Logo BeritaSatu

Koalisi Semut Merah Buka Peluang Duetkan Cak Imin-Anies

Senin, 13 Juni 2022 | 19:16 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKoalisi Semut Merah membuka peluang menduetkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau biasa disapa Gus Jazil.

Menurutnya, duet Cak Imin-Anies ini berdasarkan usulan dari para kiai. “Kemarin, saya mendapatkan pesan dari seorang kiai agar berpasangan Gus Muhaimin dengan Anies. Insyaallah menang,” ujar Gus Jazil kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Advertisement

Guz Jazil mengatakan peluang duet Cak Imin-Anies merupakan salah bentuk motivasi bagi koalisi yang dibentuk PKB dan PKS tersebut. Pasalnya, secara faktual, Koalisi Semut Merah masih belum memenuhi syarat presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden.

“Itu motivasi ya. Karena kan fakta politiknya kita masih kurang. Kecuali pak Anies membawa partai 10 persen misalkan. Nah, itu bisa langsung,” tuturnya.

Total kursi Koalisi Semut Merah saat ini sebanyak 108 kursi dengan perincian 58 kursi PKB dan 50 kursi PKS. Koalisi ini masih kurang 7 kursi untuk memenuhi persyaratan mengusung capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Sementara syarat bagi parpol atau koalisi parpol untuk bisa mengusung capres dan cawapres atau memenuhi persyaratan presidential threshold sebesar 20 persen atau 115 kursi parlemen.

Sebelumnya, nama Anies Baswedan sempat disinggung oleh Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi. Dia menyatakan partainya mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Pasalnya, Anies merupakan kandidat capres yang dekat dan cocok dengan pemilih PKS.

“Masyarakat PKS dekat dengan Anies, ya iya lah. Emang cocok kok Anies untuk calon,” katanya.

Meskipun demikian, Aboe menegaskan PKS hingga saat ini belum memutuskan secara resmi untuk mendukung salah satu kandidat capres.

Keputusan resmi PKS soal Pilpres 2024 akan ditentukan oleh Majelis Syura PKS. Dia menegaskan segala kemungkinan masih bisa terjadi dengan mencermati dinamika politik ke depannya dan hasil keputusan Majelis Syura PKS.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

Sistem Penempatan Satu Kanal atau One Channel System (OCS) untuk PMI sektor domestik di Malaysia akan terintegrasi pada 18 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie berada dalam kondisi serius dan terancam kehilangan sebelah matanya, setelah ditikam di sebuah acara sastra di negara bagian New York.

NEWS | 13 Agustus 2022

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings