Logo BeritaSatu

Satu dari 6 Warga Jerman Tidak Makan Teratur demi Berhemat

Minggu, 12 Juni 2022 | 21:52 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Satu dari 6 orang Jerman tidak makan teratur untuk menghemat uang. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (11/6/2022), survei menemukan 13 persen lainnya takut harus menanggung kelaparan sesekali karena biaya makanan meningkat.

Hampir satu dari enam orang Jerman terpaksa melewatkan makan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan. Hal itu terungkap dari jajak pendapat yang dilakukan awal pekan ini oleh Institute for New Social Answers dan diterbitkan pada hari Jumat oleh surat kabar Bild. Sekitar 13 persen responden lainnya mengatakan mereka takut akan situasi seperti itu jika kenaikan harga pangan terus berlanjut.

Mungkin tidak mengejutkan, yang paling terpukul di antara responden jajak pendapat adalah rumah tangga berpenghasilan rendah – mereka yang berpenghasilan bulanan kurang dari 1.000 euro (US$1.052 atau Rp 15,2 juta) – 32 persen di antaranya secara teratur terpaksa melewatkan makan karena alasan keuangan.

Sebagian besar responden jajak pendapat (42 persen) mengatakan bahwa mereka terpaksa memasak lebih hemat karena kesulitan keuangan, baik meninggalkan bahan-bahan tertentu dari makanan atau meninggalkan makanan penutup. Hampir sebanyak (41 persen) melaporkan bergantung pada penawaran khusus dan diskon dari supermarket untuk mendapatkan nilai uang sebanyak mungkin.

Presiden Asosiasi Jerman untuk Urusan Sosial Adolf Bauer sebelumnya telah memperingatkan Berlin agar tidak bergabung dengan usulan embargo energi Uni Eropa (UE) terhadap Rusia. Kepada Bild, Bauer mengatakan bahwa dia “sangat khawatir” dengan hasil survei tersebut.

Bauer sebelumnya telah mengantisipasi bahwa upaya untuk menghukum Moskwa secara ekonomi akan menyebabkan lonjakan harga energi, makanan dan tempat tinggal dan memperkirakan bahwa upaya tersebut akan menyebabkan lebih banyak kemiskinan.

Verena Bentele, presiden dari kelompok advokasi Asosiasi Sosial Jerman yang berbasis di Berlin, mengatakan hasil jajak pendapat menggemakan keprihatinan organisasinya sendiri.

“Anggota memberi tahu kami bahwa mereka hanya mampu membeli pasta dan roti panggang,” katanya kepada outlet tersebut.

Bentele telah memohon kepada pemerintah untuk menghapuskan pajak pertambahan nilai untuk makanan segar dan memberikan lebih banyak bantuan keuangan bagi mereka yang membutuhkan.

Harga makanan dan bahan bakar di Jerman telah meroket dalam beberapa bulan terakhir karena sanksi Barat terhadap batu bara, minyak dan gas Rusia. Harga itu terjadi karena inflasi terus meningkat di tengah respons ekonomi yang menghancurkan pemerintah terhadap pandemi Covid-19.

Lebih buruk lagi, berkat sanksi Uni Eropa terhadap pupuk Rusia dan Belarusia, negara itu diperkirakan akan kehilangan sebanyak 3 juta metrik ton panen di tahun mendatang.

Seluruh Eropa menderita di bawah kondisi yang sama. Pada tahun lalu, UE memasok 4,6 juta metrik ton dari 13 juta yang digunakan tahun lalu dari dua negara yang terkena sanksi.

Satu jajak pendapat yang diterbitkan bulan lalu menemukan bahwa seperempat dari mereka di Inggris juga melewatkan makan karena memburuknya inflasi dan ancaman kelangkaan pangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan penentuan calon Kasal untuk menggantikannya merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

NEWS | 5 Desember 2022

Sidang Dilanjutkan, Nikita Mirzani Ingin Bertemu Langsung Dito Mahendra

Nikita Mirzani menyikapi dengan santai setelah keberatannya (eksepsi) ditolak hakim dalam putusan sela, dan menyatakan ingin bertemu langsung dengan Dito Mahendra.

NEWS | 5 Desember 2022

Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI, Berikut Tugasnya

Marullah Matali diangkat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Tolak Keberatan Nikita Mirzani, Sidang Bakal Dilanjutkan

Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra dengan terdakwa Nikita Mirzani bakal dilanjutkan.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Sempat Kepo Saat Brigadir J dan Putri Bertemu di Kamar

Ricky Rizal sempat membeberkan rasa ingin tahu yang dia alami saat Putri Candrawathi bertemu dengan Brigadir J di rumah Magelang.

NEWS | 5 Desember 2022

Cari Anggota Geng, El Salvador Turunkan 10.000 personel Keamanan Tutup Kota

El Salvador menurunkan 10.000 personel tentara dan polisi untuk menutup sebuah kota, untuk mencari anggota geng jalanan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Sebut Alasan Ricky Rizal Amankan Senjata Brigadir J Tak Masuk Akal

Hakim PN Jaksel menilai alasan Ricky Rizal atau Bripka RR mengamankan senjata Brigadir J merupakan alasan yang tidak masuk akal. 

NEWS | 5 Desember 2022

Copot Sekda DKI, Heru: Jangan Salah Paham

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta semua pihak tidak salah paham terkait pencopotan Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali.

NEWS | 5 Desember 2022

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE