Logo BeritaSatu

Kebakaran Hutan di Spanyol, 2.000 Warga Dievakuasi

Jumat, 10 Juni 2022 | 12:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Kebakaran hutan di Spanyol selatan memaksa evakuasi 2.000 orang. Seperti dilaporkan AP, Kamis (9/6/2022), cuaca terik memicu kekhawatiran dapat memicu kobaran api baru. Badan-badan darurat mengerahkan hampir 1.000 petugas pemadam kebakaran, personel militer, dan kru pendukung.

Pihak berwenang berpacu melawan waktu di daerah kering dan berbukit Andalusia ketika layanan cuaca AEMET Spanyol menyatakan negara itu bisa berada di ambang gelombang panas. Suhu diperkirakan mencapai lebih dari 30 derajat Celcius dan bahkan lebih panas selama akhir pekan.

Advertisement

Dinas Pemadam Kebakaran Hutan Andalusia, Infoca, menyatakan sejauh ini api telah menghanguskan 2.150 hektare daerah pegunungan. Pihak berwenang berharap bahwa perubahan arah angin pada Kamis (9/6) akan membantu kru memadamkan api.

Kebakaran tersebut melukai tiga petugas pemadam kebakaran setelah terjadi pada hari Rabu di tengah angin kencang; satu menderita luka bakar parah.

“Orang-orang dievakuasi sebagai tindakan pencegahan Rabu malam dari lima lokasi berbeda di seluruh provinsi Malaga, dengan sebagian besar berlindung dengan kerabat atau di hotel lokal,” kata para pejabat.

Kru berusaha mengambil keuntungan dari suhu yang lebih rendah dan kondisi yang lebih lembab semalaman sehingga api mereda, menurut Infoca dan pemerintah daerah Andalucia. Tujuh helikopter yang menjatuhkan air dan satu pesawat koordinator bersiaga.

“Unit Militer Darurat Spanyol, yang ditugaskan untuk membantu pasukan sipil dengan insiden besar, mengirim 233 personel dan lebih dari 80 kendaraan ke daerah itu,” kata pihak berwenang.

Kebakaran hutan terburuk di Spanyol tahun lalu melanda daerah terjal yang sama di pedalaman dari kota resor pantai Marbella. Hampir 10.000 hektare terbakar sebelum api akhirnya padam setelah 46 hari. Seorang petugas pemadam kebakaran tewas dalam kebakaran tersebut.

Para ilmuwan mengatakan pemanasan global membuat peristiwa seperti kebakaran hutan dan badai ekstrem lebih sering terjadi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Turun 2% karena Proyeksi Kenaikan Suku Bunga

Harga Minyak Turun 2% karena Proyeksi Kenaikan Suku Bunga

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE