Logo BeritaSatu

Mahasiswa Papua Desak DPR dan Pemerintah Sahkan DOB

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:32 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Konferensi Mahasiswa Papua (KMP) Jabodetabek mendesak DPR dan pemerintah pusat segera mengesahkan daerah otonomi baru (DOB) serta mendukung otonomi khusus (otsus) jilid II Papua. Desakan itu disampaikan saat KMP Jabodetabek menggelar aksi damai di depan Gedung DPR/MPR dan Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Diketahui, DPR telah menerima surat presiden (surpres) dari pemerintah terkait pembahasan tiga DOB di Papua, yaitu, terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Surpres tersebut diberikan ke DPR setelah ketiga RUU disahkan sebagai RUU usul inisiatif DPR dalam rapat paripurna pada Selasa, 12 April 2022 lalu.

Advertisement

Koordinator aksi KMP, Moytuer Boimasa mengatakan bahwa aksi yang digelar pihaknya merupakan bentuk kepedulian para pemuda Papua dalam pemerataan pembangunan di tanah Papua. Menurut Moytuer, perlu adanya pemekaran agar masalah ekonomi yang tengah terjadi di tanah Papua segera terselesaikan.

"Ini adalah bentuk respon dari kami para pemuda Papua, peduli akan pemerataan dan juga sebagai solusi masalah ekonomi yang ada di tanah kami Papua," kata Moytuer dalam keterangan pers, Rabu (1/6/2022).

Moytuer juga mengajak pemuda Papua untuk ikut menyuarakan semangat kemajuan dan keadilan bagi tanah Papua.

"Kami mengajak teman-teman mahasiswa, mahasiswi dan masyarakat se-Papua untuk bersama-sama hadir dan menyuarakan semangat kemajuan," katanya.

Dalam aksi tersebut, KMP menyampaikan tiga tuntutan. Pertama, mendesak DPR untuk segera mengesahkan DOB Papua demi percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan sosial. Kedua, mendukung kelanjutan pelaksanaan otsus Papua Jilid II.

"Ketiga, kami menolak segala bentuk aksi unjuk rasa atau demo penolakan terhadap kelanjutan otsus Papua jilid II dan daerah otonomi baru," kata Moytuer.

Dalam RUU DOB Papua disebutkan Provinsi Papua Selatan akan menjadikan Merauke sebagai ibu kota, kemudian ibu kota Provinsi Papua Tengah akan berada di Timika, dan ibu kota Provinsi Papua Pegunungan Tengah adalah Wamena. Selain mendesak DPR agar segera mengesahkan DOB Papua, KMP juga menyatakan sikap mendukung otsus Papua jilid II dan meminta agar pemerintah segera merealisasikannya demi pemerataan pembangunan di tanah Papua.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Miftachul Achyar: NU Harus Punya Hati dan Otak Dobel Hadapi Abad Kedua

Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, menyatakan NU harus memiliki hati dan otak dobel menghadapi abad kedua.

NEWS | 7 Februari 2023

Sejumlah Kota Besar di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan

Sejumlah kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan pada Selasa (7/2/2023) siang dan malam.

NEWS | 7 Februari 2023

Erick Thohir Ungkap Makna Baju Banser NU yang Dipakainya

Ketua Panitia Peringatan 1 Abad NU, Erick Thohir, mengungkapkan soal makna baju Banser NU yang dipakainya saat memberi sambutan.

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Korban Tewas Gempa Turki Lebih dari 3.800 Orang

Total korban tewas akibat gempa Turki dan Suriah hingga Selasa, 7 Februari 2023, lebih dari 3.800 orang.

NEWS | 7 Februari 2023

Perayaan 1 Abad NU, Exit Tol 1 Sidoarjo Lumpuh Antrean Hingga 2 Kilometer

Antrean panjang terjadi di exit tol 1 Sidoarjo, Jawa Timur, akibat penumpukan kendaraan massa yang akan menghadiri acara peringatan 1 abad NU.

NUSANTARA | 7 Februari 2023

Top 5 News: Gempa Turki hingga Jokowi soal Elektabilitas Prabowo

Kabar soal gempa di Turki yang menelan banyak korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Senin (6/2/2023).

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Mentah Menguat Ditopang Sentimen Tiongkok

Harga Minyak Mentah Menguat Ditopang Sentimen Tiongkok

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE