Logo BeritaSatu

Lockdown Covid-19 di Shanghai Dicabut setelah 2 Bulan

Rabu, 1 Juni 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Shanghai, Beritasatu.com – Penguncian (lockdown) Covid-19 di Kota Shanghai, Tiongkok, berakhir pada Rabu (1/6/2022) tengah malam tadi, yang mendorong warga melakukan perayaan setelah dua bulan merasa frustrasi, keputusasaan, dan kerugian ekonomi.

Sebagian besar dari 25 juta penduduk Shanghai sekarang dapat dengan bebas meninggalkan rumah, kembali bekerja, menggunakan transportasi umum, dan mengendarai mobil mereka, sebuah momen yang bagi banyak orang di kota terbesar dan paling kosmopolitan di Tiongkok, terasa tidak akan pernah tiba.

Pada tengah malam, kelompok-kelompok kecil berkumpul di bekas kawasan Konsesi Prancis di kota itu bersiul, meneriakkan "larangan dicabut" dan mendentingkan gelas sampanye.

Sementara itu, di Shanghai Disneyland, yang belum mengumumkan tanggal pembukaan kembali, menyiarkan langsung pertunjukan cahaya untuk "merayakan pencabutan penguncian Shanghai".

Di bawah lampu jalan, tukang cukur memberikan potongan rambut kepada penduduk yang telah tumbuh lusuh. Di platform media sosial WeChat, toko-toko mengumumkan rencana pembukaan kembali mereka.

"Saya berjalan-jalan dengan anjing dan anjing itu sangat bersemangat, karena sudah lama sekali dia tidak keluar," kata Melody Dong, yang sudah tidak sabar untuk makan hot pot dan barbekyu, makanan yang sulit dibuat di rumah.

Cobaan berat di Shanghai telah melambangkan apa yang dikatakan oleh para kritikus sebagai ketidakberlanjutan kepatuhan Tiongkok terhadap kebijakan nol-Covid yang bertujuan untuk memotong setiap rantai infeksi, dengan biaya berapa pun, bahkan ketika sebagian besar dunia mencoba untuk kembali normal meskipun infeksi yang sedang berlangsung.

Pendekatan nol-Covid Tiongkok ditantang oleh varian Omicron yang sangat menular telah mengguncang investor dan membuat frustrasi dunia bisnis.

Pembatasan Covid-19 di Shanghai dan banyak kota Tiongkok lainnya telah menghancurkan ekonomi terbesar kedua di dunia dan rantai pasokan global yang kusut, meskipun jumlah kasus telah meningkat dan pembatasan telah berkurang dari penguncian sejak April.

Tiongkok mengatakan pendekatannya, kebijakan khas Presiden Xi Jinping, diperlukan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah sistem perawatan kesehatannya kebanjiran. Ketidakpastian dan ketidakpuasan yang disebabkan oleh manajemen Covid-19 Tiongkok telah menciptakan guncangan yang tidak diinginkan di tahun politik yang sensitif, dengan Xi siap untuk mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga di musim gugur.

"Suasana tengah malam ini agak seperti hari-hari di sekolah menengah. Menjelang tahun ajaran saya penuh dengan harapan untuk semester baru tetapi saya merasa sedikit gelisah di hati saya," tulis salah satu pengguna Weibo yang mirip Twitter.

Baca selanjutnya
Selama dua bulan lockdown, banyak penduduk Kota Shanghai berjuang untuk mendapatkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: cna/reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022

Bangun PLTS, Green Lifestyle DPR Dinilai Patut Dicontoh

Langkah DPR membangun PLTS untuk memenuhi tambahan kebutuhan energi di lingkungan kompleks parlemen, Gedung DPR, Senayan, Jakarta mendapat apresiasi.

NEWS | 30 September 2022

Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Partai politik (parpol) mulai tawar-menawar koalisi menuju Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 30 September 2022

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022

Stunting Bisa Berpengaruh pada Penurunan Kecerdasan Anak

Stunting harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius karena bisa berdampak ke penurunan kecerdasan anak.

NEWS | 30 September 2022

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings