Logo BeritaSatu

Ketua MPR Bambang Soesatyo Apresiasi Taruna Intelijen

Senin, 30 Mei 2022 | 17:58 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi taruna intelijen yang dinilai telah memilih jalan sunyi. Melalui kerja keras dan pengorbanan para taruna intelijen, menurutnya, Indonesia masih tetap tegak berdiri hingga saat ini.

“Jalan sunyi tersebut, seorang intelijen jika berhasil tidak dipuji, jika gagal dicaci maki, jika hilang tidak akan dicari, jika mati tidak ada yang mengakui. Berkat kerja keras dan pengorbanan merekalah, Indonesia masih tetap tegak berdiri hingga saat ini,” kata Bamsoet, sapaan akrabnya usai peresmian Smart Campus Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Medical Intelligence Wangsa Avatara, di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Bogor, Senin (30/5/2022).

Advertisement

Warga kehormatan Badan Intelijen Negara (BIN) ini bersama Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur STIN Laksamana Muda TNI Ivan Yulivan, dan mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono, meresmikan Smart Campus Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Medical Intelligence Wangsa Avatar di STIN. Tamu undangan juga sekaligus menghadiri pelantikan Taruna Mula Angkatan XVIII Asta Dasa Mahasura STIN.

“Apresiasi tinggi perlu diberikan kepada Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan yang senantiasa melakukan terobosan dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas jajaran personel BIN,” tutur Bamsoet.

“Kehadiran Smart Campus Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Medical Intelligence Wangsa Avatar semakin menguatkan STIN sebagai kampus bertaraf internasional, world class intelligence college, sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik STIN agar kelak menjadi personel intelijen negara yang profesional, tangguh, dan memiliki determinasi tinggi,” imbuhnya.

Turut serta dalam peresmian tersebut antara lain, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Bamsoet menilai keberadaan Smart Campus Dr. (HC) Ir. Soekarno yang ditunjang berbagai kecanggihan teknologi informasi, dapat memperkuat peran dan tugas utama seorang intelijen negara sebagai first line of defense atau garda pertahanan terdepan.

“Khususnya dalam menghadapi gelombang ancaman berupa WAVES (weapon of mass destruction, asymmetric warfare, vital of energy, food, and finance, environment of cyber and technology, and space control),” katanya.

“Sementara, keberadaan Medical Intelligence Wangsa Avatara dapat mempersiapkan para calon intelijen dalam menghadapi berbagai potensi ancaman negara yang datang melalui virus hingga nubika (nuklir, biologi, dan kimia), sehingga kelak apabila dunia kembali dihadapkan pandemi, karena penyebaran virus tertentu, maupun terjadinya ketegangan dunia akibat nubika, personel BIN bisa secara cepat dan tepat dapat membantu pemerintah mengatasinya,” ungkap Bamsoet.

Bamsoet mengatakan keberadaan Smart Campus Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Medical Intelligence Wangsa Avatar di STIN harus dapat melahirkan agen intelijen berkualitas internasional yang memiliki jejaring global dan menguasai berbagai isu sentral dunia.

“Sehingga setiap intelijen negara dapat melihat suatu fenomena tidak hanya dari permukaan saja, melainkan juga dari sisi gelap sekaligus mampu bergerak dalam bayang,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beredar CCTV Perjalanan Istri Ferdy Sambo hingga Menghilangnya Brigadir J

Beredar video rekaman CCTV yang mengabadikan peristiwa runtut perjalanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi hingga menghilangnya Brigadir J.

NEWS | 12 Agustus 2022

Ke Bareskrim, Integrity Beberkan Dugaan Korupsi Penerbitan HGU

Bareskrim Polri memberi atensi khusus atas laporan dugaan korupsi di areal kerja PT Inhutani II, Kotabaru, Kalsel yang dilaporkan Integrity Law Firm.

NEWS | 12 Agustus 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 11 Agustus 2022

Berikut ini Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 11 Agustus 2022 sesuai data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kasus Positif & Kematian Covid-19 di Jakarta, 11 Agustus 2022

Berikut ini Kasus Positif & Kematian Covid-19 di Jakarta, 11 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 11 Agustus 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 11 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 11 Agustus 2022

Berikut ini data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 11 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Daftar 24 Polisi yang Diduga Langgar Etik Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

Itsus Polri masih terus melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang diduga melanggar kode etik terkait kasus Brigadir J. Ada 24 polisi yang diduga langgar etik.

NEWS | 11 Agustus 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 11 Agustus 2022

Berikut ini Data Nasional Positivity Rate Covid-19 sampai 11 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 11 Agustus 2022

Berikut ini Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 11 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 11 Agustus 2022

Berikut ini Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 11 Agustus 2022 seperti data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Barcelona Terancam Kehilangan Kessie dan Christensen

Barcelona Terancam Kehilangan Kessie dan Christensen

BOLA | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings