Logo BeritaSatu

Bencana Longsor di Brasil Akibatkan 35 Orang Tewas

Minggu, 29 Mei 2022 | 17:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Rio de Janeiro, Beritasatu.com- Bencana longsor yang dipicu hujan deras di Brasil menewaskan 35 orang. Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (28/5/2022), hujan mengguyur dua kota besar di pantai Atlantik dan mengakibat banjir besar keempat di negara Amerika Selatan itu dalam lima bulan.

Di negara bagian Pernambuco, setidaknya 33 orang tewas pada Sabtu sore, saat hujan memicu tanah longsor yang menyapu lingkungan perkotaan di lereng bukit, menurut akun Twitter resmi negara bagian itu.

Menurut pemerintah negara bagian, sejumlah 765 orang lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka, setidaknya untuk sementara. Pihak berwenang di negara bagian tetangga Alagoas telah mencatat dua kasus kematian, menurut layanan darurat federal Brasil.

Pada akhir Desember dan awal Januari, belasan orang tewas dan puluhan ribu mengungsi saat hujan mengguyur negara bagian Bahia, yang juga terletak di timur laut Brasil.

Sedikitnya 18 orang tewas dalam banjir di negara bagian tenggara Sao Paulo pada Januari. Pada bulan Februari, hujan deras di pegunungan negara bagian Rio de Janeiro menewaskan lebih dari 230 orang.

Saat sebagian besar Brasil menghabiskan sebagian besar tahun 2021 dalam kekeringan parah, hujan lebat yang tidak biasa mulai tiba di bulan-bulan terakhir tahun ini.

Banjir yang sering mematikan setelahnya telah memicu perdebatan tentang peran potensial perubahan iklim dalam pola cuaca Brasil yang tidak stabil dan telah memusatkan perhatian pada perencanaan kota yang sering serampangan.

Banyak kematian pada hari Jumat dan Sabtu terjadi di ibu kota negara bagian Pernambuco, Recife. Seperti di banyak daerah perkotaan di Brasil, banyak lingkungan Recife dibangun di lokasi yang rentan terhadap tanah dan tanah longsor.

Menurut media lokal, Presiden Brasil Jair Bolsonaro membentuk satuan tugas federal untuk dikirim ke Pernambuco pada hari Sabtu. Lawan utamanya dalam pemilihan presiden Oktober, sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva, menyesali banjir di Twitter.

Seperti dilaporkan AFP, awal bulan lalu, 14 orang tewas, juga oleh banjir dan tanah longsor di negara bagian Rio de Janeiro. Para korban termasuk seorang ibu dan enam anaknya, yang terkubur ketika tanah longsor menyapu rumah mereka, kata para pejabat.

Para ahli mengatakan hujan musim hujan di Brasil ditambah dengan La Nina - pendinginan siklus Samudra Pasifik - dan oleh perubahan iklim. Karena atmosfer yang lebih panas menampung lebih banyak air, pemanasan global meningkatkan risiko dan intensitas banjir dari curah hujan yang ekstrem.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings