Logo BeritaSatu

Pasukan Rusia Berhasil Kuasai 20 Persen Wilayah Ukraina

Jumat, 3 Juni 2022 | 19:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pasukan Rusia telah menguasai 20 wilayah Ukraina setelah 100 hari invasi Rusia ke Ukraina. Seperti dilaporkan AP, Kamis (2/6/2022), pernyataan itu disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat berbicara melalui tautan video ke konferensi keamanan di Slovakia.

“Hingga hari ini, penjajah menguasai hampir 20% wilayah kami,” kata Zelensky seraya menyerukan lebih banyak senjata dan sanksi terhadap Rusia untuk menghentikan kengerian seperti perang Ukraina.

Pasukan Ukraina terkunci dalam pertempuran sengit untuk menguasai timur negara itu berjuang untuk menahan pasukan Rusia dan mengulur waktu pada Kamis (2/6). Saat ini, mereka menunggu kedatangan roket canggih dan senjata anti-pesawat yang dijanjikan oleh Barat.

Dengan pengiriman senjata mungkin beberapa minggu lagi, kata analis militer, Ukraina melihat periode pertempuran yang melelahkan sejak Kamis, menandai 100 hari sejak awal invasi Rusia ke Ukraina.

“Ada jeda waktu, jadi beberapa minggu ke depan akan sangat sulit bagi teman-teman Ukraina kami,” kata pensiunan Letnan Jenderal Amerika Serikat (AS) Ben Hodges, mantan komandan jenderal pasukan Angkatan Darat AS di Eropa.

“Ukraina berniat melelahkan pasukan Rusia, sebagaimana dibuktikan oleh pertempuran jalanan di kota timur Sievierodonetsk yang kritis. Dan ini bisa berlangsung cukup lama,” kata analis militer Ukraina Oleh Zhdanov.

Pada Kamis, Inggris berjanji untuk mengirim sistem roket jarak menengah yang canggih ke Ukraina. Inggris bergabung dengan AS dan Jerman dalam melengkapi negara itu dengan beberapa senjata canggih yang telah diminta untuk menembak jatuh pesawat dan menghancurkan artileri dan jalur pasokan.

Senjata Barat sangat penting bagi keberhasilan Ukraina dalam menghalangi militer Rusia yang jauh lebih besar dan lebih lengkap selama perang, yang pada hari ke-99 Kamis.

Kremlin memperingatkan skenario yang sama sekali tidak diinginkan dan agak tidak menyenangkan jika senjata terbaru yang dipasok Barat ditembakkan ke Rusia.

"Pemompaan senjata ke Ukraina akan membawa lebih banyak penderitaan ke Ukraina, yang hanyalah alat di tangan negara-negara yang memasoknya dengan senjata," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Pasukan Rusia terus menggempur kota-kota besar dan kecil semalaman dan mempererat cengkeraman mereka di Sievierodonetsk di kawasan industri Donbas Ukraina, yang ingin direbut Moskwa. Diperkirakan 800 orang, termasuk anak-anak, bersembunyi di tempat perlindungan bom di satu pabrik kimia yang diserang di kota itu, kata gubernur regional.

Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan bahwa Rusia telah merebut sebagian besar Sievierodonetsk, salah satu dari dua kota di provinsi Luhansk yang tetap berada di bawah kendali Ukraina. Donbas terdiri dari provinsi Luhansk dan Donetsk.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan Inggris akan mengirim sejumlah peluncur M270 yang tidak ditentukan. Senjata peluncur itu dapat menembakkan roket berpemandu presisi hingga 80 kilometer. Pasukan Ukraina akan dilatih di Inggris untuk menggunakan peralatan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerindra Beri Catatan, Anies Belum Punya Tiket Pilpres 2024

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade memberi catatan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum punya tiket ke Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Zulkifli Hasan alias Zulhas mengibaratkan partai-partai kecil seperti tim sepak bola Arab Saudi dan Jepang yang bsia mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

NEWS | 30 November 2022

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jenama Lokal Kerja Sama dengan FIFA di Piala Dunia 2022

Jenama Lokal Kerja Sama dengan FIFA di Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE