Logo BeritaSatu

Umbas: Pak Jokowi Ingin Relawan Jangan Bergerak Sendiri

Selasa, 14 Juni 2022 | 17:48 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar relawan tidak bergerak sendiri. Hal ini terkait dukungan dari relawan terhadap tokoh tertentu pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024. Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas kepada Beritasatu.com, Selasa (14/6/2022).

“Pak Jokowi sedang konsolidasikan semua kekuatan relawan dan menganggap peran relawan akan menentukan. Untuk proses menuju ke situ, maka ada baiknya semua relawan jangan bergerak sendiri-sendiri,” kata Umbas.

Umbas menanggapi pernyataan Jokowi mengenai ojo kesusu atau jangan terburu-buru dan ojo dumeh atau jangan mentang-mentang. Menurut Umbas, pesan itu tentu ditujukan kepada para relawan.

Umbas mengatakan relawan terbentuk sejak 2014, dalam rangka mendukung Jokowi. Menuju 2024, kata Umbas, para relawan perlu mendengar arahan dan menjalankan strategi Jokowi.

“Orkestrasi untuk 2024, biar pak Jokowi yang tentukan. Ojo kesusu itu, maksudnya masih banyak waktu. Relawan harus satu frame dengan pak Jokowi. Sebelum pak Jokowi bilang A, ya jangan dulu (relawan bersikap),” kata Umbas.

“Iring-iringan kapal besar, akan jadi gerbong kuat. Harapan pak Jokowi, para relawan ikut dalam kapal besar itu. Kami, relawan Arus Bawah Jokowi, pasti ikut arahan beliau. Relawan ini terkonsolidasi, karena pak Jokowi. Kita akan bertransformasi kepada calon yang sesuai pilihan pak Jokowi,” imbuh Umbas.

Hal terpenting saat ini dan ke depan, menurut Umbas, kebijakan pemerintahan Jokowi pada periode pertama dan kedua harus berkelanjutan. “Kita bicara kelanjutan pemerintahan dan capaian-capaian pak Jokowi selama dua periode ini,” demikian Umbas.
Secara terpisah, pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan relawan Jokowi perlu untuk memahami pernyataan ojo kesusu dan ojo dumeh. Dua pesan yang disampaikan Jokowi itu dinilai tidak terpisahkan dan saling berkaitan.

Ojo kesusu dan ojo dumeh itu maknanyaenggak terpisahkan. Ini yang harus dipahami relawan. Statement pak Jokowi soal itu sangat tepat,” kata Karyono.

Diketahui, Jokowi memang meminta agar relawannya supaya ojo kesusu. Hal ini disampaikan Jokowi dalam rakernas relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah, 21 Mei 2022. Jokowi kembali menyampaikan pesan ojo dumeh dalam acara Relawan Tim 7 di Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Ojo kesusu itu kan maksudnya jangan grasah-grusuh, sedangkan ojo dumeh itu jangan mentang-mentang, sombong, kuat, termasuk hebat. Relawan harus paham dan menangkap sinyal pak Jokowi,” kata Karyono.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Ini Kata Yudo Margono

Yudo Margono menegaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu penanganan kasus pemerkosaan yang dilakukan Paspampres terhadap prajurit Kostrad.

NEWS | 2 Desember 2022

Street Race di Kemayoran Akan Kembali Digelar Awal 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa street race seri kelima tersebut menurut rencana bakal digelar pada awal 2023 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Sahabat Mengiakan Ferry Mursyidan Meninggal di Dalam Mobil

Dudut Suhendra membenarkan bahwa almarhum Ferry Mursyidan ditemukan meninggal dunia di mobilnya di basement Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

NEWS | 2 Desember 2022

Teriakan Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN

DPW PAN Jawa Tengah memang merekomendasikan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden dan wakil presiden dari PAN.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE