Logo BeritaSatu

Kemendikbudristek Luncurkan Program Peningkatan Dosen Vokasi

Selasa, 31 Mei 2022 | 11:18 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Program Peningkatan Kompetensi SDM (Dosen) Perguruan Tinggi Vokasi Berbasis Industri Tahun 2022 melalui sertifikasi kompetensi dan magang bersertifikat untuk mencapai keunggulan dan berdaya saing global.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), para dosen vokasi dapat menerima hibah biaya sertifikasi kompetensi, magang, peningkatan keterampilan, dan tata kelola perguruan tinggi vokasi.

Ia menyebutkan program tersebut merupakan inisiatif pemerintah untuk menguatkan kompetensi dan wawasan atau pengalaman industri bagi dosen vokasi agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, menciptakan SDM unggul dan berkualitas.

“Melalui program ini, pemerintah menyediakan pendanaan sertifikasi kompetensi bagi tenaga pendidik. Semoga program ini dapat menciptakan dosen yang diperkuat dengan soft skill, kepemimpinan, link and match, kapabilitas, dan karakter,” ujar Wikan dalam sambutannya dalam keterangan pers tertulis, Selasa (31/5/2022).

Untuk itu, lanjut Wikan program ini menjadi salah satu program prioritas yang ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbudristek yang bertujuan memfasilitasi perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV) mencapai keunggulan spesifik mengikuti amanah Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012, Pasal 16 Ayat 1 yaitu menyiapkan mahasiswa untuk memiliki keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan.

Adapun tujuan khusus dari program sertifikasi kompetensi dan magang bersertifikat adalah untuk memfasilitasi PTPPV dan program studinya mencapai keunggulan spesifik melalui peningkatan kompetensi dosen, melalui jalan menambah keterampilan dan meningkatkan kapabilitas.

Tujuan lain program ini memfasilitasi PTPPV untuk memperbarui pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja agar relevan dengan dinamika industri.

Selanjutnya, Wikan menambahkan program ini digelar untuk memfasilitasi PTPPV membangun jejaring kerja sama dengan industri dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi; memfasilitasi PTPPV untuk melaksanakan pembelajaran dengan metode berbasis proyek (PBL); memfasilitasi PTPPV membangun peta jalan pengembangan SDM yang strategis secara terukur dan terarah; dan memfasilitasi PTPPV mendirikan pusat inovasi atau laboratorium korporasi dengan dukungan oleh mitra industri.

"Sasaran dari program ini adalah dosen perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bawah binaan Kemendikbudristek, yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah tetapkan," ucapnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Pelayanan LPDP, Juni Dearmanita Damanik mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung program pelatihan.

Juni berharap skema yang ada ini dapat membuat tujuan peningkatan SDM tercapai. "Semoga program ini bisa diterima manfaatnya oleh para dosen dan dunia industri juga sehingga apa yang menjadi tujuan program ini dapat tercapai," terangnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program Sertifikasi Kompetensi dan Magang Bersertifikat bagi PTPPV dapat diakses melalui laman http://klsd.vokasi.kemdikbud.go.id/.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022

KPU: Parsindo Tidak Perbaiki Hasil Verifikasi Administrasi

KPU mengungkapkan Parsindo, yang sudah sampai pada tahapan verifikasi administrasi, tidak menyerahkan hasil perbaikannya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings