Logo BeritaSatu

Norwegia Batalkan Kontrak Helikopter NH90 Standar NATO

Senin, 13 Juni 2022 | 09:54 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Oslo, Beritasatu.com- Norwegia memutuskan kontrak pembelian helikopter NH-90 Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Seperti dilaporkan RT, Minggu (12/6/2022), Oslo mengakhiri kesepakatan untuk NH-90 sejak 20 tahun lalu dan sekarang menuntut agar 500 juta euro (Rp 7,6 triliun) diganti.

“Norwegia, salah satu anggota pendiri NATO, sedang mengakhiri kontrak untuk helikopter militer NH-90 yang ditandatangani pada tahun 2001,” kata Menteri Pertahanan negara itu Bjorn Arild Gram saat konferensi pers pada hari Jumat.

Model, yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi persyaratan aliansi militer, telah dianggap kurang optimal oleh militer Norwegia, yang menyebutkan banyak cacat dan penundaan.

“Karena model itu tidak akan pernah berada dalam posisi untuk memenuhi persyaratan angkatan bersenjata Norwegia, Oslo sekarang menuntut agar hampir 500 juta euro yang telah dibayarkan sejauh ini diganti,” kata Gram.

Pengoperasian helikopter, yang telah dikirim ke Norwegia, dihentikan dengan segera pada hari Jumat. Mesin tersebut akan dikembalikan ke pabrikan, perusahaan multinasional NHIndustries yang berbasis di Prancis.

Sementara itu, Oslo dilaporkan sedang mencari pengganti, yang bisa datang dari AS, outlet Die Welt Jerman mengindikasikan.

Laporan tersebut menggambarkan putusan akhir militer Norwegia pada NH-90 sebagai "menghukum" baik untuk model itu sendiri dan perusahaan yang memproduksinya. Oslo menjelaskan, seperti yang dicatat dalam artikel itu, bahwa tidak ada perbaikan, suku cadang, atau investasi tambahan yang mungkin membuat helikopter itu berharga.

Namun, NHIndustries tampaknya tidak akan menerima pembatalan kontrak secara tiba-tiba dan dilaporkan bahkan dapat membawa Norwegia ke pengadilan atas keputusannya, yang digambarkan perusahaan sebagai "tidak berdasar secara hukum."

Dalam pernyataan, perusahaan multinasional NHIndustries menyatakan, antara lain, bahwa mereka “menolak tuduhan terhadap NH90 dan perusahaan,” menambahkan bahwa Oslo tidak memberi NHIndustries kesempatan untuk mengatasi “persyaratan khusus Norwegia.”

Pabrikan melanjutkan dengan bersikeras bahwa 13 dari 14 helikopter yang dipesan oleh Norwegia telah dikirim, dengan satu lagi siap untuk diambil. Namun, menurut militer Norwegia, hanya delapan mesin yang beroperasi penuh.

Untuk NHIndustries, tempat Airbus memegang kendali, keputusan Norwegia merupakan pukulan baru, setelah Australia, pembeli lain NH-90, mengumumkan pada Desember 2021 bahwa mereka berencana untuk beralih ke Black Hawk buatan AS. Canberra menjelaskan pada saat itu bahwa kinerja helikopter Eropa adalah "masalah terus-menerus," dan menambahkan bahwa biaya operasi juga terlalu tinggi.

Die Welt mengklaim bahwa Belgia juga sedang mempertimbangkan untuk mengganti NH-90-nya.

Outlet Jerman mencatat bahwa pengguna lain juga telah melaporkan berbagai masalah dengan NH-90. Misalnya, Belanda diduga mengeluhkan masalah korosi yang terkait dengan model tersebut.

Menurut sebuah laporan yang ditulis oleh militer Jerman dan dikutip oleh Die Welt, pada akhir tahun 2021, hanya 19% dari NH-90 yang beroperasi dengan angkatan bersenjata Jerman yang beroperasi.

Outlet tersebut mengklaim, mengutip blog industri militer Jerman, bahwa Angkatan Laut negara itu baru-baru ini menolak untuk menerima satu helikopter seperti itu karena kesalahan radar dan bau bahan bakar yang terus-menerus di kokpit.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 40 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE