Logo BeritaSatu

Gerindra Dukung Jemaah Haji Tak Dibebankan Penambahan Biaya

Rabu, 1 Juni 2022 | 23:32 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR Ahmad Muzani mengapresiasi keputusan rapat kerja Komisi VIII DPR, Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) terkait tidak adanya pembebanan biaya terhadap calon jemaah haji. Diketahui, ada kenaikan biaya masyair sebagaimana ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

“Fraksi Gerindra mendukung serta menyetujui adanya penambahan biaya haji dengan tidak membebani penambahan biaya itu kepada para calon jemaah haji. Langkah ini patut diapresiasi. Para jemaah tidak perlu khawatir dan dipastikan pelaksanaan haji tetap berjalan. Ini bentuk tanggung jawab negara terhadap rakyatnya,” kata Muzani dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Advertisement

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengungkapkan adanya kekurangan biaya terkait penyelenggaraan haji tahun ini sebesar Rp 1,5 triliun. Tambahan biaya ini disebabkan kenaikan tarif prosesi masyair, yakni pelaksanaan ibadah haji pada saat di Arafah, Mudzalifah, dan Mina yang tidak bisa dinegosiasikan.

Kenaikan biaya haji tahun ini tidak hanya terjadi untuk Indonesia saja, tetapi juga berlaku untuk semua negara yang mengirimkan jemaahnya. Penambahan biaya ini ditetapkan dalam sistem paket yang tidak bisa dinegosiasikan. Pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem paket masyair dengan paket per jemaah senilai 5.656,87 Rial Arab Saudi. Sementara, anggaran yang disepakati pemerintah dan DPR pada 13 April hanya 1.531,02 Rial Arab Saudi per jemaah.

“Itu artinya pemerintah menyubsidi biaya haji per jemaah sekitar 60 persen. Karena kenaikan biaya masyair yang ditetapkan pemerintah Saudi naik menjadi 300 persen atau tiga kali lipat dari biaya yang sudah dibayarkan,” ujar Muzani.

“Itu sebabnya kami berharap pemerintah bisa menggunakan sumber-sumber dana yang ditujukan bagi penyelenggaraan haji untuk menutupi biaya kekurangan sebesar Rp 1,5 triliun itu. Misalnya melalui sumber anggaran yang ada di Badan Pengelola Keuangan Haji, di antaranya dari dana efisiensi haji sebelumnya dan nilai manfaat,” imbuh wakil ketua MPR ini.

Muzani mengapresiasi Menteri Agama yang secara cepat melakukan koordinasi dengan Komisi VIII berkaitan dengan kekurangan dana haji ini. Hal ini mengingat, para calon jemaah Indonesia akan mulai diberangkatkan pada 4 Juni 2022.

“Kami mengapresiasi Menteri Agama Gus Yaqut yang secara cepat melakukan koordinasi dengan DPR berkaitan kekurangan dana haji ini. Pemerintah hadir untuk memastikan bahwa keberlangsungan serta kepastian pelaksanaan haji pada tahun ini berjalan dengan baik,” kata sekretaris jenderal Gerindra ini.

Di sisi lain, Fraksi Gerindra meminta kepada pemerintah melalui Kemenag dan BPKH dalam penyusunan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun mendatang, harus memperhatikan faktor eksternal. Pemerintah perlu tetap memperhatikan adanya potensi kenaikan biaya yang terjadi sewaktu-waktu. Kemenag juga perlu melakukan alokasi anggaran untuk biaya penyelenggaraan haji khusus yang bersumber dari APBN.

Komisi VIII menyepakati penambahaan daja haji sebesar Rp 1,5 triliun. Kekurangan biaya ini diambil dari sumber dana efisiensi penyelenggaran haji sebelumnya dan sebagaian lagi dari nilai manfaat yang ada di BPKH.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022

BP Jamsostek Tingkatkan Produktivitas Pekerja Lewat Gerakan Sejuta Langkah

BP Jamsostek meluncurkan Gerakan Sejuta Langkah (GSL) agar para pekerja harus bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 13 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 13 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 13 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 13 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 13 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 13 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

11 Tewas, Ratusan Tentara Meksiko Dikerahkan Atasi Bentrokan Kartel

Ratusan tentara Meksiko dikirim ke kota perbatasan Juarez setelah bentrokan meletus antara anggota dua kartel yang menewaskan 11 orang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Ribuan Pemuda Medan Ikuti Lomba Banteng Ride and Night Run

Lomba lari Banteng Ride and Night Run di Kota Medan dilepas oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Menkumham Yasonna H Laoly.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Gol Lagi, Gabriel Jesus Perbesar Keunggulan Arsenal

Cetak Gol Lagi, Gabriel Jesus Perbesar Keunggulan Arsenal

BOLA | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings