Logo BeritaSatu

Gaya Hidup Sehat Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung di Masa Senja

Minggu, 29 Mei 2022 | 18:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Badai Bhatara Tiksnadi, mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung di masa senja. Ia mengatakan, kunci agar terhindar dari penyakit jantung, adalah perilaku hidup sehat CERDIK.

“Apa itu CERDIK, yakni Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan stres," katanya saat konferensi pers daring dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 yang digelar Kalbe Nutritionals (Entrasol) yang mengangkat tema “Live Strong, Good Heart” pada Minggu (29/5/2022).

Dokter Badai menjelaskan, seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya. Penyakit jantung merupakan ancaman dunia dan merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan, lebih dari 8,9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Sementara Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4,6%.

Kemudahan dari teknologi yang membuat orang kurang aktif bepergian karena semua bisa dipesan lewat ponsel patut diwaspadai. Dokter Badai berpesan agar setiap orang tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga setiap hari demi menjaga kesehatan dan tetap bugar meski sudah menua kelak.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Antonius Andi Kurniawan menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia adalah olahraga secara teratur.

“Olahraga, jantung, dan massa otot adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain. Olahraga merupakan salah satu kunci yang harus diutamakan juga selain nutrisi agar tetap aktif dan fit utk menjaga kualitas hidup lansia," ungkap dia.

Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap harinya, di mana kombinasi gerakannya dapat mencakup pemanasan, latihan fleksibilitas, latihan kardio atau jantung, latihan kekuatan otot dan keseimbangan.

Kendati demikian, olahraga juga harus dilakukan secara bijak sesuai dengan batasan tubuh. Ia menyarankan untuk menghindari olahraga berat tanpa ada persiapan.

Jika tubuh sudah terbiasa dengan latihan dengan intensitas ringan dan berlanjut ke intensitas sedang maka olahraga intensitas berat boleh dilakukan. Saat berolahraga dengan intensitas ringan, seseorang bisa bernyanyi tanpa kesulitan.

Sementara itu, ketika berolahraga dengan intensitas sedang, seseorang masih bisa bercakap-cakap. Sebaiknya, periksakan dulu kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui olahraga yang sebaiknya dilakukan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prediksi Puncak Covid-19 Berdasarkan Data 28 September 2022

Infografik tentang data prediksi puncak Covid-19 di Indonesia berdasarkan data pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Pelaku Usaha Perjalanan Wisata Optimistis Pariwisata Bangkit

Pelaku usaha perjalanan wisata optimistis pariwisata akan bangkit setelah sebelumnya dihantam pandemi Covid-19.

NEWS | 28 September 2022

Dinas Keamanan Swedia Ambil Alih Penyelidikan Kebocoran Gas Nord Stream

Dinas keamanan Swedia mengatakan mereka akan menyelidiki ledakan dan kebocoran gas yang tidak dapat dijelaskan pada jaringan pipa Nord Stream

NEWS | 28 September 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah kasus kumulatif dan suspek Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah kematian Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Rugikan Rp 106 Triliun, Kasus KSP Indosurya Timbulkan Kerugian Terbesar

Berdasarkan analisis PPATK, nominal kerugian Rp 106 triliun yang diderita para korban KSP Indosurya adalah yang terbesar di Indonesia. 

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Harap Febri Diansyah-Rasamala Tak Bela Sambo

Yudi Purnomo berharap Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang mengubah keputusan untuk tidak membela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Daewoong Foundation Gandeng ITB Dirikan Lembaga Penelitian Farmasi Mutakhir

Ini sebagai upaya Daewoong Foundation untuk membina bakat penelitian untuk pengembangan penelitian farmasi di Indonesia.

NEWS | 28 September 2022

Pengacara Ungkap Putri Candrawathi Tidak Siap Ditahan

Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Hanis mengungkapkan bahwa kliennya Putri Candrawathi tidak siap untuk ditahan.

NEWS | 28 September 2022

Ibas Tegaskan SBY Bukan Golden Boy of America

Ibas menegaskan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan golden boy of America atau anak emas Amerika Serikat (AS).

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Final ETMC di Lembata, Penikmat Bola dari Arab Saudi Sumbang 100 Dus Air Mineral

Final ETMC di Lembata, Penikmat Bola dari Arab Saudi Sumbang 100 Dus Air Mineral

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings