Logo BeritaSatu

Taj Yasin Maimoen: Perempuan Harus Pintar Didik Anak

Minggu, 12 Juni 2022 | 19:53 WIB
Oleh : Rachman Pratama / CAR

Semarang, Beritasatu.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen menekankan perempuan harus pintar mendidik anak. Dia menyatakan perempuan pasti akan menjadi “madrasah” bagi anak-anaknya. Sebelum anak masuk di pendidikan formal, ujarnya, ibulah yang akan menjadi guru pertama dalam mendidiknya. Seorang ibu yang pintar akan berpengaruh pada kecerdasan dan karakter anak.

“Ibu itu tempat pertama 'madrasah'. Madrasah yang efektif ya di rumah, apalagi pada masa Covid-19. Sekolah diberhentikan. Lewat online. Sekolahnya dari rumah. Kalau ibunya tidak pintar, tidak bisa memberikan pendampingan. Akhirnya ya dua tahun tanpa ada pendidikan,” kata Taj Yasin Maimoen dalam rapat koordinasi wilayah dan pelantikan Forum Silaturrahmi Hafidzah Al-Qur’an (FSHQ) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jateng, di rumah dinasnya, belum lama ini.

Kewajiban seorang perempuan harus pandai, menurut Taj Yasin, sebenarnya sudah diajarkan dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW. Banyak perempuan pandai di sekeliling Rasulullah yang terekam sejarah, karena dianggap berpengaruh dan memberikan sumbangan besar bagi perkembangan Islam. Para perempuan itu antara lain, istri Nabi Muhammad, Khadijah binti Khuwailid.

Khadijah dikenal sebagai pengusaha sukses yang jujur, berpendidikan, dan selalu mendukung suami berdakwah. Kemudian, ada Fatimah yang merupakan anak perempuan Rasulullah. Fatimah yang lembut dan cerdas, mendirikan sebuah pondok sufi. Selain itu ada Aisyah yang juga istri Rasulullah. Perempuan cerdas dan berpengaruh dalam politik yang menguasai ilmu fikih, kedokteran dan syair.

“Banyak orang-orang (perempuan), istri Rasulullah yang pintar-pintar. Ini sebenarnya memberikan pembelajaran bagi kita semua, bahwa seorang perempuan itu harus belajar,” tutur Taj Yasin.

Taj Yasin Maimoen pun meminta agar FSHQ Muslimat NU Jateng agar sering mengadakan kegiatan pengajian yang di dalamnya tentu mengandung ilmu. “Jangan hanya mengutamakan kehadiran pengurus, karena yang membutuhkan ilmu bukan cuma pengurus. Harapannya, nanti jemaahnya akan semakin banyak, sehingga bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat.

“Lebih banyak jemaahnya akan lebih baik untuk pendidikan. Kalau yang mengaji hanya pengurus, kapan masyarakatnya akan mendapat pengajian?,” kata Taj Yasin Maimoen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Ini Kata Yudo Margono

Yudo Margono menegaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu penanganan kasus pemerkosaan yang dilakukan Paspampres terhadap prajurit Kostrad.

NEWS | 2 Desember 2022

Street Race di Kemayoran Akan Kembali Digelar Awal 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa street race seri kelima tersebut menurut rencana bakal digelar pada awal 2023 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Sahabat Mengiakan Ferry Mursyidan Meninggal di Dalam Mobil

Dudut Suhendra membenarkan bahwa almarhum Ferry Mursyidan ditemukan meninggal dunia di mobilnya di basement Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

NEWS | 2 Desember 2022

Teriakan Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN

DPW PAN Jawa Tengah memang merekomendasikan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden dan wakil presiden dari PAN.

NEWS | 2 Desember 2022

Polisi: Ferry Mursyidan Baldan Meninggal di Dalam Mobil

Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya di tempat parkir Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Jadi 331 Jiwa

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan bahwa korban gempa Cianjur, Jawa Barat bertambah menjadi 331 orang, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE