Logo BeritaSatu

Korban Tewas Banjir di Brasil Bertambah Jadi 126 Orang

Jumat, 3 Juni 2022 | 19:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Rio de Janeiro, Beritasatu.com- Korban tewas akibat banjir di kota Recife, Brasil dan wilayah metropolitannya telah bertambah menjadi 126 orang dan dua orang hilang. Seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (3/6/2022), pernyataan itu disampaikan pemerintah negara bagian Pernambuco.

Sedikitnya 9.302 orang telah terusir dari rumah mereka karena hujan yang menyebabkan banjir besar dan tanah longsor di kota Recife. Bencana longsor mengubur puluhan rumah di lereng bukit dan menyebabkan sebagian besar kematian.

Bencana ini adalah tragedi terburuk yang terjadi di Pernambuco sejak awal abad ke-21 dan terburuk kedua dalam sejarah negara bagian itu. Sebelumnya, sejarah mencatat banjir Mei 1966 menyebabkan Sungai Capibaribe meluap dan menyebabkan 175 orang tewas.

Petugas pemadam kebakaran dan tentara bekerja untuk mencari mayat dua korban yang hilang dengan bantuan anjing penyelamat terlatih.

Hingga kini, ada 31 kotamadya di Pernambuco sudah menyatakan keadaan darurat akibat hujan, sementara 51 kota mengalami beberapa jenis kerusakan.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah terbang meninjau di atas daerah itu pada Senin (30/5). Dia berjanji untuk melakukan segala yang mungkin untuk "meringankan penderitaan" dari mereka yang terkena dampak.

Bolsonaro mengutip bencana serupa baru-baru ini di pegunungan di atas Rio de Janeiro, di negara bagian Bahia selatan dan di negara bagian Minas Gerais. Banjir dan hujan lebat menewaskan ratusan orang dan memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka di daerah ini selama setahun terakhir.

Hujan juga memengaruhi negara bagian Sergipe, Alagoas, Paraiba dan Rio Grande do Norte, di wilayah timur laut Brasil. Di Alagoas, empat orang meninggal dan sekitar 12.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Sedikitnya 6.650 orang telah mengungsi akibat hujan, yang menyebabkan banjir besar dan tanah longsor yang mengubur puluhan rumah, menyebabkan sebagian besar kematian di ibu kota negara bagian Recife dan wilayah metropolitannya.

Sebanyak 24 kotamadya Pernambuco telah mengumumkan keadaan darurat, dan pemerintah federal telah mengumumkan akan mengalokasikan sekitar US$$ 200 juta (Rp 2,9 triliun) untuk membangun kembali daerah yang terkena dampak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus KDRT, Lesti Kejora Alami Sejumlah Luka Lebam

Lesti Kejora mengalami luka lebam di beberapa bagian tubuhnya, akibat aksi kekerasan yang dilakukan suaminya, Rizky Billar. 

NEWS | 4 Oktober 2022

Update Covid-19: Stabil, Kasus Baru Hari Ini 1.851

Dengan tambahan 1.852 kasus baru maka total kasus Covid-19 sampai hari ini tercatat 6.437.750.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polri: Tragedi Kanjuruhan, 125 Meninggal dan 467 Luka-luka

Polri menyampaikan, korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, mencapai 125 orang meninggal dan 465 orang luka-luka.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hujan Deras Sejumlah Jalan di DKI Tergenang, Cek Lokasinya

BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak tujuh ruas jalan tergenang dengan ketinggian sekitar 20 cm hingga 45 cm akibat hujan deras.

NEWS | 4 Oktober 2022

Warga Tangerang Waspada, Sungai Cisadane Kondisi Siaga 3

Warga Tangerang diminta waspada mengingat hujan lebat merata di kawasan Bogor mengakibatkan aliran Sungai Cisadane siaga 3.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat: Jangan Saling Menyalahkan dalam Tragedi Kanjuruhan

Direktur IPI Karyono Wibowo meminta publik tidak saling menyalahkan dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan ratusan orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jakarta Hujan Deras, Katulampa Bogor Masih Normal

Hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah Jakarta namun tinggi muka air Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor masih normal 30 cm.

NEWS | 4 Oktober 2022

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Penyangga Leher

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus KDRT, Lesti Kejora Alami Sejumlah Luka Lebam

Kasus KDRT, Lesti Kejora Alami Sejumlah Luka Lebam

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings