medis The Lancet melaporkan kasus penularannya dari manusia ke anjing di Prancis.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani Tunjukkan Kelas sebagai Tokoh Bangsa

Pengamat menilai pidato Ketua DPR Puan Maharani saat sidang bersama DPD di gedung parlemen menujukkan kelasnya sebagai tokoh bangsa.

NEWS | 17 Agustus 2022

MRT Fase 2 Masuki Pengerjaan Pintu Masuk Stasiun Monas

Proyek MRT Jakarta Fase 2A yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI-Monas mulai memasuki persiapan pekerjaan konstruksi pada pintu masuk Stasiun Monas

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Sahabat Ganjar Ajak Pilih Pemimpin yang Tepat

Sahabat Ganjar menyatakan, HUT Ke-77 RI merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan masyarakat agar memilih pemimpin yang tepat

NEWS | 17 Agustus 2022

Penny Wong: Australia Salah Satu Pendukung Pertama Kemerdekaan Indonesia

Penny Wong menyatakan bahwa Australia merupakan salah satu pendukung pertama kemerdekaan Indonesia.

NEWS | 17 Agustus 2022

604 Napi Lapas Paledang Bogor Terima Remisi HUT Ke-77 RI

Sebanyak 604 napi Lapas Kelas IIA Paledang Bogor menerima remisi HUT Ke-77 RI dan 3 di antaranya bebas

NEWS | 17 Agustus 2022

Meriahkan HUT Ke-77 RI, Ayu Ting Ting Ikut Lomba di Depok

Ayu Ting Ting memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI dengan mengikuti lomba di sekitar rumahnya, kawasan Depok.

NEWS | 17 Agustus 2022

PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Parpol Pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP berpeluang kembali berkoalisi dengan parpol pengusung pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 lalu.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings