Logo BeritaSatu

Kemenkes Yakin Cacar Monyet-Hepatitis Akut Tak Jadi Pandemi

Jumat, 3 Juni 2022 | 18:44 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara G-20 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi meyakini penyakit cacar monyet dan hepatitis akut tidak berpotensi sebagai pandemi berikutnya.

"Bicara soal potensi cacar monyet dan hepatitis akut sebagai pandemi berikutnya, berdasar pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dua penyakit itu sebatas jadi kewaspadaan kita sebagai masyarakat global," katanya dalam konferensi pers virtual Road to Health Working Group pada Jumat (3/6/2022).

Advertisement

Ini artinya, dari adanya dua penyakit itu, masyarakat diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya itu, higienitas diri dan perilaku hidup yang sehat harus semakin digalakkan semua orang.

"Dalam Disease Outbreak News yang dikeluarkan WHO, sejatinya ada 11 penyakit yang harus diwaspadai dan berpotensi untuk ditingkatkan kewaspadaannya, ya, termasuk di dalamnya hepatitis akut dan cacar monyet tersebut," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes itu.

"Tapi, apakah cacar monyet dan hepatitis akut jadi pandemi berikutnya, jawabannya tidak," tegasnya.

Namun, lanjut Siti Nadia, jika tidak ada pandemi baru dalam waktu dekat, potensi lahirnya virus baru masih ada. Hal tersebut bisa dilihat dari merebaknya beberapa penyakit baru yang cukup menyita perhatian dunia, misalnya saja hepatitis akut dan juga cacar monyet.

"Apakah dalam waktu dekat akan muncul pandemi baru? Rasanya tidak. Sebab, kita tahu bersama bahwa belajar dari pengalaman sebelumnya, ketika satu pandemi muncul, hadirnya pandemi baru itu puluhan tahun berikutnya," ungkap dia.

Mantan Jubir Kemenkes tersebut menjelaskan bahwa potensi kemunculan virus baru tetap ada. Itu termasuk dalam 11 penyakit yang kini tengah dipantau WHO.

"Penyakit baru atau virus baru akan terus terjadi. Itu bagian dari pertahanan hidup virus, karena itu mereka akan bermutasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru," bebernya.

Oleh karenanya, kata dia, platform GISAID akan dimaksimalkan dan dipergunakan untuk pertukaran informasi mengenai virus yang ditemukan.

"Platform GISAID jadi platform sharing informasi dan bagian dari surveilans untuk memantau virus. Bukan hanya terbatas pada virus influenza yang memang banyak sebabkan pandemi, tapi juga jenis virus lain yang juga berbahaya bagi manusia," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai penerbangan Rusia, termasuk Aeroflot yang dikendalikan negara, mulai kesulitan suku cadang pesawat.

NEWS | 11 Agustus 2022

Junjung Etika Berinternet Saat Beraktivitas di Ruang Digital

Kompetensi literasi digital menjadi sebuah kebutuhan lantaran di dunia digital acapkali juga dijumpai adanya konten negatif.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings