Logo BeritaSatu

Pakar Kesehatan AS Peringatkan Dua Wabah Cacar Monyet

Minggu, 5 Juni 2022 | 08:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pakar kesehatan Amerika Serikat (AS) memperingatkan dua wabah cacar monyet. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (4/6/2022), penyakit yang berpotensi berbahaya telah ditemukan di 11 negara bagian AS dan lebih dari 30 negara di luar Afrika.

"Virus cacar monyet perlahan menyebar melalui dua wabah terpisah di AS," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengutip urutan genetik.

Advertisement

Kasus di seluruh dunia melampaui 700 minggu ini, banyak terlihat di Eropa di antara pelancong baru-baru ini ke Afrika atau kontak mereka.

Saat konferensi pers Jumat, kepala penanggulangan cacar monyet CDC, Jennifer McQuiston, mengatakan sampel virus yang dikumpulkan di AS tampaknya memiliki lebih dari satu tempat asal, menunjukkan ada beberapa wabah berbeda di negara tersebut.

“Tidak jelas apa artinya semua ini, tetapi kemungkinan dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya ada dua contoh berbeda di mana virus cacar monyet menyebar ke orang-orang di Nigeria, dari hewan yang memeliharanya,” katanya.

McQuiston menambahkan. bahwa patogen kemungkinan mulai menyebar melalui kontak dekat orang-ke-orang, mungkin kontak intim atau seksual.

Sebanyak 23 infeksi telah diidentifikasi oleh pejabat kesehatan AS dalam kelompok kasus terbaru, termasuk satu penduduk Florida yang pertama kali dites positif di Inggris.

Hingga Jumat (3/6), menurut CDC,setidaknya satu kasus telah terlihat di New York, Pennsylvania, Utah, Virginia, negara bagian Washington, California, Hawaii, Colorado, Illinois, dan Massachusetts. Tidak ada kematian hingga saat ini.

Badan kesehatan telah mengeluarkan peringatan perjalanan yang mendesak orang Amerika untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari virus, menyarankan mereka memakai masker dan menghindari kontak dengan hewan liar atau daging buruan saat berada di luar negeri, antara lain.

Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mencatat bahwa vaksinasi massal tidak diperlukan untuk melawan cacar monyet, pihak berwenang AS tetap telah mengirimkan sekitar 1.200 dosis vaksin dan 100 dosis pengobatan ke delapan negara bagian. Hal itu dikonfirmasi pejabat kesehatan senior Gedung Putih Raj Panjabi.

Persiapan untuk membeli imunisasi tambahan juga telah dilakukan, dengan pemerintah menandatangani kontrak untuk membeli jutaan vaksin dari satu perusahaan farmasi Eropa pada bulan Mei.

Di luar Afrika, tempat penyakit ini endemik, hampir 800 infeksi telah dikonfirmasi secara global, termasuk di Eropa, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Belgia menjadi negara Uni Eropa pertama yang memberlakukan karantina wajib di antara mereka yang diduga memiliki virus bulan lalu setelah menemukan empat kasus.

Meskipun jarang, cacar monyet telah terdeteksi di AS sebelumnya. Seorang penduduk Texas dirawat di rumah sakit karena virus musim panas lalu setelah bepergian ke Afrika Barat. Pada tahun 2003, lebih dari 70 kasus dikonfirmasi di AS, menandai wabah pertama yang terlihat di luar Afrika, menurut WHO.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022

Wow! Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut Delapan Medali

Tim Indonesia berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini, KPU Tentukan Nasib 16 Parpol yang Dokumennya Belum Lengkap

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya akan menentukan nasib 16 partai politik yang dokumen pendaftarannya belum lengkap pada hari ini.

NEWS | 15 Agustus 2022

40 Parpol Resmi Mendaftar sebagai Peserta Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 40 partai politik yang resmi sudah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

NEWS | 15 Agustus 2022

Dunia Internasional Akui 3 Tahun Indonesia Swasembada Beras

Indonesia mendapatkan penghargaan IRRI karena mampu mencapai swasembada beras selama tiga tahun berturut-turut.

NEWS | 15 Agustus 2022

FAO Bangga Indonesia Berhasil Capai Swasembada Beras

Kepala Perwakilan FAO Indonesia Rajendra Aryal menyampaikan selamat atas prestasi Indonesia dalam mencapai swasembada beras.

NEWS | 15 Agustus 2022

KPU Tutup Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU resmi menutup rangkaian pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 yang dimulai sejak 1Agustus 2022 lalu. Tercatat ada 40 parpol yang mendaftar. 

NEWS | 15 Agustus 2022

Daftar ke KPU, Hasnaeni Wanita Emas: Seperti Buat 1.000 Candi dalam Semalam

Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasnaeni Wanita Emas mengatakan, upaya mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU seperti membuat 1.000 candi.

NEWS | 15 Agustus 2022

Jakarnaval 2022 Sukses Digelar di Sirkuit Formula E

Jakarnaval 2022 di Sirkuit Formula E atau Sirkuit Internasional E-Prix Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022), sukses digelar.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings